Meski sudah cukup lama tergabung dalam program BPJS Ketenagakerjaan, faktanya masih banyak orang yang tidak tahu cara mengecek saldo terakhir yang ada dalam akunnya. Ada banyak alasan terkait hal ini, salah satunya karena memang mereka tidak terlalu memperhitungkan hal ini.

Cukup wajar memang, mengingat kebanyakan tenaga kerja akan menerima gaji dalam bentuk ‘bersih’. Artinya, semua kewajiban yang harus mereka bayarkan sudah dipotong secara otomatis dan dibayarkan oleh perusahaan, sehingga mereka tidak memprioritaskan hal ini.

Namun sekarang, kamu jangan abai lagi. Pasalnya, baru-baru ini pemerintah memutuskan untuk memberikan bantuan keuangan sebesar 600 ribu kepada pekerja swasta dengan gaji di bawah 5 juta, sebagai bagian dari program bantuan ekonomi selama pandemi Covid-19.

Selain itu, kamu yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan pun berhak mendapat fasilitas ‘uang pensiun’ lewat Program Jaminan Hari Tua (JHT). Jadi sangat penting untuk selalu mengecek saldo keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan kamu.

Bagaimana Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan?

Sebenarnya sangat mudah. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek saldo terakhir yang terdapat dalam akun BPJS Ketenagakerjaan kamu, mulai dari SMS, lewat aplikasi BPJSTKU Mobile, hingga lewat website.

Berikut merupakan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan kamu.

Via SMS

Untuk mengecek saldo saldo terakhir di akun BPJS Ketenagakerjaan via SMS, kamu bisa mengirimkan pesan dengan format Daftar(spasi) SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR (DD-MM-YYYY) #NO_PESERTA #EMAIL(bila ada). Setelah itu kirim ke nomor 2757.

Tunggu beberapa saat hingga mendapatkan notifikasi yang menyatakan jika nomor kamu sudah berhasil terdaftar. Setelah itu, kamu bisa mengirim pesan dengan format SALDO (spasi) no peserta, kemudian kirim ke nomor 2757, atau bisa juga dengan membalas pesan tersebut.

Via aplikasi BPJSTKU Mobile

Selain via SMS, kamu pun bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi BPJSTKU Mobile. Aplikasi tersebut kini sudah bisa kamu unduh di Google PlayStore untuk ponsel Android, atau di AppStore untuk perangkat iOS.

Setelah aplikasi diunduh, instal seperti biasa dan lakukan registrasi dengan mengisi data diri untuk mendapatkan PIN. Prosesnya sendiri cukup mudah, kamu hanya perlu memasukan Nama, Tanggal lahir, NIK dan Nomor KPJ yang terdapat dalam kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Setelah proses pendaftaran selesai dan kamu mendapatkan nomor PIN-nya, langsung login dan temukan menu “Lihat Saldo”. Mudah bukan?

Via website

Untuk mengecek saldo lewat lewat website, kamu memang harus melakukan beberapa tahapan dulu. Sebenarnya tidak begitu sulit, cukup kunjungi laman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/, kemudian lakukan registrasi dengan cara mengisi formulir sesuai dengan data diri kamu.

Jika sudah punya teregistrasi, kamu bisa langsung login dengan memasukkan alamat email di kolom user, kemudian masukkan kata sandi. Setelah itu, cari menu layanan, dan pilih menu cek saldo JHT. Selanjutnya tinggal masukkan PIN yang dikirim via email dan SMS.

Setelah semua proses diikuti dengan benar, saldo BPJS Ketenagakerjaan kamu pun akan ditampilkan di layar. Cara ini bisa dilakukan lewat smartphone, maupun PC. Bagaimana, mudah bukan?