Setiap orang yang mulai menjalankan bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki tujuan yang sama, yaitu mendapatkan penghasilan untuk keperluan hidup.

Selain itu, banyak orang yang mulai bisnis UMKM karena ingin menurunkan angka pengangguran terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini dimana banyak orang yang di PHK.

Karena itulah tidak ada salahnya Kamu juga mulai membuka bisnis UMKM di rumah. Namun tentu, dalam membangun bisnis UMKM ini juga tidak boleh asal-asalan.

Tips Memulai Bisnis UMKM

Nah berikut ini adalah beberapa tips untuk memulai bisnis UMKM yang bisa Kamu coba. Apa saja itu? Cek penjelasan berikut ini.

1. Siapkan Mental

Yang pertama adalah siapkan mental, dalam menjalankan bisnis UMKM Kamu harus siap dengan apapun yang terjadi kedepannya. Karena dalam bisnis UMKM ini persaingan sangat ketat.

Untuk menghadapi persaingan yang ketat di dunia bisnis, Kamu harus mempersiapkan mental. Jangan sampai stres dengan permasalahan yang muncul, karena bisa mempengaruhi kinerja Kamu.

Selain itu, Kamu harus percaya bahwa suatu saat usaha yang Kamu lakukan ini bisa membuahkan hasil dan menjadi bisnis yang sukses di masa mendatang. Kamu harus berpikir bahwa usaha yang Kamu lakukan ini merupakan sebuah investasi jangka panjang yang mana hasilnya akan Kamu dapatkan beberapa tahun di masa mendatang.

2. Memilih Bidang Usaha

Selanjutnya Kamu harus menentukan bidang usaha yang ingin Kamu tekuni. Menentukan bidang usaha sangatlah penting untuk membangun bisnis UMKM. Kamu harus memastikan bahwa bidang usaha yang Kamu pilih sesuai dengan kompetensi dan keahlian Kamu. Akan lebih baik lagi jika bidang tersebut merupakan hobi atau kesukaan Kamu.

Karena menjalankan bisnis berdasarkan hobi bisa mengurangi beban Kamu sehingga tidak mudah stress. Meskipun ada masalah Kamu masih bisa menikmatinya karena itu adalah hobi Kamu sendiri.

Selain itu, pastikan bidang yang Kamu pilih itu menghasilkan produk yang memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan produk sejenis, sehingga orang-orang jadi tertarik.

3. Modal Usaha

Tips memulai bisnis UMKM selanjutnya adalah modal, untuk membangun sebuah bisnis Kamu memerlukan modal. Modal ini bisa dibedakan jadi dua jenis, yaitu materiil dan nonmaterial.

Kedua modal ini sangatlah penting, terutama modal materiil. Kamu harus pastikan bahwa Kamu sudah memiliki kedua modal ini.

Modal bisa Kamu dapatkan dari uang sendiri yang sudah Kamu kumpulkan atau bisa juga dengan meminjam. Namun sebaiknya menggunakan modal uang sendiri supaya lebih aman.

Selain itu, modal juga harus disesuaikan dengan jenis bisnis UMKM yang Kamu pilih. Karena itulah jangan asal memilih bisnis UMKM yang akan Kamu kembangkan.

4. Fokus Pada Satu Bisnis

Sebagai seorang pebisnis baru, sebaiknya Kamu fokus dengan bisnis yang sedang Kamu kembangkan sampai dengan bisnis tersebut benar-benar berhasil dan menghasilkan keuntungan yang stabil.

Jangan terburu-buru membuat bisnis baru jika bisnis yang sebelumnya belum stabil, jangan tergoda dengan bisnis lain yang sedang berkembang dengan sangat pesat.

Kamu harus fokus dengan satu bisnis yang sedang Kamu kembangkan tersebut, Kamu juga harus konsisten dalam mengembangkan bisnis tersebut.

Jangan sampai di tengah jalan Kamu tergiur dengan bisnis lain karena melihat perkembangannya yang sangat bagus. Hal ini hanya akan membuat bisnis Kamu hancur dan Kamu akan rugi.

Intinya jangan mudah tergiur atau membuka bisnis lain jika bisnis Kamu yang pertama itu belum stabil. Hal ini bisa memecah konsentrasi Kamu karena ada bisnis lain yang Kamu jalankan.

5. Lokasi Usaha

Setiap bisnis tentu perlu yang namanya lokasi, memang benar kalau lokasi tidak selalu berdampak dengan kesuksesan dalam sebuah usaha, terlebih lagi sekarang sudah banyak yang bersifat online. Namun tidak ada salahnya menyiapkan lokasi usaha yang strategis dan banyak orang yang melewatinya.

Terutama jika bisnis yang Kamu tekuni itu adalah bisnis kuliner atau jasa. Kamu harus pastikan lokasi bisnis Kamu berada di tempat yang banyak orang melaluinya sehingga banyak yang tahu.

Jadi pada dasarnya pemilihan lokasi usaha ini dipengaruhi jenis usaha UMKM yang Kamu pilih. Jika jenis usaha yang Kamu pilih itu bersifat harus dikunjungi pembeli.

Maka sebaiknya pilih lokasi yang bisa ditemukan oleh orang-orang dengan mudah. Selain itu pastikan jalan ke tempat usaha Kamu itu mudah dilalui oleh motor maupun mobil.

Yuk Mulai Bisnis UMKM

Di masa pandemi seperti sekarang ini lapangan pekerjaan berbanding terbalik dengan masyarakat yang membutuhkan pekerjaan. Hal ini membuat banyak orang yang menganggur.

Oleh karena itulah Kamu bisa membuka bisnis UMKM sendiri di rumah, selain untuk menambah penghasilan, Kamu juga bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang-orang di sekitar Kamu. Jadi bisnis tersebut bisa bermanfaat untuk Kamu sendiri dan untuk orang lain di sekitar Kamu. Dalam membangun bisnis UMKM Kamu bisa menerapkan beberapa tips di atas yang sudah kami berikan.