Bisa dikatakan jika saat ini pemilik UMKM di Indonesia bertambah dengan cukup signifikan. Pertambahan pemilik UMKM ini memang menunjukkan iklim ekonomi yang menggeliat. Hanya saja, di sisi lain adanya pertumbuhan UMKM yang begitu besar, maka akan tercipta persaingan antar UMKM yang tentu juga bertambah ketat dan sengit.

Oleh karenanya, demi mempertahankan eksistensi bisnis serta mendapatkan keuntungan sebagaimana yang diinginkan, pemilik UMKM harus berusaha menemukan strategi pemasaran efektif untuk bisnis yang mereka jalankan. Hanya dengan strategi pemasaran yang efektif bisnis UMKM mereka bisa berjalan dengan lancar dan tidak goyah menatap persaingan yang terjadi.

Ragam Strategi Pemasaran yang Efektif Bagi UMKM

Jika Kamu termasuk salah satu pemilik UMKM, maka Kamu harus menyadari bahwa ke depan, persaingan bisnis akan semakin sengit. Hanya mereka yang mampu mengatur strategi pemasaran yang tepat yang nantinya akan bisa bertahan dan tidak mengalami masalah.

Nah, berbincang tentang strategi yang efektif untuk menunjang pemasaran, ada beberapa ide strategi yang mungkin bisa Kamu jadikan inspirasi. Beberapa strategi yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menciptakan Produk yang Unik

Ketika persaingan produk mulai sengit, terutama banyak produk yang ternyata mirip dan sejenis, maka keunikan menjadi elemen yang penting pada saat membuat produk. Perlu diketahui bahwa penggemar cenderung mencari produk yang berbeda dari yang lain –meskipun sebenarnya isinya adalah sama.

Lantas, keunikan apa yang dimaksud dalam sebuah produk?

Misalnya, jika UMKM yang Kamu jalankan bergerak di bidang makanan, maka pastikan jika produk makanan yang dihasilkan adalah produk yang unik. Keunikan produk bisa dihasilkan dari nama produk yang tidak biasa, kemasan produk yang berbeda, rasa yang unik, dan lainnya.

Semakin unik produk yang dihasilkan, bisa jadi produk tersebut akan memiliki daya tarik yang lebih kuat. Hanya saja, Kamu tidak boleh bergantung pada keunikan saja. keunikan dari produk tentu harus dibarengi dengan kualitas produk yang baik.

2. Membuat Tujuan Iklan yang Lebih Jelas dan Spesifik

Salah satu kesalahan yang umumnya dilakukan oleh pemilik UMKM adalah mereka tidak mendesain iklan mereka dengan lebih bersungguh-sungguh. Padahal, untuk memasarkan produk secara lebih efektif, iklan yang tepat adalah strategi yang penting.

Nah, jika produk yang unik sudah didapatkan, maka langkah strategi pemasaran efektif selanjutnya adalah membuat tujuan iklan yang jelas. Tujuan iklan yang jelas ini nantinya akan berpengaruh pada langkah membuat iklan yang diambil serta memudahkan Kamu untuk mencapai maksud dari iklan yang diinginkan.

Sebagai contoh, ketika Kamu memiliki UMKM di bidang kuliner dengan produk aneka minuman yang unik, maka menentukan tujuan iklan adalah hal yang perlu. Misalnya, Kamu ingin memperkenalkan berbagai varian rasa yang baru dari produk minuman. Dengan demikian, dalam iklan yang Kamu buat, maka varian rasa minuman tersebut menjadi fokus yang harus ditonjolkan.

3. Memaksimalkan Pemasaran Online

Salah satu konsep yang harus dijalankan agar UMKM bisa terus berdaya saing adalah dengan memperkenalkan UMKM ke khalayak yang lebih luas. Semakin banyak orang yang mengetahui UMKM tersebut, maka peluang untuk mendapatkan lebih banyak konsumen tentu saja akan tercapai.

Untuk memperkenalkan UMKM secara luas, maka pemasaran online bisa dipilih menjadi salah satu strategi yang tepat. Sebagaimana diketahui, saat ini pasar online menjadi jantung dari roda perekonomian. Dalam transaksi berbagai barang, maka banyak konsumen yang beralih dari pasar offline ke arah pasar online.

Nah, kondisi ini tentu harus menjadi perhatian bahwa geliat pasar mengarah ke hal-hal yang cenderung lebih modern. Oleh karenanya, cobalah untuk memaksimalkan online marketing, terutama dengan memanfaatkan berbagai platform yang saat ini sudah ada.

4. Membuat Promo yang Menarik

Membuat promo adalah salah satu strategi yang bisa dijalankan untuk memasarkan produk UMKM yang Kamu kelola, terutama untuk produk yang baru. Secara psikologis, ada daya tarik dari calon konsumen yang cenderung lebih tinggi ketika membaca dan mendengar kata promo. Bahkan, banyak diantara mereka yang menjadi pencari promo.

Sebagai salah satu strategi pemasaran yang efektif, cobalah untuk membuat promo demi peningkatan volume penjualan. Terkait ide promo, ada beberapa ide yang bisa dijadikan daya tarik, seperti promo potongan harga, promo cashback, promo kupon hadiah, promo gratis pembelian, dan lainnya.

Hanya saja, tentu Kamu harus melakukan perhitungan yang tepat sebelum melakukan promo. Jangan sampai promo yang dijadikan strategi pemasaran justru akan membuat usaha yang dijalankan menjadi rugi karena modal yang tak kembali.

Nah, beberapa poin di atas bisa dijadikan pilihan untuk strategi pemasaran efektif demi kelancaran UMKM yang Kamu kelola. Tentu saja, sebagaimana kesuksesan yang memerlukan proses, ada proses pula yang harus Kamu hadapi dalam mengatur strategi pemasaran hingga berhasil membentuk pasar yang baru. Semoga bermanfaat.