Zaman terus berkembang dan prospek bisnis pun terus berubah. Dengan dukungan teknologi Internet, di masa depan bisnis berbasis teknologi diperkirakan akan lebih superior ketimbang tipe bisnis yang dijalankan dengan cara-cara tradisional.

Buat kamu yang sedang mencari inspirasi bisnis, berikut merupakan jenis-jenis bisnis dengan prospek cerah yang diperkirakan akan meraih posisi teratas di masa depan.

  1. Virtual Reality

Industri virtual-reality alias VR belakangan ini mulai mendapat perhatian lebih di pasar. Sejak tahun 2016, banyak orang yang mulai mengenal VR, meski belakangan ini fungsinya masih hanya sebatas untuk industri hiburan, seperti pengembangan game dan lainnya.

Namun seiring berjalannya waktu, VR akan terus berkembang. Bahkan dalam waktu dekat ini, VR diperkirakan akan mulai menyasar ke Industri medis, perbankan, industri manufaktur dan lainnya.

VR dipercaya dapat membawa dimensi baru dari interaksi antara perangkat digital dan dunia nyata. Menurut penelitian terbaru, industri VR akan menghasilkan pendapatan sebesar USD 4,6 miliar di tahun depan, dan akan terus meningkat seiring penggunaan VR yang lebih luas.

  1. Terjemahan dan Interpretasi

Saat ini setidaknya ada lebih dari 100 perusahaan asing berada di Indonesia, dan mereka membutuhkan tenaga profesional di berbagai bidang. Namun sayang, salah satu kendala terbesar tenaga kerja di Indonesia adalah bahasa. Bahkan untuk bahasa Inggris pun masih banyak yang belum menguasainya.

Melihat hal ini, bisnis di bidang terjemah dan interpretasi bisa jadi ide yang baik untuk diterapkan di Indonesia. Kamu bisa mulai mengembangkan bisnis ini dengan cara membuka les bahasa asing, atau membuka jasa penerjemah, tour guide dan lainnya.

Menurut survei terbaru, pekerjaan di bidang bahasa ini diproyeksikan akan meningkat hingga 30 persen di tahun 2024, dan akan terus meningkat seiring dengan perkembangan ekonomi global.

  1. Teknologi Drone

Drone terus berkembang dengan kemampuan yang makin disempurnakan. Tidak hanya di industri militer, drone kini mulai menjamah industri manufaktur, hiburan, fotografi dan lainnya. Bahkan kini fungsi kameramen untuk kru televisi sudah mulai digantikan oleh drone.

Industri lainnya yang kini terancam disebut drone adalah jasa ekspedisi, terlebih di masa pandemi ketika orang-orang mulai melakukan pembatasan interaksi dengan manusia. Jauh sebelum pandemi Covid-19, Alibaba sudah menggunakan drone untuk mengirimkan barang pesanannya.

Industri ini diperkirakan akan terus berkembang dengan menyasar berbagai sektor usaha di dunia nya, dengan prospek bisnis bernilai hingga USD 127 Miliar dalam beberapa tahun ke depan.

  1. Segala Sesuatu yang Organik

Kampanye Go Green yang terus disuarakan oleh banyak aktivis lingkungan hidup sepertinya mulai menunjukkan hasil positif. Banyak orang yang kini mulai sadar dengan pentingnya kelestarian lingkungan, sehingga produk-produk yang bersifat organik pun mulai banyak diminati.

Nggak percaya? Cobalah main ke situs e-commerce seperti Amazon, dan lihatlah harga barang-barang organik. Semua produk tersebut dijual dengan harga mahal, terutama untuk produk-produk handmade.

Jika kamu sedang mencari prospek bisnis yang menggiurkan, cobalah untuk memanfaatkan potensi produk-produk organik. Bonusnya, kamu akan mendapat promosi gratis dari para pecinta lingkungan, bahkan bukan tidak mungkin produk tersebut akan jadi ikon bagi mereka.

  1. Industri Game

Dulu, orang-orang menganggap bermain game hanya sebatas cara untuk bersenang-senang. Sekarang, industri game terus berkembang, bahkan jadi prospek yang menjanjikan bagi pelakunya, mulai dari pemain, pengembang, dan orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Terlebih saat ini game tidak hanya dimainkan lewat konsol, namun sudah bisa dinikmati dalam berbagai perangkat, mulai dari smartphone, PC hingga VR. Ada banyak lahan yang bisa kamu sentuh sebagai prospek bisnis di masa depan. 

Nah itu dia beberapa jenis bisnis yang diprediksi akan berkembang dan membawa keuntungan di masa depan. Sekarang, sudahkah kamu mulai membidik jenis bisnis yang akan digeluti?