Siapa yang tak ingin menjadi seorang PNS? hampir setiap orang memimpikannya. Oleh karena itu, setiap diadakannya seleksi CPNS maka meningkatkan semangat banyak orang. Apakah hal tersebut juga Kamu rasakan? ketahui tips cara mendaftar CPNS agar peluang diterima tinggi.

Seperti yang kita ketahui, bahwa  menjadi ASN di beberapa daerah sebagai pekerjaan yang menjanjikan di masa depan. Dilihat dari status gajinya yang tetap cenderung meningkat, ASN juga mendapat jaminan hidup di masa tua. Hal tersebut membuat banyak orang ingin  berkesempatan menjadi seorang  ASN.

Tak semua orang dapat beruntung berkarir menjadi seorang ASN karena ada beberapa kriteria dan tes yang menentukan kapabilitas seseorang agar terpenuhi syaratnya sehingga berhasil dan diterima menjadi ASN.

Tips Cara Mendaftar CPNS Agar Peluang Diterima Tinggi

Siapa sih yang tak ingin tau caranya mengalahkan ribuan orang dalam tes CPNS, ketahui trik jitu mendaftar formasi CPNS agar memudahkan langkahmu dalam uraian list di bawah ini.

  1. Cara Tahu Formasi

Ketika formasi CPNS sudah dibuka, terdapat formasi dari berbagai lembaga dinas yang buka lowongan. Nah, tentu saja profesi yang disediakan juga beragam mulai dari tenaga pendidik sampai tenaga analis dengan jenjang pendidikan khusus.

Memberikan saran kepada para pendaftar untuk mencari tahu informasi sebanyak mungkin terkait instansi sehingga disarankan jangan terpaku pada satu formasi saja, tetapi sebaiknya cek juga formasi di daerah lain maupun d daerah pusat.

Jadi, cari taulah informasi sebanyak mungkin dengan sesuai instansi yang ingin Kamu ketahui, kumpulkan semua informasi yang diperoleh untuk bahan pertimbangan nantinya.

  1. Tes Kemampuan

Sebelum melakukan tes maka disarankan untuk tes kemampuan sebelum seleksi berlangsung. Jadi, uji kemampuan diri sendiri berpedoman pada kriteria tes CPNS yang berlangsung.

Atau Kamu juga bisa belajar melalui buku CPNS yang banyak dijual di berbagai tempat. Mengukur kemampuan diri sendiri ini bisa menjadi salah satu langkah untuk memperoleh nilai yang tinggi saat tes sehingga peluang diterima juga tinggi.

  1. Memilih Formasi CPNS

Setelah Kamu mencari tahu formais apa saja yang tersedia maka bisa melihat peluang yang tepat dengan kemampuan diri sendiri. Tentukan di mana Kamu berkompeten masuk ke formasi yang tersedia, baik di instansi daerah maupun pemerintah.

Nah, jangan khawatir kini sudah banyak soal-soal tes CPNS yang dijual dalam buku-buku di pasaran.

  1. Mencocokkan Skor dengan Peluang Instansi

Sebaiknya Kamu juga mencocokan skor yang sekiranya bisa Kamu dapatkan sesuai kemampuan dengan peluang instansi yang memiliki formasi kosong. Nah, setiap instansi punya ambang batas nilai yang berbeda setiap tahunnya. Kamu harus perhatikan skor tersebut, jadi Kamu harus tahu sebelum benar-benar mendaftar.

Hal tersebut bertujuan agar Kamu mempunyai  gambaran yang lebih jelas, gunakan skor dari tes mandiri di rumah sebagai pedoman. 

  1. Pilih Formasi dengan Peluang Besar

Selanjutnya, pilihlah formasi dengan peluang besar biasanya yang masih jarang dipilih oleh banyak orang atau sepi peminatnya. Nah, pada umumnya formasi di daerah yang terpencil memilih jumlah pendaftar yang masih minim, sehingga meminimalkan jumlah pesaing.

Tidak ada salahnya Kamu mencoba untuk memilih formasi yang berlokasi di daerah terpencil karena pendaftarnya masih sedikit.

  1. Latar Belakang Pendidikan Khusus

Tips berikutnya yaitu saat mendaftar CPNS maka lihatlah latar belakang pendidikan yang Kamumiliki. Sebaiknya, Kamu memilih formasi yang memang spesifikasinya linier dengan pendidikanterakhirmu. 

Hal tersebut juga menjadi salah satu peluang Kamu diterima menjadi PNS di instansi yang Kamuinginkan.

  1. Pastikan Sudah Mendaftar dengan Benar

Saat mendaftar CPNS maka jangan buru-buru, pastikan Kamu sudah mengakhiri pendaftaran dengan tepat. Ketahuilah bahwa strategi tersebut akan membantumu untuk mengetahui jumlah pesaing dengan formasi yang sama.

Ikuti langkah pendaftaran dengan tepat, salah satunya untuk mengunggah dokumen yang diminta kemudian klik tombol submit. 

Kamu juga bisa memantau secara real time melalui situs sscn.bkn.go.id. Jika Kamu mendaftar di  akhir waktu maka harus mempertimbangkan permasalahan lainnya, seperti koneksi internet serta waktu mengunggah dokumen. Jadi, tetap pastikan seluruh dokumen sudah terunggah sebelumnya.

  1. Sesuaikan dengan Bakat dan Minat

Jika masih saja merasa bingung memilih formasi yang sesuai dengan bakat dan minat. Sebagian besar mengaku terpaksa mengikuti tes CPNS karena diminta oleh orangtua untuk mengikuti tes seleksi tersebut. 

Tak heran jika pilihan instansinya pun terkesan asal-asalan tanpa perhitungan jelas. Nah, sebaiknya memilih instansi yang memang sesuai bakat dan minat. 

Janganlah Kamu merasa terpaksa bergabung dengan instansi tersebut, jadi pertimbangkan faktor kenyamanan dan performa bekerja selama bertahun-tahun di instansi yang akan Kamu pilih.

Seperti yang kita tahu, mendaftar menjadi seorang ASN memang tidaklah mudah maka kita harus tahu tips cara mendaftar CPNS agar peluang diterima tinggi.