Banyak orang yang ingin punya usaha atau bisnis sendiri, namun tidak mampu melakukannya karena terkendala modal. Namun faktanya, ternyata kalau kamu jeli ternyata banyak lho bisnis atau usaha yang bisa dijalankan tanpa mengeluarkan modal, atau hanya dengan modal yang sangat minim.

Nggak percaya? Berikut merupakan jenis usaha atau bisnis tanpa modal yang bisa kamu jalankan. Untungnya lumayan lho!

  1. Bisnis Online Shop

Dulu orang-orang harus mengeluarkan modal besar untuk membuka sebuah toko. Selain menyediakan produk atau barang untuk dijual, mereka pun harus menyediakan toko untuk menjual produknya. Itu pun tidak bisa dilakukan dengan cepat, mengingat mereka harus memikirkan tempat yang strategis.

Nah di zaman sekarang hambatan tersebut telah runtuh. Kamu hanya perlu menyediakan produk untuk dijual, sementara ‘lapak jualannya’ bisa menggunakan platform e-commerce, atau menggunakan sosial media. Jika tidak punya produk yang bisa dijual, kamu bisa menjalankan bisnis sebagai dropshipper.  

  1. Dropshipper

Seperti disebutkan diatas, kamu sudah bergabung dengan situs e-commerce, dan akun sosial media sudah sangat layak dijadikan sebagai ‘lapak jualan’ karena punya follower dan pertemanan yang cukup banyak. Namun masalahnya, saat ini kamu tidak punya produk yang bisa dijual.

Solusinya adalah menjadi dropshipper. Bisnis tanpa modal ini dilakukan dengan cara menjual produk milik orang lain, dan kamu akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga atau poin penjualan yang diberikan pihak supplier atau pemilik barang. Percaya atau tidak, keuntungannya besar lho!

  1. Bisnis Bimbingan Belajar

Ada banyak orangtua yang ingin anaknya berprestasi sehingga mereka pun membiarkan anaknya mengambil les tambahan di luar jam sekolah. Tapi kendalanya, biaya les atau bimbingan belajar cukup mahal sehingga tidak bisa dijangkau oleh semua orang.

Nah kondisi ini bisa kamu manfaatkan dengan menawarkan bimbingan belajar. Untuk tahap awal, cukup lakukan penawaran kepada tetangga atau orang terdekat. Agar lebih menarik, kamu bisa menawarkan jasa bimbingan belajar dengan harga yang terjangkau, dan fasilitas datang ke rumah.

  1. Bisnis Jasa Penerjemahan

Saat ini banyak orang yang butuh jasa penerjemah dokumen berbahasa asing, terutama bahasa Inggris, bahasa Jerman, Mandarin, Arab dan lainnya. Jika kamu punya keahlian di bidang bahasa, manfaatkan ini sebagai sumber pemasukan. Kamu bisa membuka jasa penerjemah bahasa asing secara online.

Alternatif lainnya, kamu bisa memanfaatkan kemampuan bahasamu dengan menjadi tour guide bagi wisatawan asing, membuka les belajar bahasa asing, dan lainnya. Atau jika masih punya banyak waktu, kamu bisa memadukan semua bisnis tanpa modal ini dalam satu brand jasa.

  1. Bisnis Jasa Desain Grafis

Punya kemampuan desain? Manfaatkan ini dengan membuka jasa desain grafis. Dengan beralihnya fokus promosi menuju dunia digital, kebutuhan jasa desain grafis semakin meningkat. Bahkan dalam beberapa survey, jasa desain grafis jadi profesi yang diramalkan punya masa depan yang cerah.

Agar mendatangkan lebih banyak cuan, kamu bisa memadukan bisnis ini dengan bisnis web design atau web programer, jasa editing, fotografi dan lainnya. Dibanding jenis usaha lainnya, jasa desain grafis dianggap lebih menjanjikan karena masih minim pesaing.

Selain itu, masih banyak bisnis tanpa modal lainnya yang bisa kamu geluti, baik untuk dijadikan sebagai penghasilan utama, atau hanya sekedar sampingan saja. Sekarang kamu hanya perlu menggali semua potensi yang dimiliki, kemudian manfaatkan itu untuk membangun kerajaan bisnis sendiri.