Tanpa terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2020. Di tahun ini, ada banyak hal yang berubah, termasuk dalam tren bisnis di Indonesia. Kebanyakan perubahan tersebut tidak lepas dari pandemi COVID-19 yang telah membatasi aktivitas seluruh masyarakat.

Banyak bisnis yang dilaporkan berkembang selama tahun 2020, ada pula yang lesu terdampak COVID-19. Berikut tren bisnis yang mendapat untung besar di tahun 2020, dan diprediksi akan tetap hits hingga beberapa tahun ke depan. 

1. Makanan Beku dan Camilan Kemasan

Selain hotel dan bisnis pariwisata, tempat makan dengan fasilitas makan di tempat alias dine-in, merupakan sektor usaha yang paling terdampak oleh COVID-19. Sepanjang tahun 2020, banyak cafe dan restoran yang memutuskan untuk menutup tempat usaha mereka, dan merumahkan karyawannya. 

Menurut Riset dari Mckinsey & Company, sebanyak 58% konsumen Indonesia lebih memilih makan di rumah atau membawa perbekalan sendiri. Namun bukan berarti bisnis kuliner mati, justru sektor makanan beku dan camilan kemasan dilaporkan mengalami peningkatan omset.

2. Bisnis Produk Fashion

Kan di rumah saja, ngapain pakai baju bagus? Mungkin itu pertanyaan yang terlintas dari benakmu. Tapi faktanya, bisnis fashion tidak pernah mati meski dihantam pandemi. Alasannya, banyak orang yang ingin tetap eksis di sosial media, meski tetap berada di rumah. 

Tapi bukan produk fashion biasa. Menurut riset di beberapa situs e-commerce, selama masa pandemi produk fashion yang naik daun merupakan jenis produk seperti pakaian santai dan biasa digunakan sehari-hari, misalnya sandal rumah, T-Shirt, hoodie, hingga pakaian tidur.

3. Produk Skincare

Nggak beda jauh dengan bisnis fashion, produk skincare dan beauty product pun mengalami peningkatan. Lagi-lagi, ini disebabkan karena selama berada di rumah, kebanyakan orang lebih aktif di sosial media sehingga merasa perlu untuk meningkatkan penampilan mereka. 

Selain itu, banyak yang berharap setelah masa pandemi selesai, mereka akan tampil dengan imej baru yang lebih segar. Hal ini terlihat dari banyaknya pencarian di YouTube tentang tutorial makeup, dan tingginya penjualan produk-produk skincare yang ditawarkan secara online. 

4. Berjualan Produk Kesehatan 

Selain dengan tetap menjaga jarak, memakai masker dan rutin mencuci tangan menggunakan sabun, COVID-19 bisa ditangkal dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ada banyak ramuan herbal yang dipercaya bisa dijadikan sebagai tameng dari penularan virus tersebut. 

Hal inilah yang membuat banyak produk kesehatan, khususnya yang dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, diburu oleh banyak orang. Salah satu produk yang kini sedang naik daun adalah jenis produk jamu tradisional kemasan. 

5. Berjualan Peralatan Pribadi 

Tren aktivitas olahraga di tengah pandemi mulai meningkat. Secara spesifik, belakangan ini banyak orang yang memilih jenis olahraga individu yang memungkinkan mereka tetap menjalankan protokol kesehatan, misalnya jogging, dan bersepeda.

Untuk menunjang aktivitas tersebut, banyak orang akhirnya membeli berbagai perlengkapan pribadi, seperti botol air minum, dan lainnya, secara online. Hal ini terbukti dari tingginya angka pencarian di search engine Google terkait perlengkapan pribadi penunjang olahraga.

Bagaimana menurut kamu, tertarik untuk menggeluti salah satu bidang bisnis di atas? Pandemi COVID-19 memang telah mematikan banyak sektor usaha, namun disisi lain banyak juga sektor usaha yang justru mulai bergeliat memungut banyak keuntungan.