Dulu banyak orang yang berpikir jika bermain video games, baik games online maupun offline, hanya sekedar aktivitas selingan yang tidak produktif. Hal ini cukup wajar, mengingat fungsi utama video game sendiri hanya sebagai media hiburan dan gaya hidup semata.

Namun belakangan ini, banyak orang yang justru serius menggeluti profesi sebagai gamers. Bukan hanya karena passion mereka, jadi gamers pun bisa bikin kamu jadi tajir, terutama bagi mereka yang memainkan game-game online.

Memang Bisa Games Online Hasilkan Uang?

Tentu saja bisa. Kamu bisa menghasilkan uang sambil bermain games online. Ada beberapa games yang membayar para pemainnya secara langsung, namun ada juga yang penghasilannya dari pihak lain, alias tidak secara langsung diberikan oleh pihak penyedia games.

Berikut merupakan cara mendapatkan uang dengan bermain games online.

  1. Bermain Games Yang Membayar

Jika biasanya kamu akan diganjar dengan poin atau kenaikan level, beberapa developer games online justru berani memberikan bayaran dalam bentuk uang nyata. Tentu saja mata uangnya disesuaikan dengan target pasar dari video games itu sendiri.

Contohnya games Market Glory yang memberikan bonus dalam bentuk uang tunai saat kamu berhasil menuntaskan setiap challenge yang mereka berikan. Menariknya, games ini menyertakan mata uang Rupiah yang akan ditransfer langsung ke rekening.

  1. Real Money Trading

Selain bermain games yang membayar para pemainnya dengan uang langsung, kamu pun bisa mendapatkan uang dari games online dengan Real Money Trading (RMT). RMT sendiri merupakan jual beli item langka yang kamu dapatkan dalam games dengan menggunakan uang asli.

Misalnya, saat mendapatkan Skin Ethereal Flames Pink War Dog di DOTA 2, kamu bisa menjualnya kepada pemain lain dengan harga fantastis. Menurut laporan terbaru, skin ini merupakan item termahal di DOTA dengan harga mencapai USD 38.000 atau setara dengan 579 jutaan.

  1. YouTuber Gamer

Cara laminnya kamu bisa mendapatkan uang games online dengan menggunakan YouTube. Jadi misalnya gini, kamu mereka layar PC atau smartphone kamu saat bermain games, kemudian hasil rekamannya diunggah ke YouTube.

Nantinya, video tersebut bisa kamu olah sendiri mulai dari dari tips bermain, menciptakan rekor, walkthrough dan lainnya. Selain itu, kamu pun bisa melakukan siaran langsung saat bermain games online di channel YouTube kamu. Penghasilanya sendiri tentu saja dari YouTube. Mudah kan?

  1. Joki game

Kamu tahu kan istilah joki? Itu lho kamu bekerja untuk menyelesaikan tugas atau ujian orang lain. Nah dalam dunia games, terkadang ada beberapa orang yang ingin meningkatkan level permainan mereka, tapi tidak punya cukup waktu atau kemampuan untuk melakukannya.

Alhasil, mereka pun akan mencari orang yang ahli dalam memainkan games online tersebut, kemudian meminta mereka untuk mengambil alih akunnya untuk sementara. Biasanya perjanjian yang dibuat adalah level, waktu yang dibutuhkan, dan tentu saja ada bayaran besar yang siap menantimu.

  1. Uji coba game

Sebelum dirilis, para developer game akan menyempurnakan produk games mereka dengan menutup bug atau celah yang mungkin masih terdapat didalamnya. Nah untuk melakukannya, mereka akan membayar beberapa games untuk mencari celah dalam games tersebut.

Teknis pembayarannya sendiri bisa beragam, ada yang dibayar setiap kali menemukan celah atau bug dalam games tersebut, ada juga yang dibayar sesuai dengan kontrak. Namun yang jelas, mereka bermain games bukan untuk bersenang-senang, tapi untuk mencari kekurangan dari games tersebut.