Hanya tinggal menghitung minggu kita akan segera meninggalkan tahun 2020 menuju tahun 2021. Seperti biasa, banyak orang yang sudah merencanakan untuk menikmati momen pergantian tahun tersebut dengan berlibur di tempat-tempat wisata favorit.

Namun yang jadi masalah, saat ini pandemi Covid-19 masih menghantui. Terus bagaimana solusinya? Berikut merupakan trik menikmati libur tahun baru di tengah pandemi.

  1. Cari Informasi Tempat Tujuan

Sebelum memutuskan untuk menghabiskan libur tahun baru di tempat wisata favorit, alangkah baiknya jika kamu menggali informasi tentang tujuan tersebut, termasuk status daerah tujuan, hingga aturan pemerintah setempat tentang destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi.

Hal ini penting dilakukan mengingat beberapa destinasi wisata memutuskan untuk tetap tutup, atau minimalnya mengeluarkan aturan khusus demi mencegah terjadinya kerumunan yang beresiko menyebabkan penularan Covid-19 semakin tinggi.

  1. Berhitung Ulang

Setelah informasi yang dibutuhkan telah terkumpul, sekarang cobalah untuk berhitung ulang. Pasalnya, banyak destinasi wisata yang menerapkan aturan ketat terkait kunjungan wisata, termasuk membawa surat keterangan bebas Covid-19 dan melakukan tes kesehatan.

Semua itu tentu membutuhkan biaya tambahan yang cukup tinggi. Ini pun belum menjamin kamu akan bebas dari resiko penularan Covid-19. Maka dari itu, sebelum memilih destinasi wisata, kamu harus memperhitungkan faktor-faktor tersebut.

  1. Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Dalam tahap ini, anggap saja kamu sudah memutuskan tempat liburan yang akan dituju. Selanjutnya, kamu harus tetap menjalankan protokol kesehatan, termasuk menjaga jarak, menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan dengan sabun dan tentu saja tetap gunakan masker.

Jika memungkinkan, sebaiknya hindari banyak menggunakan fasilitas umum, seperti WC umum atau kendaraan umum. Jika terpaksa, pastikan kamu untuk selalu rajin mencuci tangan dan selalu sediakan hand sanitizer dalam jumlah yang cukup.

  1. Edukasi Anak-anak

Anak-anak merupakan kelompok yang cukup rawan dengan penularan Covid-19. Bukan hanya karena sistem kekebalan tubuhnya yang belum maksimal, tapi juga karena mereka umumnya belum terlalu peduli dengan ancaman bahaya Covid-19.

Untuk itu kamu wajib memberikan edukasi kepada anak-anak, dan seluruh anggota keluarga tentang pentingnya menjalankan protokol kesehatan. Ajarkan mereka untuk rajin mencuci tangan dengan cara yang benar, dan ingatkan terus mereka tentang protokol kesehatan.

  1. Tidak Harus ke Tempat Wisata

Mengingat tingginya resiko penularan Covid-19, ada baiknya kamu untuk mempertimbangkan rencana mengunjungi tempat wisata. Sebagai gantinya, kamu bisa menciptakan pengalaman liburan yang tidak kalah seru dengan jalan-jalan ke tempat wisata.

Misalnya, di malam tahun baru kamu bisa melakukan acara barbeque bersama seluruh anggota keluarga, atau mengundang teman, kerabat bahkan tetangga. Atau kamu pun bisa berkunjung ke rumah sanak saudara, dan menghabiskan waktu ‘bermain’ di sana.

Penting untuk dicatat, membahagiakan keluarga dengan cara memberikan liburan impian mereka merupakan hal yang penting. Namun menjaga kesehatan mereka jauh lebih penting.