“Pengennya sih usaha sendiri, tapi nggak ada modal.” Pernah dengar keluhan seperti itu? Nah buat kamu yang ingin menjajal dunia bisnis, sebenarnya banyak kok bidang usaha yang bisa digeluti dengan modal terjangkau. Bahkan dengan modal  jutaan saja, kamu sudah bisa punya bisnis sendiri.

Berikut merupakan usaha yang bisa kamu bangun dengan modal sekitar 5 jutaan saja, dengan prospek keuntungan cukup tinggi. Kamu harus mencobanya!

  1. Jasa Laundry

Membuka jasa laundry berpotensi untung besar lho. Hanya dengan modal dibawah 5 jutaan, kamu sudah bisa menjalankan usaha ini. Modalnya sih sederhana, tinggal beli mesin cuci, setrika, timbangan digital, pengharum pakaian, deterjen, listrik dan air.

Jika sudah punya mesin cuci dan setrika sendiri, modal yang kamu habiskan tentu akan jauh lebih berkurang. Tinggal jalankan saja, lakukan promosi besar-besaran dan buka layanan jemput cucian.

Trik lainnya, kamu bisa jadi vendor untuk perusahaan laundry yang sudah besar lho. Di awal, mungkin kamu butuh usaha keras meyakinkan perusahaan tersebut untuk memberimu order. Tapi hasilnya jauh lebih lumayan lho, dan potensi penghasilannya cenderung lebih stabil.

  1. Jualan Voucher Kuota Internet

Siapa sih yang nggak punya gadget. Zaman sekarang, semua orang sudah punya smartphone dan mereka sudah tentu butuh kuota internet. Manfaatkan ini untuk membuka konter pulsa sendiri di rumah. Modalnya nggak banyak kok, cuma etalase sama voucher kuota internetnya saja.

Untuk dapat harga yang lebih bersaing, kamu disarankan untuk ikut komunitas konter di daerahmu. Jangan lupa, buka jalur komunikasi dengan perusahaan provider, terutama bagian pemasarannya. Biasanya mereka punya program selling yang menggiurkan lho!

Untuk keuntungan, selain selisih harga, menjual kuota internet pun berpeluang mendapat repeat order dari pelanggan. Jadi seharusnya grafik keuntungan yang kamu dapatkan akan terus meningkat.

  1. Lunch Box

Untuk usaha yang satu ini, targetnya lebih kepada anak-anak TK, PAUD atau bisa juga kepada anak-anak SD tertentu. Kamu bisa menawarkan jasa lunch box kepada orangtuanya. Tentu saja disini kemampuan memasak dan mendekorasi makanan jadi kunci utama kesuksesan kamu.

Keuntungan yang didapat bisa sangat besar lho, bahkan dengan modal yang sangat minim. Mengenai jumlahnya, sebenarnya sih tergantung dari cara memasak, mengemas dan menyajikan makanan tersebut. Namun potensi keuntungannya bisa mencapai 100%.

Jika ingin mengembangkan bisnis yang lebih besar, kamu bisa menawarkan paket lunch box ini kepada pihak sekolah, atau menjadi vendor bagi perusahaan catering yang sudah bekerja dengan pihak sekolah.

  1. Bisnis Franchise Minuman Kekinian

Kalau nggak mau ribet dengan branding dan cari-cari jenis usaha, mendingan ikut gabung bisnis franchise minuman kekinian saja. Biasanya, beberapa pemilik merek sudah menyediakan booth, resep atau takaran dan cara pembuatan standarnya. Jadi kamu tinggal praktek saja.

Tpi ingat, kamu harus mempertimbangkan banyak faktor sebelum membuka usaha ini, salah satunya tempat yang strategis. Kalau kamu dapat tempat yang biasa digunakan anak muda nongkrong, atau anak-anak sekolahan, maka peluang usahamu berkembang akan semakin besar.

Untuk modalnya, sebenarnya bisa dibawah 5 juta sih. Tapi sebagai jaga-jaga, tidak ada salahnya kamu menyiapkan dana sedikit lebih besar.

  1. Bisnis Makanan Ringan

Punya resep makanan ringan yang spesial? Tidak ada salahnya kamu manfaatkan kemampuan ini untuk memulai bisnis sendiri. Peluang dari bisnis makanan ringan ini sangat besar lho, dengan potensi keuntungan berlipat ganda. Tergantung dari teknik pemasarannya.

Mengenai modal, sebenarnya sangat murah. Biasanya, biaya yang cukup bukan datang dari bahan baku lho, melainkan menyiapkan kemasan yang menarik. Selain itu, kemasan yang dipilih pun harus benar-benar rapi, punya ciri khas dan dapat menjamin produk makanan ringan tersebut tahan lama.

Kamu bisa memasarkan produk makanan ringan lewat sosial media. Jangan lupa, jika ada event pameran yang sesuai dengan target pasar, ikuti saja. Lumayan lho sebagai ajang promosi.