Dalam waktu dekat ini umat muslim di seluruh dunia akan kembali menjalankan ibadah puasa, termasuk umat muslim yang ada di Indonesia. Tentu ini kabar gembira buat kamu. Selain bisa lebih fokus beribadah, selama bulan puasa pun umumnya ada banyak peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan.

Berikut merupakan beberapa ide bisnis yang bisa kamu maksimalkan selama bulan puasa. ‘Bisnis kagetan’ ini  menjanjikan keuntungan yang sangat besar lho!

  1. Berjualan Busana Muslim

Bukannya semua orang menjual busana muslim selama bulan puasa, jadi saingannya banyak dong? Memang benar, namun faktanya dalam dunia bisnis ada prinsip semakin banyak konsumen, maka kebutuhan penjual yang menawarkan produk yang sama pun akan bertambah.

Selain untuk menyeimbangkan harga, upaya ini dilakukan untuk memperkaya pasar dan menciptakan persaingan bisnis yang sehat. Dengan begitu, monopoli bisnis akan terhindari. Kamu hanya perlu mempelajari strategi bisnis, bisa dengan meningkatkan kualitas atau menekan harga barang.

  1. Berjualan Takjil

Kondisinya sama seperti berjualan busana muslim. Semua orang ikut memanfaatkan momen berpuasa dengan berjualan makanan takjil. Namun jangan khawatir karena di bulan puasa, semua orang berjualan takjil. Jadi jangan khawatir, potensi keuntungannya tentu saja sangat besar.

Keuntungan lainnya dari ide bisnis ini, ada banyak jenis takjil yang bisa kamu olah dan bisa dijadikan sebagai pendulang keuntungan. Misalnya puding, kolak, asinan dan berbagai jenis makanan lainnya. Kamu pun bisa menyesuaikan harga jual sesuai dengan kondisi pasar di daerahmu.

  1. Berjualan Perlengkapan Ibadah

Selama bulan suci Ramadhan, umat muslim akan lebih fokus melaksanakan berbagai jenis ibadah yang disarankan selama berpuasa, mulai dari alat-alat sholat seperti mukena, baju koko, sarung dan lainnya. Kamu pun bisa berjualan alat pendukung ibadah, seperti tasbih, Al-Quran dan lainnya.

Menariknya, jika baju muslim umumnya akan lebih dibutuhkan menjelang Idul Fitri, maka perlengkapan ibadah lebih dibutuhkan sebelum bulan puasa tiba. Jadi kamu bisa memadukan bisnis berjualan perlengkapan ibadah dengan bisnis baju muslim.

  1. Berjualan Kuota Internet

Pandemi memang sudah mereda, namun belum berakhir. Tahun ini pun diprediksi aktivitas ngabuburit tidak akan seramai tahun-tahun sebelumnya, kebanyakan orang lebih fokus di depan gadget mereka sambil bercengkrama secara online.

Selain aktivitas sosial media, menonton film streaming, aktivitas bermain game online pun diprediksi akan meningkat tajam. Kondisi ini jelas akan membuat kebutuhan kuota internet semakin tinggi. Dari sini kamu sudah paham kan? Tangkap peluang bisnis ini dengan berjualan kuota internet.

  1. Berjualan Parcel Lebaran

Hampir sama dengan berjualan busana muslim, parcel lebaran umumnya sangat dibutuhkan saat menjelang lebaran. Namun bukan berarti kamu tidak bisa memulai bisnis ini dari awal, justru promosi harus dilakukan sejak dini, terutama ke perusahaan-perusahaan yang berada di wilayahmu.

Kamu bisa membuat paket parcel menarik dengan berbagai paket menarik sesuai dengan pesanan konsumen, misalnya hidangan kue kering khas lebaran dan lainnya. Namun ingat, dalam menjalankan ide bisnis ini, pastikan produk yang berada dalam parcel punya masa simpan yang panjang.

Pasalnya, banyak penjual parcel nakal yang menjual produknya dari bahan-bahan yang sudah kadaluarsa. Di sini, kamu harus tetap mementingkan kualitas, ketimbang keuntungan sementara.