Selama masa pandemi, hampir seluruh sektor bisnis terpukul. Daya beli menurun, suplai bahan bahan baku terhambat, bahkan banyak karyawan yang harus dirumahkan. Namun meski terlihat buruk, akan selalu ada peluang bagi mereka yang bisa memanfaatkan celah kecil di sela pandemi.

Berikut merupakan beberapa bisnis baru yang trending di saat pandemi virus Corona, dan kamu bisa mengambil inspirasi untuk memulai usaha baru.

  1. Berjualan Frozen Food

Mereka yang tidak terbiasa makan di luar akan mencari solusi dengan memasak makanan yang simple dan mudah disajikan. Selain itu, tuntutan untuk tetap berada di rumah akan memaksa mereka untuk menyetok persediaan makanan dalam jumlah yang banyak.

Berjualan makanan beku atau frozen food bisa jadi solusi buat kamu yang sedang ingin mencari ide bisnis di sela pandemi. Selain karena mudah disajikan, frozen food memiliki usia simpan yang panjang sehingga cocok dijadikan sebagai persediaan selama pandemi.

Berjualan frozen food sendiri tidak butuh tempat dan sangat mudah dijalankan. Kamu bisa memasarkan produk tersebut secara online dengan layanan delivery order.

  1. Lauk Siap Santap

Selama berada di rumah, orang-orang akan ‘dipaksa’ untuk terus menyantap ‘makanan rumah’. Dalam kondisi tertentu, rasa bosan tentu akan melanda, terlebih untuk mereka yang masih single atau pasangan baru yang belum membutuhkan memasak lauk dalam jumlah banyak.

Selama masa pandemi, bisnis lauk siap santap bisa jadi pilihan menarik buat kamu. Selain harga bisa disesuaikan dengan target pasar, potensi keuntungan yang bisa didapat pun berlipat ganda. Kamu bisa menawarkan fasilitas delivery order untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Namun ada kekurangannya, lauk yang tidak habis berpotensi basi. Solusinya, kamu memberikan makanan basi tersebut sebagai pakan ternak, atau bisa juga diolah jadi pupuk organik.

  1. Makanan Ringan Kemasan

Belakangan ini bisnis makanan ringan kemasan banyak diminati anak muda. Mereka menyajikan berbagai makanan ringan kemasan dengan berbagai konsep menarik, baik lewat inovasi rasa, bahan maupun kemasan dan tagline yang disesuaikan dengan target pasar.

Meski banyak yang menggeluti, namun potensi pasar yang besar membuat bisnis ini cukup menjanjikan. Kelebihan lainnya, makanan ringan kemasan tidak mudah basi sehingga bisa disimpan dalam waktu yang lama, dan potensi repeat order yang besar.

Tapi ingat, sebelum memulai bisnis makanan ringan, kamu harus mempersiapkan konsep yang unik. Gunakan sosial media untuk mempromosikan bisnis barumu.

  1. Makanan Penutup

Banyaknya cafe yang tutup akibat pandemi virus Corona membuat banyak orang rindu dengan dessert atau makanan penutup khas cafe. Jika punya kemampuan menyajikan makanan penutup yang lezat, kamu bisa memanfaatkannya sebagai lahan bisnis.

Ada banyak produk dessert yang bisa kamu jual secara online, mulai dari varian Kopi Susu Dalgona yang hingga kini masih jadi tren dikalangan anak muda, es krim susu dengan biskuit, hingga pudding klasik dengan modifikasi unik yang hingga kini masih digemari.

Agar lebih ‘menjual’, kamu bisa menambahkan beberapa dekorasi menarik. Jangan lupa, tambahkan juga alat makan sederhana, dan kemas produk tersebut dalam kemasan menarik.

  1. Kurir Dalam Kota

Jika kamu tidak punya kemampuan memasak, atau membuat kemasan, jangan khawatir karena masih ada usaha lain yang bisa kamu geluti selama masa pandemi. Salah satu yang paling menarik dan sedang berkembang adalah, kurir antar kota.

Kamu bisa menghubungi beberapa pengusaha bisnis online, kemudian tawarkan jasa antar barang. Umumnya, jasa yang kamu tawarkan sangat dibutuhkan oleh para pebisnis kuliner yang memang mengandalkan tawaran Same Day Service.

Modalnya, kamu hanya perlu punya kendaraan sendiri dan SIM sesuai dengan kendaraan yang kamu gunakan. Keuntungannya lumayan lho, bahkan kamu bisa mendapatkan bonus juga dari konsumen.