Selama ini banyak orang yang mengeluhkan sempitnya lapangan pekerjaan. Padahal bekerja bukan satu-satunya solusi untuk mendapatkan penghasilan. Di zaman sekarang, ada banyak peluang bisnis yang bisa diolah dan dijadikan sebagai tambang uang. Bahkan hanya dengan modal barang bekas.

Berikut merupakan beberapa ide bisnis berbasis sampah yang bisa kamu olah sebagai alternatif sumber penghasilan. Untungnya bisa mencapai puluhan juta lho!

  1. Kerajinan Bungkus Kopi

Menurut International Coffee Organization (ICO), tahun 2021 konsumsi kopi di Indonesia diprediksi akan meningkat hingga 370 ribu ton. Tentu saja kondisi ini akan membuat limbah kemasan kopi sachet semakin menumpuk, dan bisa mendatangkan masalah serius bagi keseimbangan alam.

Terdengar mengerikan, tapi ini bisa jadi peluang bisnis berbasis sampah yang menguntungkan. Dengan misi mengurangi limbah plastik, kamu bisa mengolah kemasan kopi menjadi kerajinan tangan.

Ada banyak produk kerajinan yang bisa kamu hasilkan, mulai dari dompet, tas jinjing, tas handphone, dan berbagai kerajinan lainnya. Caranya tidak begitu sulit kok, kamu bisa mencari inspirasinya di YouTube, kemudian sempurnakan agar menjelma jadi produk yang layak jual.

  1. Papan Kertas atau Plastik

Berbeda dengan plastik, kertas termasuk sampah yang bisa dihancurkan tanah. Namun yang jadi masalah, makin banyak kertas yang digunakan, maka semakin banyak pohon yang ditebang. Belum termasuk penggunaan bahan bangunan yang masih banyak menggunakan kayu.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengolah sampah plastik atau kertas menjadi papan atau bahan furnitur, seperti tripleks dan lainnya. Cara pembuatannya pun tidak terlalu rumit, namun untuk pengolahan limbah plastik ada beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama kandungan di dalamnya.

Selain itu, kamu pun bisa mengolah sampah kertas atau plastik menjadi barang bernilai jual tinggi lainnya, seperti batako, atau produk kerajinan tangan.

  1. Kerajinan Ban Bekas

Indonesia termasuk negara yang cukup banyak menghasilkan limbah ban bekas. Ironisnya, pusat pengolahan limbah ban pun masih sangat terbatas, sehingga sampah ban kerap menumpuk begitu saja, atau hanya berakhir sebagai bahan bakar aspal. .

Padahal kalau kamu jeli, ada banyak peluang bisnis berbasis sampah yang bisakamu pilih dengan hanya bermodalkan ban bekas, mulai dari kerajinan sandal dari ban, kursi, hingga kerajinan tangan lainnya, seperti pot bunga dan lainnya.

Jika dibandingkan dengan kedua bisnis di atas, peluang untung dari kerajinan ban bekas ini cukup besar, terlebih kamu tidak terlalu membutuhkan skill dan modal besar untuk menjalankannya.

  1. Bisnis Tanaman Hias

Terlihat tidak berhubungan, namun dengan memanfaatkan barang-barang bekas, kamu sudah bisa memulai untuk berbisnis tanaman hias. Kamu bisa memilih sampah botol bekas, atau media lainnya yang bisa digunakan sebagai pengganti pot.

Untuk jenis tanamannya, kamu bisa memilih jenis tanaman yang mudah dibudidayakan, tanpa membutuhkan perawatan, seperti sukulen mini, kaktus mini dan lainnya.

Karena fokusnya sebagai tanaman hias, kamu bisa memberikan dekorasi tambahan agar terlihat lebih menarik. Kamu pun bisa bereksplorasi dengan ide tambahan, misalnya dengan menjual pupuk organik yang didapat dari sampah dapur, dan lainnya.

  1. Bisnis Kreasi Drum

Lagi-lagi, barang bekas bisa kamu kreasikan untuk menghasilkan jutaan Rupiah. Kali ini dari drum bekas, kamu bisa menyulapnya jadi berbagai jenis furnitur menarik. Misalnya dijadikan sebagai kursi, meja dan elemen dekorasi lainnya.

Tidak hanya drum logam bekas minyak, atau oli, kamu pun bisa membuat kreasi kerajinan dari drum plastik, dan lainnya. Selain dibuat furniture, drum pun bisa kamu gunakan sebagai media budidaya ikan lele, belut, dan dipadukan dengan metode tumpang sari sambil menanam kangkung.

Selain itu, tentu masih banyak peluang bisnis berbasis sampah yang bisa kamu maksimalkan untuk meraih untung melimpah. Tinggal kelola saja sesuai dengan passion kamu.