Karena belum punya tanggungan, kamu mungkin masih nyaman tinggal bersama orangtua. Namun jika sudah punya penghasilan, cobalah untuk memprioritaskan investasi rumah sejak dini. Selai agar kamu lebih mandiri, mempersiapkan rumah sejak dini ternyata punya banyak manfaat lho!

Berikut merupakan beberapa alasan kenapa kamu harus mulai investasi rumah sejak dini.

  1. Harga Masih Murah

Lahan yang semakin terbatas, sementara kebutuhan hunian terus berkembang, membuat harga properti semakin tidak terkendali. Terkadang di daerah tertentu, harga tanah bisa melonjak dua kali lipat hanya dalam waktu 1-2 tahun saja.

Hal inilah yang diprediksi akan membuat harga tanah dan rumah di masa depan akan semakin melambung. Maka dari itu, mumpung masih terjangkau. Jika ada kesempatan, mulailah mempersiapkan investasi rumah sejak dini. Kamu bisa memulainya dengan membeli tanah terlebih dahulu.

  1. Angsuran Masih Rendah

Selain membeli tanah dan membangun rumah secara bertahap, kamu bisa membeli rumah di komplek perumahan dengan cara mencicil. Cara ini terbilang sangat mudah, dan kamu pun tidak perlu repot dengan urusan bangun membangun, karena semuanya sudah dicover oleh developer.

Memang ada sejumlah minus yang harus diterima jika membeli rumah lewat developer, namun setidaknya angsuran yang rendah dengan tenor yang panjang, sudah cukup menggiurkan. Terlebih saat ini proses kepemilikan rumah di developer sudah cukup mudah.

  1. Bisa Digunakan Sebagai Lahan Bisnis

Investasi rumah sejak dini dijamin tidak akan rugi. Selain menuntut kamu untuk bisa mengatur keuangan, kamu pun bisa menggunakan rumah tersebut sebagai lahan bisnis. Misalnya, disewakan dengan sistem kontrak per tahun atau per bulan.

Ini sangat menguntungkan. Selain kamu punya penghasilan yang bisa digunakan untuk menutup biaya angsuran rumah (jika membeli rumah KPR), rumah tersebut pun akan lebih terawat karena ada penghuninya. Jika ada uang lebih, kamu bisa menambah unit baru atau berinvestasi di bisnis baru.

  1. Membiasakan Diri Berinvestasi

Terlepas dari apa keputusan kamu terhadap rumah tersebut (digunakan sendiri atau disewakan), dengan punya rumah sendiri dari hasil kerja keras sendiri, secara psikologis kamu akan merasa bangga dengan diri sendiri. Bagaimanapun juga, ini merupakan prestasi yang tidak bisa didapat semua orang.

Selain rasa banggga, kamu pun akan merasakan manfaat lainnya dari investasi rumah ini, yakni tergoda mencoba menambah instrumen investasi dalam portofolio kamu. Dari titik ini, secara tidak langsung sebenarnya kamu sedang dididik untuk jadi seorang pebisnis ulung.

  1. Lebih Fokus

Secara prinsip, kamu sebenarnya belum punya beban finansial yang harus ditanggung. Kondisi ini bisa kamu manfaatkan agar lebih fokus menanam investasi rumah sejak dini. Imbasnya, sistem keuangan kamu akan jauh lebih teratur, dan kamu pun akan terbiasa untuk selalu berencana.

Skill dasar ini sangat penting dimiliki semua orang, dan bisa jadi modal penting agar kamu lebih siap dan percaya diri saat memasuki usia dewasa. Kelebihan lainnya, investasi rumah selalu memberikan keuntungan besar, meski masuk dalam kategori investasi yang sulit diuangkan.

Tidak masalah, karena seperti dijelaskan di atas. Saat ini kamu belum punya beban finansial, sehingga bisa memilih instrumen investasi lainnya yang bersifat fluid. Misalnya menyimpan uang dalam bentuk emas, deposito, reksadana dan lainnya.