Reksa Dana dan Emas merupakan dua instrumen investasi yang dinilai cocok buat kamu yang sedang menjajaki dunia investasi. Reksa Dana merupakan sejenis dana yang dihimpun dari investor untuk kemudian diinvestasikan dalam portofolio manajer investasi.

Reksa dana sendiri punya beragam jenis, mulai dari mulai reksadana pasar uang, reksa dana terproteksi, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana indeks, reksa dana campuran, dan reksadana saham. Tentu semua jenis reksa dana tersebut punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun buat kamu yang masih pemula, atau belum punya dana stabil, sangat disarankan untuk mengambil reksa dana pasar uang. Selain bersifat fluid sehingga mudah diuangkan, reksa dana pasar uang pun jauh lebih aman, meski potensi keuntungan yang didapat mungkin tidak sebesar jenis lainnya.

Sementara emas merupakan jenis investasi yang sangat cocok digunakan sebagai media penyimpanan uang dalam jangka panjang. Sifat emas yang mudah dicairkan, tahan terhadap inflasi dan mudah dalam mendapatkannya, membuat emas sangat cocok buat menyelamatkan nilai uangmu.

Kenapa Reksa Dana dan Emas Cocok Buat Pemula?

Jika dibandingkan dengan investasi lainnya, reksa dana dan emas termasuk dalam kategori investasi dengan resiko yang sangat rendah. Khusus untuk reksadana, kamu bisa memilih reksadana pasar uang yang sangat minim resiko, namun lebih menguntungkan ketimbang menabung biasa.

Selain karena keamanannya, berikut merupakan beberapa alasan kenapa kamu harus memilih reksa dana dan emas saat pertama kali mencoba bermain investasi.

  1. Reksa dana dan emas bisa diakses dengan biaya yang sangat murah. Kamu bisa bermain reksa dana hanya dengan modal ratusan ribu saja, sementara emas bisa dibeli lewat program tabungan emas, atau bisa dibeli secara bertahap sesuai dengan ukuran yang ingin dimiliki.
  2. Tidak perlu strategi khusus untuk mendapatkan keduanya. Yang harus kamu lakukan hanya mempelajari dasarnya saja, kemudian mulai membeli instrumen investasi tersebut. Jika ingin ‘memainkannya’, kamu hanya perlu melihat pergerakan pasar saja. Sangat sederhana.
  3. Khusus untuk reksa dana, kamu bahkan tidak perlu strategi khusus karena semuanya sudah dikelola oleh Manajer Investasi. Yang lebih menggiurkan, reksa dana punya Diversifikasi Investasi sehingga keamanan dan resikonya terbilang sangat kecil.
  4. Kamu bisa mendapatkan berbagai produk reksa dana dan emas di beberapa tempat, termasuk dunia maya. Namun untuk lebih amannya, kamu bisa mengunjungi Bank, Pegadaian, atau lembaga lainnya yang sudah terpercaya.
  5. Reksa dana dan emas bersifat fluid, alias mudah dicairkan. Jadi saat kamu membutuhkan uang cepat, keduanya bisa dijual dengan nilai uang yang tetap terjaga. Sangat cocok dijadikan sebagai simpanan jangka panjang, dana darurat atau dana cadangan pendidikan anak.

Selain itu, masih banyak alasan kenapa Reksa Dana dan Emas sangat cocok dijadikan sebagai investasi pertama buat kamu yang baru belajar bermain investasi.

Mana Yang Lebih Baik, Emas atau Reksa Dana?

Dari segi kemudahan dan tingkat resiko, keduanya punya tingkat resiko yang sangat kecil. Namun jika dibandingkan dengan emas, reksadana jauh lebih aman, terutama reksa dana pasar uang. Keunggulan lainnya, reksa dana minim resiko kehilangan dan tidak perlu biaya penyimpanan.

Selain itu, reksa dana pun unggul dari segi diversifikasi karena uang yang kamu simpan akan ditebar di banyak sektor sehingga potensi kerugian akan mudah ditekan. Sementara dalam emas, kamu hanya punya pilihan menyimpan atau menjualnya saat harga emas diprediksi akan turun.

Sementara emas lebih unggul dari segi fleksibilitas. Emas bisa dibawa kemanapun kamu pergi, tanpa khawatir kehilangan nilai uang. Selain itu, emas hanya punya satu produk sehingga kamu tidak perlu repot dan melakukan banyak pertimbangan saat akan memilihnya.

Namun terlepas dari semua itu, reksa dana dan emas merupakan kedua instrumen investasi yang sama-sama menguntungkan dan layak dipertimbangkan oleh para pemula. Kalau memungkinkan, kamu pun bisa mengambil kedua instrumen investasi tersebut.