Sebagaimana diketahui, pemerintah Indonesia secara khusus memberikan cukup banyak bantuan untuk para pemilik UMKM. Hal ini dikarenakan UMKM menjadi salah satu penggerak roda ekonomi yang cukup efektif dan bisa menjangkau masyarakat di level yang cenderung menyeluruh. Tentu, alasan inilah yang membuat UMKM senantiasa bertumbuh dari waktu ke waktu.

Nah, turut dalam meramaikan bisnis UMKM adalah salah hal yang bisa Kamu lakukan, terutama untuk mendapatkan penghasilan dari jalur usaha sendiri. Hanya saja, seiring dengan banyaknya UMKM yang ada, Kamu harus memiliki ide kreatif UMKM yang unik dan berkualitas.

Ya, ide unik tersebut penting agar usaha yang Kamu kerjakan belum terlalu banyak saingan sehingga peluang untuk berkembang menjadi lebih besar. Nah, ada beberapa ide kreatif UMKM yang bisa menjadi inspirasi untuk ditiru. Apa saja? Simak ulasan selengkapnya!

Ragam Ide Kreatif UMKM Untuk Ditiru

Sebagaimana disinggung di awal, banyaknya UMKM yang hadir memang akan membuat persaingan bisnis semakin ketat. Oleh karenanya, ide yang unik dan penuh inovasi menjadi penting agar Kamu bisa menikmati usaha tanpa saingan yang terlalu banyak.

Nah, beberapa ide kreatif yang bisa menjadi pilihan untuk memulai usaha UMKM yang Kamu inginkan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Membuat Kursi Kafe Dari Kerat Botol atau Drum

Jika disimak, industri kafe baik skala kecil hingga menengah bertumbuh cukup pesat saat ini. Budaya nongkrong yang tumbuh di kalangan anak muda memang menjadi sebab kenapa banyak kafe yang ada di berbagai tempat. Nah, kondisi ini tentu bisa menjadi peluang untuk memulai usaha yang baru. 

Salah satu ide UMKM yang cukup unik untuk dijalankan adalah membuat kursi kafe berbahan dasar kerat botol ataupun drum. Perlu diketahui bahwa kafe-kafe yang hadir akan berusaha menerapkan tema yang berbeda untuk menarik konsumen mereka. Oleh sebabnya, mereka juga memerlukan properti yang cenderung unik.

Kursi kafe yang dibuat dari kerat botol dan drum tentu menjadi salah satu properti unik dan tidak biasa. Kamu bisa mencari referensi lebih detail terkait bagaimana cara pembuatannya. Jika Kamu merasa bisa membuatnya, tidak salah untuk memulai bisnis UMKM dengan ide ini.

2. Katering Makanan Sehat

Bisa dikatakan jika bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang tidak pernah mati dan bahkan terus bertumbuh dari waktu ke waktu. Tentu, Kamu juga pasti sudah mengetahui bahwa ada cukup banyak UMKM yang bergerak di bidang kuliner.

Apakah hal tersebut berarti bahwa UMKM bidang kuliner sudah tidak ada peluang lagi? Tentu saja jawabannya adalah tidak.

Salah satu ide unik UMKM di bidang kuliner yang bisa Kamu geluti adalah bisnis katering makanan sehat. Saat ini, kesadaran masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat cenderung lebih tinggi. Banyak masyarakat yang berusaha menjaga pola makan mereka serta makanan apa yang mereka konsumsi.

Nah, menyediakan aneka makanan sehat tentu menjadi ide bisnis yang menarik, terutama seiring dengan kondisi pasar yang sudah siap. Kamu bisa mencari tahu beragam makanan sehat yang cocok untuk dijadikan bisnis dan tentu saja yang menguntungkan.

3. Menjual Tanaman

Selain kesadaran masyarakat yang tinggi tentang pola konsumsi sehat, keinginan masyarakat untuk mendapatkan udara yang lebih bersih juga semakin meningkat. Hal inilah yang mendasari menjual tanaman bisa menjadi salah satu ide kreatif UMKM yang bisa Kamu jalankan.

Untuk menjalankan bisnis ini, Kamu bahkan bisa membidik segmen tertentu. Misalnya saja, Kamu menyediakan aneka tanaman pangan yang cocok untuk masyarakat yang ingin bercocok tanam di rumah. Atau, Kamu juga bisa menyediakan tanaman hias untuk mereka yang ingin memiliki taman bagus di rumah.

Bahkan, tanaman hias tertentu juga bisa dijadikan souvenir untuk berbagai acara. Jika segmen ini berhasil Kamu kuasai, tentu saja banyak keuntungan yang akan didapatkan ketika menjalankan bisnis UMKM tersebut.

4. Bisnis Florist

Jika bisnis tanaman kurang spesifik, Kamu bisa mencoba bisnis florist untuk memulai UMKM yang Kamu inginkan, terlebih untuk Kamu yang memang menyukai bunga. Bisa dikatakan bisnis florist termasuk ide bisnis yang cukup menguntungkan karena banyak agenda yang membutuhkan bunga sebagai hiasan.

Dalam hal ini, Kamu bisa menyediakan dua bentuk usaha, seperti rangkaian bunga asli dan bunga buatan dari kain flanel. Kedua ide bisnis ini memiliki penggemar masing-masing dan tentu saja bisa dimanfaatkan sedemikian rupa untuk menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda.

Nah, beberapa ide kreatif UMKM di atas tentu bisa menjadi pertimbangan ketika Kamu ingin memulai bisnis. Bandingkan beberapa ide di atas lalu pilih mana yang cenderung cocok serta sesuai dengan keinginan. Tentu saja, Kamu juga harus memikirkan hal-hal yang berkaitan, seperti faktor produksi, pemasaran dan lainnya agar usaha yang Kamu kelola bisa bertahan serta sukses.