Belakangan ini aktivitas jual beli di Indonesia berkembang begitu pesat. Bahkan menurut prediksi terbaru, Indonesia akan jadi salah satu pasar ecommerce terbesar di Asia dengan proyeksi perputaran uang di tahun 2021 mencapai USD 14,47 miliar.

Jelas bukan angka biasa, mengingat jumlah tersebut setara dengan 20 persen pendapatan negara. Nggak heran kalau akhirnya pihak pemerintah menaruh perhatian yang cukup besar, dan mendorong pertumbuhan ecommerce di Indonesia.

Di dunia maya, kamu sendiri bisa memilih banyak model bisnis, salah satu yang paling banyak diminati adalah dropshipping atau bisnis dropship. Model bisnis ini banyak diminati karena membuka peluang bagi seseorang untuk membuat usahanya sendiri tanpa harus keluar modal.

Apa itu Dropshipping?

Dropshipping atau bisnis dropship merupakan model bisnis yang dijalankan dengan cara menjual produk orang lain tanpa perlu menyetok produk, atau bahkan mengirimkan produknya. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mempromosikan produk tersebut, dan menjualnya.

Dalam menjalankan usahanya, seorang dropshipper terlebih dahulu akan menjalin kerjasama dengan si pemilik produk. Salah satu poin yang paling penting untuk dibahas adalah, sistem keuntungan yang akan kamu dapatkan. Apakah dengan sistem komisi, atau mengambil selisih dari penjualan produk.

Jika mengambil komisi, maka kamu akan menjual produk tersebut dengan harga yang sama seperti si pemilik barang, bahkan saat ada program diskon. Sementara jika mengambil selisih dari harga produk, maka kamu akan harus bisa melakukan negosiasi untuk mendapatkan harga termurah.

Mengenai cara berpromosinya, kamu hanya mengambil foto-foto dari produk yang akan dijual, pelajari seluruh informasi tentang produk tersebut, kemudian promosikan di akun sosial media, di grup WhatsApp, website ecommerce milik kamu, atau sarana promosi online lainnya.

Setelah mendapatkan pembeli, kamu tinggal menghubungi si pemilik produk untuk mengirimkan pesanan dari si konsumen. Sampai tahap ini si pemilik barang yang akan langsung mengambil alih, termasuk proses packing dan pengiriman barang. Kini kamu hanya tinggal menunggu keuntungan saja.

Tips Sukses Memulai Bisnis Dropship

Meski terlihat mudah, namun menjalankan bisnis dropship tetap harus dibarengi dengan skill yang mumpuni. Ada sejumlah beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum menjalankan bisnis, termasuk mengetahui semua informasi tentang produk yang akan dijual.

Berikut merupakan tips sukses menjalankan bisnis dropship bagi pemula.

  1. Selektif dalam memilih produk yang akan dijual. Tidak masalah jika produk tersebut banyak dijual pedagang lainnya, yang penting kejar volume penjualan dulu.
  2. Pilih partner kerjasama yang tepat. Ini penting, mengingat reputasimu sebagai penjual dipertaruhkan di sini. Pilih partner yang fast respon, jujur dan peduli dengan kualitas produk.
  3. Tambahkan nilai jual yang unik, bukan hanya murah. Misalnya dengan rutin memberi giveaway, pelayanan maksimal, atau gaya komunikasi yang bersahabat,
  4. Perhatikan branding produk yang kamu jual, bukan hanya tentang kualitas, tapi juga promosi yang kamu lakukan harus benar-benar menarik. Tidak masalah jika kamu menggunakan foto sendiri jika memang foto yang diberikan si pemilik barang dianggap kurang menarik.
  5. Jika belum ada website resmi untuk produk yang kamu jual, sebaiknya kamu yang berinisiatif sendiri membuat website yang berisi tentang informasi produk tersebut.

Agar bisnis dropship yang kamu jalani berjalan lancar, sebaiknya jalin komunikasi yang baik dengan pihak pemilik barang. Jika kamu punya ide program promosi dan penjualan, kemudian butuh izin dari si pemilik produk, jangan ragu untuk menyampaikannya.

Ingat, bisnis dropship memang mudah dan tidak membutuhkan modal yang banyak. Tapi bukan berarti tidak ada hambatan. Terus belajar dan jadilah dropshipper yang handal. Selamat berbisnis!