Bagi pemilik UMKM, melakukan inovasi adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Inovasi ini tentu bertujuan untuk menjaga eksistensi bisnis yang dijalankan. Sebagaimana diketahui, perkembangan UMKM saat ini cukup pesat. Perkembangan pesat ini, meskipun bagus secara iklim ekonomi, namun juga akan menghasilkan persaingan bisnis yang cukup ketat.

Nah, jika Kamu termasuk pelaku usaha UMKM, maka Kamu harus berpikir tentang bagaimana inovasi yang dilakukan. Salah satu inovasi yang penting untuk dilakukan adalah terkait pemasaran.

Seiring dengan perkembangan teknologi, telah terjadi pergeseran pasar di mana kini masyarakat cenderung menggunakan pasar online untuk mencari apa yang mereka butuhkan. Oleh karenanya, memulai pemasaran online UMKM adalah salah satu inovasi yang harus segera dilakukan demi turut dalam iklim bisnis yang baru.

Apa yang Harus Dilakukan UMKM Untuk Pemasaran Online?

Jika disimak, saat ini sudah banyak tersedia platform online dan marketplace online yang menjadi tempat transaksi. Bukti ini adalah salah satu hal yang menegaskan bahwa pasar online senantiasa bertumbuh dengan cukup pesat dari waktu ke waktu.

Nah, bagi pemilik UMKM, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk memulai pemasaran secara online. Beberapa hal yang dimaksud tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memiliki Toko Virtual

Tentu saja, untuk memulai pemasaran produk UMKM melalui pasar online, maka Kamu harus memiliki toko virtual atau toko online. Nah, dalam hal ini, Kamu bisa memanfaatkan beberapa marketplace online yang tersedia. Penggunaan marketplace ini bisa menjadi awalan yang menarik seiring dengan akses gratis yang didapatkan.

Hanya saja, ketika usaha mulai bertumbuh dan membesar, maka ada baiknya jika Kamu membuat website khusus untuk produk dan usaha UMKM yang dijalankan. Dibandingkan dengan marketplace, tentu saja website cenderung lebih profesional.

Dengan menggunakan website, selain Kamu bisa melakukan promosi secara masif, Kamu juga bisa menarik atensi target konsumen dengan beragam konten yang menarik. Tentu, yang lebih penting, UMKM yang Kamu kelola akan cenderung lebih profesional dan hal tersebut menjadi nilai plus yang menguntungkan.

2. Menggunakan Media Sosial

Selain memanfaatkan platform marketplace untuk memasarkan produk UMKM secara online, menggunakan media sosial adalah ide yang tepat untuk dilakukan. Sebagaimana diketahui, saat ini cukup banyak media sosial yang ada dan tentu saja banyak digunakan untuk bertegur sapa oleh masyarakat. Bahkan, beberapa media sosial secara khusus juga menyediakan platform bisnis.

Nah, guna menunjang pemasaran UMKM secara online, cobalah untuk menggunakan media sosial sebagai salah satu jalan untuk membuat iklan. Dalam hal ini, Kamu bisa mempertimbangkan beberapa media sosial seperti Facebook, Instagram atau Twitter guna memulai memasarkan produk dan usaha UMKM yang Kamu geluti.

Tentu saja, pemahaman tentang cara kerja dari beberapa media sosial tersebut cukup penting untuk diketahui agar strategi pemasaran bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, Kamu juga harus bisa membuat iklan yang menarik guna mendapatkan atensi yang lebih dari target konsumen.

3. Menggunakan Email Marketing

Strategi lain yang bisa diterapkan untuk pemasaran online UMKM adalah dengan email marketing. Apakah Kamu pernah mendengar tentang strategi ini sebelumnya?

Nah, email marketing adalah promosi yang dilakukan dengan cara mengirimkan konten promosi ke email dari target konsumen. Seiring dengan penggunaan smartphone yang cenderung terus berkembang dan masif saat ini, email menjadi sesuatu yang pasti dimiliki oleh pengguna. Artinya, intensitas untuk membuka email juga cenderung lebih tinggi daripada medio sebelumnya.

Bisa dikatakan cara ini adalah salah satu langkah direct yang bisa dilakukan. Tentu, email marketing bisa menjadi cara yang efektif untuk dilakukan jika Kamu bisa membuat konten promosi yang tepat. Tentu saja, sebelumnya, Kamu juga harus berusaha menghimpun alamat email target konsumen untuk memulai promosi dengan masif.

4. Menggunakan Situs dan Platform Penyedia Iklan

Hal lain yang juga bisa dijadikan penunjang untuk memasarkan produk serta usaha UMKM secara online adalah dengan menggunakan situs dan platform yang menyediakan iklan. Strategi ini cukup efektif digunakan seiring dengan pengguna platform yang cukup banyak.

Contoh dari strategi ini adalah dengan menggunakan beberapa layanan iklan, seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan lainnya. Tentu saja, Kamu memerlukan biaya untuk memulai iklan dengan layanan tersebut.

Di sisi lain Kamu juga bisa memulai promosi dengan menggunakan jasa iklan dari publik figure atau endorse. Dengan konsep yang tepat dan pemilihan publik figur yang pas, cara ini juga cukup efektif untuk menjangkau target konsumen.

Beberapa langkah di atas bisa menjadi strategi bagaimana Kamu bisa memulai pemasaran online UMKM. Tentu, nikmati proses memulai pemasaran online sambil terus melakukan inovasi agar UMKM yang Kamu kelola bisa bertumbuh dan terus menghasilkan keuntungan sebagaimana diinginkan.

Deskripsi: pemasaran online UMKM adalah langkah yang tepat untuk menjaga eksistensi bisnis. Seiring pasar online bertumbuh, inovasi dengan memanfaatkan platform online harus dilakukan.