Di zaman yang sudah modern seperti sekarang ini, masih banyak orang yang memilih jalan sesat untuk mendapat kekayaan dalam waktu singkat. Mereka menghalalkan segala cara, bahkan sampai berani bersekutu dengan setan, dan melakukan hal-hal yang di luar batas kewajaran.

Padahal biar cepat kaya, sebenarnya kamu nggak perlu melakukan hal-hal yang nggak masuk akal. Berikut merupakan beberapa trik cepat jadi orang kaya, dan hidup jadi lebih tentram.

  1. Memangkas Pengeluaran

Coba evaluasi kembali pengeluaran kamu per bulan, barangkali ada pengeluaran yang bisa dipangkas, atau bahkan dihilangkan. Ini berlaku bukan hanya saat kamu akan merencanakan keuangan, tapi evaluasi rutin harus dilakukan untuk melakukan perbaikan dari pengaturan keuangan kamu di bulan ini.

Pengeluaran yang sebaiknya segera dipangkas umumnya bersifat konsumtif, dan tidak berhubungan langsung dengan peningkatan income per bulan. Misalnya, biaya berlangganan TV Kabel padahal kamu jarang menonton TV, paket data internet, biaya hangout, dan lainnya.

  1. Hindari Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit memang memudahkan saat kita berbelanja. Namun tidak jarang karena tidak diimbangi dengan kedewasaan dalam bertransaksi, akhirnya kita lepas kendali. Alih-alih berhemat, kartu kredit yang disalahgunakan malah akan menjerumuskan kita ke dalam beban hutang yang lebih besar.

Agar kamu cepat jadi orang kaya, salah satu trik yang harus dilakukan adalah, menyimpan uang sebanyak mungkin dengan cara mengurangi hutang dan belanja dengan efektif. Kartu kredit jelas jadi hambatan besar, dan jadi salah satu produk yang harus kamu buang.

  1. Gunakan Yang Sudah Ada

Jangan tergoda membeli produk yang fungsinya masih bisa dicover oleh alat yang kamu miliki. Misalnya, jika kebutuhanmu masih bisa dicover oleh kendaraan lama, jangan tergoda membeli kendaraan baru. Hal ini berlaku untuk produk lainnya, seperti gadget, atau barang lainnya.

Intinya, sebelum membeli produk baru, kamu harus mengembalikan semuanya kepada prinsip ‘butuh atau tidak butuh’, kemudian lanjutkan dengan prinsip,’mendesak atau tidak mendesak’, dan ‘bisa digantikan atau tidak bisa digantikan’.

  1. Ambil Resiko Dengan Investasi

Prinsip dasar investasi sebenarnya simple, high risk high return. Artinya, semakin besar resiko dari produk investasi tersebut, maka potensi keuntungannya pun akan semakin besar. Inilah alasan kenapa agar cepat jadi orang kaya, kamu harus berani mengambil resiko dengan berinvestasi.

Tapi ingat, berani ambil resiko bukan berarti tanpa perhitungan. Justru sebaliknya, kamu harus berani mengambil resiko jika semuanya sudah diperhitungkan dengan matang. Misalnya saham. Kamu tahu investasi ini sangat beresiko, maka pelajari dulu seluk beluk investasi saham sebelum mengambilnya.

  1. Simpan Uang Dengan Cerdas

Rumus utama cepat kaya adalah, kamu harus bisa menyimpan uang dengan cerdas. Misalnya, menyimpan uang di bank merupakan pilihan bijak jika dibandingkan dengan menyimpan uang di rumah. Tapi pilihan tersebut belum bisa disebut cerdas karena uang tersebut nilainya bisa tergerus inflasi.

Untuk mengamankan uang dari inflasi, kamu bisa menyimpannya dalam bentuk emas atau deposito berjangka. Ini pilihan yang aman dan menguntungkan, mengingat kedua instrumen investasi tersebut bisa mendatangkan untung yang cukup tinggi jika disimpan dalam waktu yang lama.

Yang paling penting dari semua hal di atas, agar cepat jadi orang kaya membutuhkan usaha dan perhitungan yang cermat. Jangan lupa untuk selalu bersyukur karena itulah inti dari kekayaan dan kenyamanan hidup yang sesungguhnya.