Umroh merupakan salah satu ibadah yang membutuhkan banyak modal. Namun bukan berarti tidak mampu kita jangkau, sebagai umat Islam kita dituntut untuk berusaha menjalankan ibadah secara maksimal, salah satunya menabung.

Biaya untuk Umroh sendiri sebenarnya tidak terlalu mahal, masih berada di kisaran 15-30 jutaan. Untuk memenuhi biaya tersebut, kamu bisa mengikuti beberapa trik berikut ini.

  1. Survey Agen Umroh

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah, mengumpulkan informasi berapa biaya yang dibutuhkan untuk membiayai perjalanan umroh kamu. Untuk mengetahui informasi ini, kamu bisa mendatangi agen umroh terdekat, atau bisa juga dengan melihat informasi di website resminya.

Setelah mengetahui berapa jumlah biaya yang dibutuhkan, saatnya kamu mulai menentukan strategi untuk menabung. Tapi ingat, di fase awal ini kamu hanya survey mengenai harga, bukan melakukan pendaftaran atau melakukan booking.

  1. Mulai Tentukan Skema Menabung

Kamu sudah tahu kan biaya yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan umrah? Nah sekarang mulai tentukan skema untuk menabungnya. Misal, jika biaya perjalanan umroh yang ditawarkan sebesar 25 juta, maka kamu harus menyiapkan dana setidaknya 30 jutaan.

Kelebihan dana ini dimaksudkan untuk menutupi biaya lainnya yang tidak ditanggung oleh pihak agen perjalanan, misalnya biaya untuk membeli oleh-oleh dan lainnya. 

Nah, untuk mendapatkan dana tersebut, kamu bisa menyisihkan uang sekitar 850 ribuan per bulan, dengan target tiga tahun sudah berangkat umroh. Bagaimana, ternyata tidak menghabiskan banyak uang bukan? Bahkan lebih murah dari biaya kredit motor matic bongsor.

  1. Disimpan Dimana?

Untuk masalah ini, sebenarnya tergantung dari sikap kamu juga. Jika kamu termasuk orang yang disiplin, tertib dan rapi, menyimpan sendiri uang tersebut di rumah bisa jadi solusi praktis. Tapi resikonya, uang tersebut bisa saja hilang atau nilainya berkurang karena inflasi.

Jika disimpan di bank dalam bentuk tabungan reguler, uang yang kamu simpan memang lebih aman, tapi nilainya beresiko berkurang. Selain itu, ada biaya admin yang harus kamu bayarkan per bulan.

Dibandingkan dengan kedua metode tersebut, menabung uang dalam bentuk emas merupakan cara terbaik yang bisa kamu ambil. Selain mudah dan aman, emas pun lebih tahan terhadap inflasi, bahkan bisa jadi alat investasi yang bisa membuat kamu lebih cepat berangkat umroh.

  1. Cara Menyimpan Emas

Buat kamu yang masih bingung cara menyimpan uang dalam bentuk emas, sebenarnya mudah. Tiap bulan cobalah menyisihkan uang untuk membeli satu gram emas. Setelah itu, kembali kepada pribadi kamu sendiri. Emasnya bisa disimpan di bank atau pegadaian, atau bisa juga disimpan di rumah.

Resikonya sama seperti menyimpan uang di bank atau di rumah. Tapi seperti disebutkan di atas, emas lebih disarankan karena lebih tahan dengan inflasi. Kelebihan lainnya, emas sangat mudah diuangkan sehingga saat ingin berangkat, kamu bisa langsung menjualnya.

  1. Buka Rekening Khusus Umroh

Sebagai alternatif, kamu pun bisa membuka rekening khusus untuk umroh. Sekarang ini banyak bank syariah yang menawarkan produk tabungan khusus untuk umroh dan haji. Cobalah untuk mengunjungi bank-bank syariah, dan kumpulkan informasi tentang produk tabungan tersebut.

Trik lainnya, kamu bisa menabung di perusahaan travel umroh. Cara ini jauh lebih mudah, dan biasanya perusahaan tersebut akan memberikan lebih banyak fasilitas tambahan buat kamu. Tapi ingat, resikonya juga sangat tinggi karena bisa saja uang yang kamu simpan akan ‘digelapkan’.

Makanya, jika ingin mengambil opsi ini, pastikan perusahaan travel yang kamu tunjuk sudah terpercaya dan dapat menjamin keberangkatan kamu. Bagaimana, sudah punya gambaran langkah seperti apa yang akan kamu ambil? Yuk mulai menabung untuk umroh.