Bisa dikatakan jika HP –atau smartphone, kini sudah menjadi salah satu kebutuhan penting masyarakat, terutama generasi millennial. Jika dilihat, kehidupan masyarakat saat ini tidak bisa dilepaskan dari penggunaan HP. Hampir di setiap tempat dan setiap waktu ditemukan orang-orang yang asyik mengoperasikan HP mereka.

Di sisi lain persebaran HP semakin masif karena banyaknya produk HP baru yang diproduksi dan menawarkan spesifikasi yang begitu menarik. Oleh karenanya, banyak masyarakat yang ingin mengganti HP lama mereka dengan HP baru yang lebih menarik dan lebih canggih.

Gayung bersambut dengan adanya sistem kredit HP yang ditawarkan. Dengan sistem ini, pengguna bisa mendapatkan HP terbaru yang mereka inginkan dengan lebih mudah tanpa harus keluar uang yang lebih banyak sebagaimana ketika mereka membeli secara cash.

Hanya saja, perlu diketahui bahwa skema kredit akan membuat Kamu memiliki cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan. Oleh karenanya, sebelum Kamu memutuskan untuk mengambil kredit HP, ada beberapa tips penting yang perlu diketahui sebelumnya. Apa saja tips tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

Ragam Tips Penting Untuk Dipertimbangkan Sebelum Kredit HP

Memang, secara umum, besaran cicilan untuk kredit HP cenderung lebih kecil dibandingkan dengan cicilan kredit lain seperti kendaraan atau furniture. Namun, tetap saja tanpa perhitungan yang matang, meskipun nominal cicilan tidak terlalu besar, hal tersebut bisa menjadi sebab masalah keuangan di kemudian hari.

Nah, beberapa tips penting yang sebaiknya diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli HP baru secara kredit adalah sebagai berikut:

  1. Mengecek Harga dan Spesifikasi Lengkap HP

Sebelum memutuskan untuk mengambil kredit HP, maka Kamu harus melihat spesifikasi lengkap dari produk HP yang Kamu inginkan. Hal ini penting karena spesifikasi HP akan berpengaruh pada performa device secara umum. Tentu, HP yang canggih adalah device yang memiliki spesifikasi yang lebih unggul.

Selain spesifikasi, Kamu juga harus mengecek harga. Memang, ada korelasi antara spesifikasi dan harga. Semakin tinggi spesifikasi, maka harga juga akan semakin tinggi. Hanya saja, harga juga berpengaruh pada skema kredit yang akan dijalankan.

Dalam hal ini, semakin tinggi harga HP yang Kamu inginkan, maka cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan pun akan semakin tinggi pula. Oleh karenanya, pastikan jika harga dari HP serta besaran cicilan masih bisa ditutup dengan pemasukan yang didapatkan.

2. Perhatikan Bunga Cicilan

Tidak dimungkiri memang bahwa umumnya ada bunga yang ditambahkan dari besaran cicilan kredit HP yang Kamu pilih. Besaran bunga tersebut memang tergantung dari peraturan toko ataupun lembaga finansial yang menjadi mitra untuk penyelenggaraan kredit tersebut.

Namun, dengan adanya bunga tersebut, maka Kamu harus bersiap untuk mendapatkan harga HP kredit yang cenderung lebih mahal daripada pembelian secara cash. Selain itu, ada baiknya jika Kamu memilih penyedia kredit yang menawarkan bunga lebih rendah.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah berusaha mencari kredit HP yang tidak membebankan bunga. Memang, saat ini belum banyak tersedia lembaga yang menyediakan konsep tersebut. Namun, ada beberapa lembaga finansial Islam yang menawarkan kredit tanpa bunga.

3. Perhatikan Tenor Cicilan

Selain bunga dan besaran cicilan secara umum, hal lain yang perlu diperhatikan saat hendak mengajukan kredit HP adalah memperhatikan tenor yang dipilih. Tenor adalah jangka waktu kredit akan berlangsung. Tentu, ada pembatasan waktu kredit untuk pelunasan.

Nah, dalam hal ini, berusahalah untuk tidak mengambil tenor yang paling panjang. Memang, semakin lama tenor, maka besaran cicilan yang harus dibayarkan per bulan akan semakin ringan. Hanya saja, jika dijumlah, Kamu akan mendapatkan harga HP yang semakin mahal daripada cicilan dengan tenor yang lebih pendek.

Dalam hal ini, jika kondisi finansial Kamu cukup stabil, ada baiknya jika Kamu memilih tenor yang cenderung pendek. Selain total harga yang lebih rendah, kredit juga bisa dilunasi dalam waktu yang lebih cepat.

4. Denda Untuk Keterlambatan

Dalam pengajuan kredit HP, bisa jadi pihak toko atau lembaga finansial untuk pembiayaan menetapkan denda untuk setiap keterlambatan. Adanya denda ini memang pada dasarnya untuk memberikan penekanan bagi konsumen agar membayar cicilan tepat waktu.

Meskipun tidak ada niat untuk telat dalam membayar tagihan, ada baiknya jika Kamu mengetahui besaran dan detail denda untuk setiap keterlambatan. Dengan pemahaman ini nantinya Kamu bisa berjaga-jaga agar pembayaran cicilan senantiasa lancar sehingga tidak ada denda yang perlu dibayarkan.

Nah, beberapa hal di atas adalah tips yang perlu dipahami sebelum Kamu memutuskan untuk kredit HP. Sebagai tambahan, ada baiknya jika Kamu mengajukan kredit ke lembaga yang sudah terpercaya dan kredibel. Hal ini juga penting guna meminimalkan adanya permasalahan selama kredit termasuk adanya penipuan yang tentu saja bisa sangat merugikan. Semoga bermanfaat.