Penggunaan kartu kredit bisa dikatakan menjadi salah satu gaya hidup saat ini. Banyak orang-orang modern bergantung pada kartu kredit untuk urusan transaksi mereka. Bahkan, kartu kredit juga disebut sebagai kartu sakti karena memungkinkan para pengguna untuk melakukan transaksi meskipun dana yang ia miliki belum memadai.

Seperti namanya, kartu kredit memang menggunakan konsep kredit. Artinya, pengguna berkesempatan mendapatkan limit pembiayaan untuk transaksi yang mereka lakukan kemudian melakukan pembayaran kartu kredit di akhir bulan. Tidak hanya itu, bahkan ada level pembayaran minimal yang diberikan jika pada akhir bulan pengguna tidak bisa membayar tagihan secara penuh.

Sekilas, menggunakan kartu kredit tampak mengasyikkan dan memudahkan transaksi. Hanya saja, jika kemudahan ini tidak digunakan dengan bijak, kartu kredit bisa menjadi sumber dari masalah keuangan yang cukup serius. Oleh karenanya, jika kamu ingin menggunakan kartu kredit pertama kali, ada beberapa tips penting yang perlu dipahami sebagai pemula.

Ragam Tips Menggunakan Kartu Kredit Untuk Transaksi Bagi Pemula

Kenapa mengetahui tips untuk memakai kartu kredit dalam transaksi penting untuk dilakukan? Tentu, tujuan utamanya adalah agar kamu tidak terjebak dengan gaya hidup hedonis yang melakukan banyak transaksi meskipun tidak penting berkat kemudahan yang didapatkan. Selain itu, tips tersebut juga penting untuk menghindarkan kamu dari tagihan pembayaran yang membengkak.

Nah, bagi pemula, ada beberapa tips yang sebenarnya cukup simple untuk menggunakan kartu kredit dengan lebih bijak. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pilih Kartu Kredit Sesuai Dengan Kebutuhan

Saat ini, ada cukup banyak bank dan lembaga finansial lainnya yang menyediakan produk kartu kredit. Sebagai pengguna, tentu kamu akan cenderung lebih leluasa untuk memilih mana produk kartu kredit yang diinginkan.

Nah, salah satu tips mendasar yang cukup penting di sini adalah pilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Ada beberapa produk kartu kredit yang memiliki spesifikasi yang cenderung berbeda, entah yang cocok untuk belanja kebutuhan sehari-hari, kartu kredit untuk traveling, dan lainnya.

Mempertimbangkan jenis kartu kredit ini tentu cukup penting dilakukan. Dengan pemilihan jenis kartu kredit yang tepat, tentu saja kamu akan mendapatkan keuntungan yang maksimal dari fasilitas kartu kredit yang disediakan.

2. Hindari Menggunakan Beberapa Kartu Kredit Sekaligus

Terkadang, kemudahan yang ditawarkan dalam penggunaan kartu kredit membutakan orang untuk menggunakannya. Banyak pengguna yang menggunakan beberapa kartu kredit sekaligus. Kebanyakan dari mereka berpendapat bahwa semakin banyak kartu kredit maka ia akan lebih mudah berbelanja apa yang diinginkan.

Padahal, apa yang terjadi sebenarnya adalah sebaliknya. Terlalu banyak kartu kredit hanya akan membuat pengguna semakin boros. Godaan untuk bertransaksi akan semakin besar, terutama dengan iming-iming promo yang ditawarkan. Akibatnya, tagihan di akhir bulan akan meningkat dan seringkali hal ini menjadi sumber masalah keuangan.

3. Menutup Kartu Kredit yang Tidak Digunakan

Jika sebelumnya kamu kadung menggunakan beberapa kartu kredit untuk bertransaksi, maka ada baiknya jika kamu segera menutup kartu kredit yang tidak digunakan. Perlu diketahui bahwa ketika menggunakan kartu kredit, kamu harus memahami adanya biaya iuran tahunan yang harus dibayarkan.

Nah, jika kamu memiliki kartu kredit dan tidak digunakan, bukan berarti bahwa kamu bebas dari kewajiban membayar iuran tersebut. Tentu, sangat merugikan bukan jika kamu hanya membayar iuran sementara tidak menikmati fasilitas dari kartu kredit tersebut?

Untuk menutup kartu kredit yang tidak digunakan, kamu harus mengikuti prosedur dari bank atau lembaga finansial terkait. Selain itu, pastikan jika tidak ada tagihan yang tertunda dari kartu kredit yang tidak digunakan tersebut.

4. Sesuaikan Limit Dengan Kebutuhan

Secara umum, bank atau lembaga finansial yang menerbitkan kartu kredit menawarkan besaran limit sekitar 2 hingga 3 kali dari jumlah gaji bulanan. Jumlah ini tentu sangat menarik dan memberikan kebebasan bertransaksi yang lebih luas. Misalnya saja, ketika kamu memiliki gaji sebesar 5 juta per bulan, maka kamu bisa mendapatkan limit transaksi hingga 15 juta.

Hanya saja, meskipun ada kemudahan dan limit yang besar, tentu bukan berarti kamu bisa seenaknya mengajukan limit maksimal tanpa pertimbangan dan perhitungan yang matang. Dalam hal ini, ada baiknya jika kamu mengambil limit sesuai kebutuhan agar beban pembayaran tidak terlalu besar.

5. Gunakan Untuk Transaksi yang Bisa Dibayar

Tips lain yang cukup krusial untuk dipahami dalam penggunaan kartu kredit terutama untuk pemula adalah gunakan kartu kredit untuk membayar transaksi yang sebenarnya bisa dibayar. Jika dilihat dengan lebih detail, fungsi kartu kredit adalah alat pembayaran dan bukan kartu utang. Oleh karenanya, seharusnya transaksi yang dilakukan adalah transaksi yang sebenarnya bisa dibayar langsung.

Beberapa tips di atas bisa menjadi pertimbangan ketika kamu hendak menggunakan kartu kredit. Tentu, meskipun memberikan banyak kemudahan, penggunaan kartu kredit harus diaplikasikan dengan bijak guna menghindari kerugian yang tidak diinginkan.