Memiliki hobi memasak, nampaknya bukan lagi menjadi sekedar hobi loh. Karena dengan kepandaian memasak ini Kamu bisa mencoba memanfaatkannya agar bisa menambah penghasilan. Berbagai ide usaha bisa dijalankan mulai dari usaha rumahan hingga bisnis restoran. 

Bisnis di bidang kuliner memang diakui ramai akan pembeli, sebab setiap orang membutuhkan asupan setiap harinya. Apalagi jika makanan yang Kamu jual memiliki keunikan tersendiri yang dipadukan dengan citarasa lezat dan pasti bikin nagih. 

Beberapa hal yang tentunya harus Kamu miliki ketika ingin memulai usaha ini adalah passion memasak yang baik, fasilitas memasak yang memadai serta bahan-bahan makanan untuk membuat masakan. Apabila Kamu berminat menjalankan usaha kuliner, ada beberapa tips menarik yang harus Kamu perhatikan baik-baik. Berikut ulasannya untuk Kamu:

  1. Lakukan Survei 

Hal yang utama dan paling pertama dan utama harus Kamu lakukan adalah melakukan survei. Bahkan tidak hanya ketika akan membuka bisnis kuliner saja tetapi juga saat akan memulai bisnis di bidang lainnya. 

Survei dilakukan untuk menentukan harga sesuai dengan pasaran, mengetahui bagaimana persaingan usaha kuliner di pasaran dan juga apa yang menjadi minat masyarakat. Tidak hanya itu, Kamu juga harus memilih menu masakan yang sesuai dengan tempat Kamu akan memulai usaha. 

Setelah semuanya dilakukan, pasti deh Kamu akan lebih mudah merencanakan bagaimana bisnis Kamu ke depan dan juga sudah memiliki gambaran yang lebih jelas. Jangan sampai, karena Kamumelewatkan kunci sukses satu ini membuat Kamu kemudian salah langkah. 

  1. Lokasi Usaha 

Untuk Kamu yang hendak membuka warung makan, maka menentukan lokasi yang tepat adalah kunci penting. Tidakk harus menyewa atau membeli ruko, Kamu juga bisa memanfaatkan halaman rumah yang kosong. 

Hanya saja, Kamu perlu memastikan bahwa lokasi tersebut memiliki jangkauan yang mudah dan banyak diketahui orang. Hal ini berkaitan dengan kelangsungan usaha kuliner Kamu nantinya akan ramai atau tidak. 

Lokasi yang strategis dan didukung dengan etalase serta meja untuk menaruh makanan dalam kondisi bagus tentu akan membuat usahamu semakin maju. Pastikan lokasi yang Kamu pilih juga mampu menampung banyak pengunjung dan pastikan tempat tersebut juga nyaman. 

  1. Perlengkapan Usaha 

Setelah lokasi usaha ditentukan, selanjutnya Kamu harus menyiapkan perlengkapan lainnya seperti piring, sendok, cangkir, garpu dan peralatan masak lainnya. Segala peralatan yang disediakan sebaiknya memiliki jumlah yang memadai. Jangan sampai ketika pengunjung datang peralatan makannya habis sedang dipakai oleh pelanggan lain. 

  1. Pilih menu 

Menu makanan yang menarik menjadi salah satu daya pikat tersendiri bagi para pembeli. Untuk itulah Kamu harus menentukan menu makanan yang tepat untuk usaha warungmu. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan ketika akan memilih menu, diantaranya yaitu:

  • Minat masyarakat adalah salah satu faktor yang harus Kamu perhatikan. Pasalnya ketika makanan yang Kamu jual kurang diminati maka otomatis pembelinya pun akan berkurang. 
  • Sajikan beragam variasi menu agar pembeli bisa dengan leluasa memilih sesuai dengan selera masing-masing. Misalnya saja sediakan berbagai jenis sayuran, lauk dan menu lainnya. 
  1. Bahan Baku 

Bahan baku yang akan digunakan untuk membuat menu masakan utama warungmu juga harus di cek ketersediaannya. Nah, agar pengeluaran Kamu lebih hemat untuk bahan baku maka jalinlah kerjasama yang baik dengan supplier sayuran dan juga sembako.  Selain harga lebih rendah dibanding di pasaran, Kamu juga akan lebih dimudahkan. 

Apabila tidak, Kamu bisa menggunakan cara lain yakni dengan berbelanja langsung ke pasar untuk memastikan rasa serta kualitas terjamin. Kamu juga harus memilih bahan baku yang dalam keadaan baik. Jangan sampai karena hanya ingin mendapatkan keuntungan yang besar Kamu kemudian mengabaikan rasa. 

  1. Cari Pengalaman

Mayoritas dari para pengusaha kuliner pernah menjadi karyawan pada sebuah usaha katering lainnya. Berawal dari pengalamannya menjadi karyawan bisa mendatangkan keuntungan buat Kamudan yang pasti keuntungan ini tidak dimiliki oleh banyak orang. 

Berangkat dari menjadi karyawan Kamu bisa mengetahui bagaimana rantai konsumsi berjalan. Bagaimana pengelolaan uang dalam sebuah usaha kuliner. Tidak sampai disini saja, Kamu juga akan mengetahui bagaimana cara melayani konsumen dengan baik. Semua hal tersebut tidak akan Kamudapatkan jika sebelumnya Kaamu belum pernah terjun di usaha yang sama dengan yang akan Kamurintis. 

  1. Mental dan Tenaga 

Tips sukses berikutnya yang tidak kalah penting adalah menyiapkan mental serta tenaga yang memadai untuk memulai sebuah usaha. Sebab, nantinya selama usaha Kamu dijalankan pastinya akan ada saja cobaan baik berupa cemoohan dari konsumen, komplain atau bisa juga dikarenakan harga bahan pokok yang melonjak. 

Di saat-saat seperti inilah mental serta tenaga Kamu sangat dibutuhkan. Kamu harus bisa menyelesaikan masalah-masalah yang datang dengan baik dan bijak. Jangan sampai ketidaksukaan salah satu konsumen akan menular kepada konsumen lainnya. 

7 tips sukses diatas harus Kamu lakukan agar usaha kuliner yang akan Kamu rintis sukses dan berhasil. Selamat mencoba dan semoga usaha kuliner yang berangkat dari hobi ini bisa menambah penghasilanmu.