Mencari ide untuk sebuah usaha yang  akan dirilis memang bukanlah hal yang sulit, sebab ide itu bisa muncul dari mana saja. Namun, bukankah lebih menggembirakan jika usaha yang akan Kamu jalankan datang dari hobimu sendiri?

Bagaimana tidak, Kamu bisa terus menyalurkan hobimu sembari mendapatkan penghasilan dari hobi tersebut. Padahal kebanyakan orang justru akan rela mengeluarkan penghasilannya demi menyalurkan hobi. 

Nah, hal ini berlaku bagi Kamu yang memiliki hobi memasak karena suatu kebanggaan tersendiri jika bisa menghasilkan makanan yang banyak disukai. Apalagi bisa menghasilkan karya-karya masakan yang bervariatif dan bisa mengreasikannya sendiri. 

Memang, banyak yang bilang bahwa tidak ada yang lebih berharga dibanding dengan Kamu memasak dan saat orang-orang mencicipinya kemudian menyukainya. Terlebih jika mereka sampai nambah, itu sangat-sangat menyenangkan kan?

Ngomong-ngomong, Kamu yang memiliki hobi memasak pengen nggak sih membuka usaha yang sesuai hobimu? Sebab, ada banyak sekali ide untuk usaha di bidang makanan yang tentunya mampu menambahkan penghasilan Kamu. Berikut ide-ide usaha terkait dengan makanan:

  1. Katering 

Ide usaha makanan yang pertama adalah usaha katering, terlebih jika Kamu tinggal di daerah perkotaan, yang mana orang-orangnya sibuk dengan dunia bisnis. Dengan adanya usaha katering Kamu ini tentunya sangat membantu mereka, terutama ketika ada acara-acara penting. 

Dalam sebuah acara, tidak bisa dipungkiri bahwa biaya terbesar akan masuk ke makanan. Kendati demikian, saingan untuk usaha ini memang tidak sedikit. Jadi, Kamu harus pandai-pandai bermainharga serta mengkreasikan makanan yang Kamu jual menjadi lebih menarik dan tentunya dari segi rasa juga tidak boleh kalah. 

  1. Katering Diet 

Selain katering makanan biasa untuk event-event, Kamu juga bisa membuka usaha katering khusus untuk orang-orang yang sedang menjalankan diet. Meskipun sedikit lebih ribet, karena setiap takaran serta bahan makanannya harus betul-betul diperhatikan termasuk juga dari segi cara memasaknya. 

Usaha katering diet ini banyak dicari di era modern ini, sebab banyak yang sibuk bekerja termasuk juga para ibu. Setelah lelah seharian bekerja, pasti ibu-ibu ini tidak sempat memasak untuk keluarganya. 

Solusi terbaik memang dengan menggunakan jasa katering ini. akan tetapi, banyak ibu-ibu yang kemudian berpikir ulang masalah kesehatan dari makanan yang dipesan tersebut. Maka dari itu, katering sehat ini kemudian menjadi jawaban atas makanan yang mengenyangkan juga menyehatkan. 

Berbekal pengetahuan yang luas mengenai makanan yang sehat dan cara pengolahan yang benar, Kamu sudah bisa membuka katering khusus untuk diet. Perlu diketahui, bahwa usaha katering dengan menu makanan yang biasa memang sudah lumayan menjamur. Kini saatnya Kamu hadir dengan usaha katering yang unik yakni katering diet. 

  1. Katering Bento

Bisnis katering bagi Kamu yang hobi memasak memang menjadi peluang yang cukup tinggi. Karena kepandaian dalam mengolah bahan makanan menjadi sajian lezat adalah kemampuan yang tidak semua orang bisa lakukan. 

Katering berikutnya yang bisa Kamu pilih sebagai usaha adalah katering bento. Katering yang satu ini sangat menjanjikan loh, sebab jangkauan pelanggannya lebih luas mulai dari mahasiswa, ibu-ibu sibuk, karyawan hingga para eksekutif muda. 

Jika Kamu tertarik untuk menggeluti dunia bisnis yang satu ini, mulailah dengan cara membuat contohnya terlebih dahulu kemudian di foto. Setelah itu bisa langsung Kamu promosikan melalui berbagai media atau ke teman-teman serta kerabat dekatmu. 

Kamu juga bisa menawarkan kepada orang tua yang sedang menunggu anak-anaknya di sekolah. Dengan kemasan dan sajian yang dibuat semenarik mungkin pasti tidak ada yang nolak deh kalo ditawarin bento ini. 

  1. Kursus Memasak 

Meskipun kodrat wanita erat dikaitkan dengan kegiatan masak-memasak, akan tetapi tidak jarang pula yang ternyata tidak bisa memasak dan lebih sering membeli makanan. Tragedi semacam ini adalah peluang besar bagi Kamu yang memiliki hobi memasak. 

Pasalnya Kamu bisa membuka kelas kursus memasak yang bisa diikuti siapa saja baik wanita maupun pria. Karena banyak pula para pria yang memiliki minat memasak dan ingin mendalaminya. 

Meskipun usaha semacam ini belum banyak dibuka karena dianggap rendah peminat. Tetapi, jika Kamu memanfaatkan peluang ini untuk sementara justru bisa saja Kamu akan menjadi pionirnya kan?

  1. Food Truck 

Ide usaha berkaitan dengan makanan yang bisa menjadi pilihan adalah food truck, apalagi usaha yang satu ini belum banyak diketahui karena memang merupakan adopsi dari negara maju. Untuk jenis makanan yang dijual di food truck ini beragam dan bisa disesuaikan dengan keinginan Kamu. 

Keunggulan lain jika Kamu berjualan makanan menggunakan food truck adalah bisa berjualan dimana saja agar mampu menjangkau lebih banyak pelanggan. Sebab, seperti namanya, food truck ini adalah usaha jualan makanan menggunakan gerbng truck. 

Kendati demikian, modal yang Kamu keluarkan untuk memulai usaha satu ini memang akan merogoh kocek cukup dalam. Bahkan bisa mencapai ratusan juta, tapi jika dengan modal banyak Kamu bisa mengembalikan modal dalam waktu singkat kenapa tidak?

Bagi Kamu yang memiliki hobi serta passion di bidang masak, jangan sampai melewatkan peluang emas ini begitu saja. Kamu bisa memilih salah satu ide diatas untuk menambah penghasilan sekaligus menyalurkan hobi.