Hutang merupakan salah satu beban keuangan yang seharusnya bisa dihindari. Namun jika kamu sudah terlanjur masuk dalam jeratan hutang, mau tidak mau mulai sekarang harus mulai berani menyusun rencana untuk segera melunasinya.

Tapi bagaimana caranya? Berikut merupakan beberapa tips keuangan yang bisa kamu ikuti gara bisa lebih cepat melunasi hutang, sekaligus mengantarkan kamu ke gerbang merdeka finansial.

  1. Catat Arus Kas

Jika ingin cepat melunasi semua hutang yang kamu miliki, mencatat arus kas merupakan salah satu hal pertama yang wajib dilakukan. Fungsinya bukan hanya untuk mencatat pemasukan, namun mencatat arus kas pun berfungsi untuk mengetahui alur uang yang kamu gunakan.

Setelah tahu alur keluar masuk keuangan, kamu kini bisa lebih mudah melakukan evaluasi sektor mana yang harus dibenahi. Misalnya dengan pemasukan yang minim, kamu akan ‘dipaksa’ untuk mengencangkan ikat pinggang dengan memangkas pengeluaran yang tidak terlalu penting.

  1. Pakai Kartu Kredit Secara Tertib

Jika digunakan secara bijak, kartu kredit sebenarnya bisa menghindarkan, atau bahkan membantu kamu agar lebih cepat melunasi hutang. Dengan menggunakan kartu kredit, kamu bisa mengetahui pola belanja yang selama ini dilakukan, sehingga belanja pun jadi lebih efektif.

Tidak hanya itu, kartu kredit pun umumnya menawarkan berbagai promo menarik, mulai dari diskon atau potongan harga, cashback, hingga cicilan dengan bunga 0%. Manfaat lainnya, kartu kredit pun bisa dijadikan sebagai pinjaman darurat saat kamu butuh dana cepat.

  1. Biasakan Belanja Cash

Jika kamu termasuk orang dengan kategori sulit mengendalikan nafsu belanja saat bersentuhan dengan kartu kredit, maka solusinya adalah, mulailah membiasakan diri belanja menggunakan uang cash. Agar lebih hemat, kamu bisa belanja secara eceran di warung tetangga.

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari membiasakan diri belanja menggunakan uang cash, mulai dari berkesempatan menabung receh dari uang kembalian, belanja lebih fokus, dan yang paling penting, roda ekonomi di daerahmu bisa terus berputar.

  1. Selesaikan Sesuai Tingkat prioritas

Coba data kembali hutang yang kamu miliki, kemudian bagi semua hutang tersebut sesuai dengan skala prioritas. Jika ada hutang yang bisa ditangguhkan, dengan bunga yang ringan, sebaiknya tangguhkan dulu dan prioritaskan untuk melunasi hutang dalam kategori prioritas utama.

Agar lebih cepat melunasi hutang prioritas utama, kamu bisa mengalokasikan dana maksimal dari total pendapatan kamu, atau jika memungkinkan jual semua aset yang tidak terlalu dibutuhkan, atau aset yang masuk dalam kategori konsumtif, seperti TV, konsol game, dan lainnya.

  1. Gunakan Hutang Dengan Bijak

Sebenarnya trik ini tidak terlalu direkomendasikan, tapi bisa ambil jika terpaksa. Kamu bisa mengajukan pinjaman kembali untuk melunasi hutang lainnya. Tujuannya, agar kamu bisa lebih fokus kepada satu hutang, sehingga tidak terlalu pusing dengan jumlah tagihan yang banyak.

Trik ini pun bisa digunakan jika jumlah cicilan yang harus dibayarkan mencapai 30 persen dari total pendapatan per bulan. Dengan tenor yang lebih panjang, jumlah cicilan pasti akan jadi lebih kecil, sehingga tagihan yang harus dibayar pun bisa jadi lebih ringan.

Terlepas dari cara cepat melunasi hutang di atas, hutang pada dasarnya hal lumrah dan tidak terlarang. Namun pastikan hutang tersebut digunakan untuk keperluan produktif.