Tabungan haji adalah sebuah cara mengumpulkan dana dengan Syariah bagi mereka yang ingin pergi Haji namun terkendala oleh dana yang tidak cukup.

Ada banyak sekali penawaran tabungan haji syariah yang bisa Kamu pakai untuk pergi haji. Karena seperti yang kita tahu bahwa haji merupakan keinginan dan cita-cita kita umat muslim.

Karena selain menjadi rukun Islam, Haji ini wajib dipenuhi oleh mereka yang mampu secara jasmani, rohani, dan materiil.

Namun yang menjadi masalah di sini adalah masa antrian keberangkatan haji reguler di Indonesia sudah sangat panjang, yaitu 15-20 tahun.

Tabungan Haji Terbaik

Nah, 15-20 tahun merupakan waktu yang panjang untuk mempersiapkan atau mengumpulkan uang untuk naik Haji.

Untuk membantu masyarakat sehingga bisa mewujudkan kewajiban tersebut, beberapa bank menawarkan produk tabungan Haji untuk mengumpulkan dana naik Haji.

Apa sajakah bank yang menyediakan tabungan haji ini? Nah, bagi Kamu yang sedang mempersiapkan dana untuk naik haji, Kamu bisa menggunakan beberapa bank berikut ini.

Bank Syariah Mandiri (BSM)

Bank pertama yang saya rekomendasikan adalah BSM atau Bank Mandiri Syariah, Bank ini merupakan salah satu yang menyediakan tabungan haji.

Nasabah dari Tabungan Mabrur Haji dan Umroh di Bank Syariah Mandiri adalah orang Islam yang berumur 17 tahun keatas dan berniat menunaikan ibadah haji atau umroh.

Tabungan haji di BSM ini menetapkan setoran awal minimal Rp100 ribu, kemudian setoran selanjutnya minimal adalah Rp100 ribu dan saldo minimal Rp100 ribu juga.

Supaya efektif, Bank Syariah Mandiri menetapkan Tabungan Mabrur ini tidak bisa dicairkan kecuali untuk melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji atau Umroh.

Saldo minimal untuk bisa didaftarkan ke SISKOHAT adalah Rp. 25.100.00 atau sesuai ketentuan Kementerian Agama dengan biaya penutupan rekening karena batal Rp. 25 ribu.

BRI Syariah

Tabungan Haji BRI Syariah adalah simpanan yang memakai akad untuk bagi hasil menggunakan prinsip syariah untuk calon haji dengan tujuan memenuhi Biaya Perjalanan Ibadah Haji.

Tabungan Haji BRI Syariah menetapkan setoran awal minimal sebesar Rp. 50 ribu dan setoran selanjutnya minimal Rp. 10 ribu dengan saldo minimal Rp. 50 ribu.

Kamu tidak akan diberi kartu ATM oleh Bank dan dana yang sudah Kamu setorkan tidak bisa ditarik sewaktu-waktu.

Namun Kamu bisa mendapatkan asuransi jiwa dan kecelakaan secara gratis, pemotongan zakat dari hasil bagi yang diperoleh, dan gratis biaya admin tabungan.

Syaratnya adalah dengan melampirkan KTP, NPWP, dan KK (untuk pembukaan tabungan anak-anak). BRI Syariah ini juga menawarkan Tabungan Haji untuk anak.

Buku tabungan atas nama anak dapat didaftarkan ke SISKOHAT ketika anak sudah berusia 12 tahun keatas.

Tabungan Haji Muamalat

Tabungan Haji Muamalat adalah Tabungan iB Hijrah Haji yang layanan perbankannya menggunakan akad Wadi’ah yang dikelola dengan praktis dan fleksibel.

Tabungan ini hanya bisa dicairkan untuk membiayai perjalanan umroh dan haji saja. Jadi Kamu tidak bisa mencairkannya sewaktu-waktu untuk kepentingan lain.

Tidak ada setoran awal Tabungan Haji Muamalat, saldo minimalnya juga tidak ada, bahkan biaya  penutupan rekening pun gratis.

Tabungan Haji dan Umroh Bank Muamalat ini merupakan tabungan yang fleksibel karena Kamu bisa memilih dan mengatur sendiri jumlah setoran daan jangka waktu menabung.

Nah, jumlah uang yang telah ditentukan inilah nantinya yang akan didebet secara otomatis dari tabungan pada waktu yang sudah ditentukan.

CIMB Niaga Syariah

Tabungan iB Rencana Haji merupakan tabungan Haji di Bank CIMB Niaga Syariah berjangka dengan akad Mudharabah Muthlawah untuk mewujudkan rencana Ibadah Haji.

Dalam Tabungan Haji Bank CIMB Niaga Syariah ini Kamu bebas menentukan jangka waktu dan jumlah setoran bulanan sesuai keinginan Kamu.

Selain itu Kamu juga bisa memilih rekening tabungan dengan mata uang USD (Dollar Amerika), jadi Kamu tidak perlu khawatir dengan nilai tukar yang berubah-ubah.

Untuk membuka Tabungan Haji ini Kamu harus memiliki tabungan transaksional CIMB Niaga dalam 1 CIF yang bisa digunakan sebagai rekening sumber dana pendebetan.

Tabungan Haji Niaga ini menyediakan target menabung mulai dari yang tercepat yaitu 6 Bulan dan yang paling lama adalah 240 Bulan atau 20 tahun dengan target dana paling kecil Rp. 2,4 juta.

Tabungan Haji BNI Syariah

Tabungan Haji BNI Syariah merupakan tabungan dengan akad Wadiah yang digunakan untuk porsi keberangkatan ibadah Haji dan Umroh sesuai keinginan nasabah.

Tabungan Haji ini memudahkan para nasabah untuk mendapat porsi keberangkatan karena sistem BNI Syariah ini terhubung langsung dengan SISKOHAT.

Kamu akan mendapat bebas biaya pengelolaan rekening bulanan dan biaya penutupan rekening jika menggunakan Tabungan Haji BNI Syariah ini.

Ada juga asuransi kecelakaan untuk para nasabah Tabungan Haji dengan saldo di atas Rp5 juta. Bagi hasil akad Mudharabah Bank BNI Syariah adalah Nasabah 10%, Bank 90%.

Nah itulah beberapa Bank yang menyediakan Tabungan Haji, bagi Kamu yang ingin berangkat haji bisa menggunakan beberapa bank di atas.

Kamu harus mulai membuat Tabungan Haji supaya bisa mengumpulkan uang untuk menunaikan ibadah Haji atau Umroh beberapa tahun kedepan.