Investasi di bidang properti memang sudah bukan rahasia lagi sebuah bisnis yang sangat menguntungkan. Selain mendapat keuntungan Kamu juga bisa berinvestasi dengan aman.

Karena investasi di bidang properti ini tidak akan mengalami inflasi. Maksudnya adalah meski terjadi inflasi di Indonesia, namun bisnis di bidang properti ini tidak akan terkena dampak tersebut.

Faktanya sekarang ini nilai properti semakin meningkat dari tahun ke tahun. Namun memang investasi di bidang properti memerlukan modal yang cukup banyak.

Contohnya dalam bisnis properti di bidang kost-kostan. Kamu harus menyiapkan dana untuk membangun kost tersebut yang memerlukan banyak dana tentunya.

Namun modal tersebut sebanding dengan apa yang akan Kamu dapatkan nantinya, yaitu passive income yang akan terus mengalir tanpa Kamu keluar biaya lagi.

Nah, di pembahasan kali ini akan membahas mengenai jenis atau contoh investasi properti apa saja yang menguntungkan dan potensial untuk ditekuni.

Contoh Investasi Properti Potensial dan Menguntungkan

Bisnis properti ada banyak bidangnya, namun hampir semua investasi di bidang ini semuanya menguntungkan dan relatif aman untuk dilakukan. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

  1. Apartemen dan Kondominium

DI kota-kota besar Indonesia sekarang sangat sulit untuk mencari lahan. Hal ini karena lahan-lahan tersebut sudah digunakan untuk membangun kantor dan fasilitas umum.

Hal ini kemudian membuat kebutuhan akan hunian vertikal menjadi semakin banyak setiap tahunnya.

Namun biasanya orang-orang yang tinggal di hunian vertikal merupakan orang dengan penghasilan tinggi atau diatas rata-rata. Contoh dari hunian vertikal adalah apartemen dan kondominium.

Apartemen biasanya berada di perkotaan jadi pasarnya adalah orang-orang yang tinggal di perkotaan. Sewa apartemen cukup mahal, yaitu sekitar > Rp2 Juta per bulan.

Salah satu kunci utama bisnis apartemen adalah Kamu harus memperhatikan kenyamanan dan kebutuhan dari penghuni. Contohnya fasilitas yang diterima penghuni.

  • Bisnis Kost-Kostan

Investasi properti lain yang juga potensial dan menguntungkan adalah bisnis kost-kostan. Bisnis satu ini sudah ada sejak lama di Indonesia dan sampai saat ini masih tetap bertahan.

Yang berarti bisnis kost ini sangat menguntungkan. Sampai sekarang permintaan akan kost-kostan semakin banyak. Terlebih lagi jika kost tersebut berada di dekat kampus atau fasilitas umum lain.

Tarif sewa dari kost-kostan ini lebih murah dibandingkan apartemen, penghuni dari kost-kostan didominasi oleh para karyawan dan mahasiswa.

Mereka lebih memilih kost karena memerlukan tempat sementara dengan harga yang murah, serta jaraknya yang dekat dengan tempat kerja atau kampus.

  • Investasi Tanah

Selain kost dan apartemen, Kamu juga bisa investasi properti tanah yang juga potensial karena semakin tahun harga tanah akan semakin mahal.

Investasi tanah ini sudah dilakukan sejak dulu, dan sama seperti kost. Investasi jenis ini masih ada sampai sekarang dan malah bertambah jumlah pelakunya.

Alasan kenapa banyak orang memilih berinvestasi tanah adalah karena kenaikan harga tanah meningkat secara konsisten dari tahun ke tahun. Hal ini karena luas lahan semakin sempit.

Jika Kamu ingin investasi pada bidang tanah ini, Kamu harus memilih tanah yang berlokasi strategis dimana banyak orang yang melewatinya.

  • Rumah Kontrakan

Bisnis investasi properti potensial selanjutnya adalah rumah kontrakan. Investasi ini sama seperti apartemen, kondominium dan juga kost-kostan. Yang membedakan hanya tipe dan namanya saja.

Rumah kali ini merupakan hunian untuk keluarga yang jumlahnya cukup banyak. Contohnya suami istri yang mempunyai lebih dari 2 anak.

Jadi jika Kamu ingin memulai bisnis rumah kontrakan, maka target market Kamu adalah keluarga seperti contoh tersebut. Karena rumah merupakan sebuah kebutuhan pokok manusia, maka jumlah peminat dari rumah kontrakan juga banyak.

Asalkan harga rumah kontrakan tersebut cocok dan lokasinya juga strategis, maka bisnis ini akan sangat menjanjikan jika ditekuni.

  • Kios, Ruko, atau Toko

Contoh investasi properti potensial yang terakhir adalah toko, kios, atau ruko. Secara umum bisnis satu ini tidak jauh berbeda dengan sewa apartemen ataupun sewa rumah.

Yang membedakan adalah tujuan dari penggunaan bangunan yang disewakan tersebut. Jika rumah, kost, dan apartemen digunakan untuk tempat tinggal. Kios ini digunakan untuk berbisnis.

Supaya bisnis ini bisa berkembang syaratnya pun sama, yaitu harga sewa yang pas dan lokasi kios yang strategis dimana banyak orang melewatinya.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan dan contoh investasi properti yang potensial di atas, dapat disimpulkan ada 3 kunci utama dalam bisnis properti.

Yaitu lokasi yang strategis, kemudian harga sewa yang pas, dan fasilitas untuk penghuni supaya mereka puas dengan bisnis properti yang Kamu berikan.

Jika 3 hal tersebut sudah Kamu penuhi, maka kemungkinan besar bisnis Kamu tersebut akan sukses dan menghasilkan banyak keuntungan untuk Kamu. Sekian, semoga bermanfaat.