Banyak orang yang berhenti di titik ‘untuk mempersiapkan masa depan’, atau ‘untuk mencapai tujuan keuangan tertentu’ saat ditanya tentang manfaat menabung. Padahal lebih dari itu, ada banyak manfaat menabung yang bisa kamu dapatkan jika konsisten menjalankannya.

Nah agar kamu lebih semangat dan konsisten, mendingan kita simak yuk beberapa manfaat menabung yang wajib kamu tahu.

  1. Belajar Mengatur Keuangan

Meski punya penghasilan di atas rata-rata, banyak orang yang jatuh dalam masalah finansial karena tidak mampu mengatur keuangan. Padahal jika dilihat dari profil kehidupannya, banyak diantara mereka yang termasuk punya pendidikan tinggi, bahkan pintar dalam menghasilkan uang.

Inilah alasan kenapa kamu harus mulai terbiasa menabung. Dengan kebiasaan tersebut, kamu akan punya kemampuan untuk menyisihkan uang secara berkala, dan mampu menahan diri untuk tidak menggunakan uang di luar pos yang sudah dianggarkan.

  1. Membiasakan Hidup Hemat

Semua orang pasti setuju jika boros atau suka menghambur-hamburkan uang merupakan salah satu sikap negatif, dan bisa jadi penyebab utama orang tersebut mengalami masalah keuangan. Namun yang jadi masalah, banyak orang yang tidak sadar jika dirinya termasuk orang yang boros.

Dengan terbiasa menabung, kamu akan diajarkan untuk selalu hidup hemat, menyusun anggaran keuangan dengan baik, dan mampu membelanjakan uang secara efektif. Secara tidak langsung, meninggalkan sikap boros merupakan salah satu manfaat menabung yang bisa kamu nikmati.

  1. Membiasakan Berkomitmen

Lho, apa hubungannya? Seperti dijelaskan di atas, saat terbiasa menabung, sudah tentu kamu akan terbiasa membuat rencana keuangan. Nah, rencana keuangan ini pada dasarnya komitmen kepada diri sendiri untuk menggunakan uang sesuai dengan anggaran yang sudah ditentukan.

Dari kebiasaan inilah kamu akan diajarkan, sekaligus terbiasa berkomitmen dengan apa yang telah kamu sepakati. Tentu saja ini sangat positif. Jika kamu sudah terbiasa menjalankan komitmen kepada diri sendiri, tentu bukan hal yang sulit saat kamu dituntut untuk berkomitmen dengan orang lain.

  1. Mudah Menyiapkan Dana Darurat

Banyak pakar keuangan menilai ciri keuangan yang sehat adalah, ketersediaan dana darurat. Jumlah besaran dana darurat yang harus dipersiapkan setara dengan 3-6 kali dari total pendapatan rutin kamu. Lebih banyak lebih baik karena kita tidak tahu kondisi darurat apa yang akan terjadi di masa depan.

Nah buat kamu yang sudah terbiasa menabung, menyiapkan dana darurat tentu bukan hal yang sulit dilakukan. Manfaat menabung lainnya, kamu akan punya dana cadangan yang bisa digunakan untuk membiayai tujuan keuanganmu.

  1. Bebas Hutang

Untuk mencapai titik financial freedom, selain harus punya dana darurat, kamu pun wajib terbebas dari hutang. Tentu buat kamu yang terbiasa menabung, melunasi hutang bukan hal yang sulit dilakukan.

Selain itu, saat kamu berhasil mencapai titik kebebasan finansial atau financial freedom, tentu hidup pun akan terasa lebih tenang, nyaman, dan bebas stres. Kamu bahkan bisa dengan mudah mendapatkan apa yang selama ini diinginkan. Bukankah kehidupan seperti ini yang kamu impikan?

So, jangan tunda lagi. Buat kamu yang sulit untuk menabung, sebaiknya segera biasakan diri menyisihkan sebagian uangmu, dan segera nikmati semua manfaat menabung tersebut.