Tidak seperti pebisnis lainnya yang lebih memilih menghindari sorotan media, Elons Musk justru kerap menghiasi media. Tidak hanya karena kesuksesan bisnisnya, nama bos Tesla ini pun kerap masuk menghiasi media karena kehidupan pribadi, dan hal lainnya di luar aktivitas bisnisnya.

Terbaru, Elon Musk memutuskan membelanjakan sebagian uangnya untuk membeli Bitcoin, mata uang kripto yang hingga kini masih diselimuti kontroversi. Keputusan ini langsung berbuah hasil, tidak lama setelah itu Bitcoin berhasil mencetak rekor harga tertinggi.

Lonjakan nilai Bitcoin ini pun sempat berhasil membawa Elon Musk bertengger di posisi puncak sebagai orang terkaya di dunia, dengan menggeser Bos Amazon, Jeff Bezos. Namun sayang, hanya dalam waktu singkat gelar tersebut kembali diambil Bezos.

Selain fakta bukan orang terkaya di dunia lagi, ada beberapa fakta Elon Musk lainnya yang wajib kamu ketahui. Mau tahu apa saja itu?

  1. Nilai pasar saham Tesla kini telah menembus angka lebih dari USD 760 miliar. Hal ini membuat kapitalisasi perusahaan yang dipimpin Elon Musk  tersebut telah naik lebih dari 700 persen dalam 1 tahun terakhir.
  2. Elon Musk berhasil memimpin Tesla jadi perusahaan otomotif paling berharga di dunia, jauh meninggalkan para pesaingnya, seperti Toyota, General Motors, dan Volkswagen. Menariknya, Tesla meraih semua itu dengan angka produksi yang sangat minim.
  3. Fakta Elon Musk lainnya yang wajib kamu tahu, dia ternyata berhasil mencatat sejarah sebagai orang yang paling cepat menggeser para seniornya di daftar orang terkaya dunia. Ini Disebabkan karena kecermatannya dalam berinvestasi.
  4. Meski sukses secara finansial, masa kecil Elon Musk ternyata tidak semulus yang dibayangkan. Di masa kecilnya, Musk yang dibesarkan di Afrika Selatan dianggap sebagai anak yang aneh karena sangat tertutup.
  5. Masa kelam Elon Musk berlanjut hingga remaja, ketika dia menjadi korban bullying. Bahkan dia pernah masuk rumah sakit setelah dihajar oleh teman-temannya hingga pingsan. Ini semua dilakukan karena dia dianggap sebagai anak yang aneh.
  6. Fakta Elon Musk di masa kecil benar-benar kelam. Selain kerap jadi korban bullying, di rumah pun dia jadi ‘korban’ kerasnya didikan orangtua. Dia bahkan harus menerima kenyataan orang tuanya  bercerai saat ini baru berusia 9 tahun.
  7. Saat tinggal di Kanada bersama Pamannya, dia pernah bekerja sebagai petugas kebersihan di pabrik kayu. Bukan petugas kebersihan biasa, melainkan petugas kebersihan khusus yang tugasnya membersihkan ruangan kecil dengan suhu yang sangat tinggi.
  8. Dari pekerjaannya tersebut, dia hanya menerima upah sebesar USD 18 per jam. Upah yang sangat kecil untuk kelas pekerjaan yang sangat berat. Dia menggambarkan jika masuk ke dalam ruangan tersebut tanpa APD, kamu akan mati kepanasan hanya dalam waktu 30 menit.
  9. Elon Musk kecil sangat tertarik dengan dunia digital. Di usia 9 tahun, dia belajar dasar pemrograman komputer, dan berhasil membuat video game sendiri saat berusia 12 tahun. Kode game yang bernama Blastar tersebut kemudian dijual dengan harga USD 500.
  10. Elon Musk ternyata pernah kuliah di Stanford University, mengambil jurusan fisika. Namun sayang, dia hanya berkuliah selama dua hari saja. Setelah itu Musk kemudian memutuskan keluar dan mendirikan perusahaan pertamanya, Zip2.

Dari fakta Elon Musk di atas, kita akhirnya tahu jika masa lalu sang bos Tesla tersebut tidak seindah yang dibayangkan. Fakta ini kembali membuktikan jika kesuksesan bisa diraih siapa saja, selama kamu mau bekerja keras, dan fokus kepada bidang bisnis yang disukai.