Properti merupakan salah satu investasi yang populer di Indonesia dan memiliki banyak sekali keuntungan serta jenis investasi yang relatif aman.

Karena investasi jenis ini tidak akan turun meskipun inflasi terjadi. Jadi meski inflasi terjadi di Indonesia, Kamu tidak perlu khawatir karena harga properti tidak akan ikut turun.

Namun untuk memulai investasi properti ini Kamu harus menyiapkan dana yang tidak sedikit. Dana tersebut digunakan untuk membangun properti seperti kost, rumah kontrakan dan sebagainya.

Meski membutuhkan modal yang besar, investasi properti ini tetap dilihat sangat menguntungkan. Kenapa begitu? Yuk simak manfaat investasi properti berikut ini.

Kenapa Investasi Properti Penting untuk Masa Depan?

Ada beberapa manfaat yang bisa Kamu dapatkan ketika berbisnis investasi properti. Tentunya manfaat-manfaat tersebut akan sangat menguntungkan Kamu, apa saja manfaatnya?

  1. Harga Properti Terus Meningkat

Manfaat pertama adalah properti baik itu bangunan atau tanah selalu mengalami peningkatan harga dari waktu ke waktu. Ini karena semakin banyak permintaan dibanding persediaan yang ada.

Penduduk semakin banyak dan membutuhkan tempat tinggal atau tempat usaha yang baru. Namun tanah atau bangunan ini tidak bisa bertambah banyak, karena itulah harganya semakin mahal.

Bahkan perlu Kamu ketahui, kenaikan harga properti ini bisa melebihi kenaikan inflasi. Karena itulah tidak ada ruginya membeli properti untuk masa depan nantinya.

Namun harus Kamu ketahui bahwa melakukan investasi properti ini tidak boleh sembarangan. Selain bisa menjualnya lagi, Kamu juga bisa mendapat keuntungan tak terduga dari investasi properti.

  • Salah Satu Investasi Jangka Panjang

Ada banyak pilihan investasi jangka pendek dan jangka panjang yang bisa Kamu pilih. Investasi jangka panjang ini bisa Kamu pilih jika Kamu ingin menjamin kebutuhan di masa depan.

Nah, investasi properti ini dinilai sebagai alternatif dalam instrumen investasi jangka panjang. Ini bisa dilihat dari perkembangan bisnis properti yang terus berkembang dari tahun ke tahun.

Menjadikan investasi properti sebagai investasi jangka panjang akan memberi Kamu manfaat yang sangat besar. Salah satunya adalah Kamu akan mendapat pasif income dari properti tersebut.

Contohnya ketika Kamu investasi properti berupa kost-kostan, Kamu akan mendapat uang kost setiap bulannya yang bisa dijadikan pendapatan tambahan.

  • Capital Gain yang Besar

Banyak orang yang masih berpikir dua kali ketika berinvestasi karena adanya risiko yang ada. Menginvestasikan banyak uang untuk hal yang belum pasti memang mengkhawatirkan.

Namun jika Kamu berinvestasi untuk properti dengan baik dan benar, maka Kamu akan mendapat keuntungan yang cukup besar.

Contoh, jika Kamu membeli rumah dengan harga Rp750 juta, setelah lima tahun bisa saja nilai dari rumah tersebut naik sampai dengan Rp. 1 milyar.

Ini terjadi karena beberapa faktor seperti peminatnya yang tinggi, lokasinya yang strategis, dan faktor-faktor lain. Dengan begitu untung atau capital gain yang Kamu dapat adalah Rp. 250 juta.

  • Bermanfaat Sebagai Agunan Pinjaman

Investasi properti ini juga bermanfaat ketika Kamu ingin mengajukan pinjaman. Karena investasi jenis ini memiliki keuntungan yang besar dan cukup menjanjikan.

Karena itulah investasi ini bisa Kamu gunakan sebagai agunan ketika Kamu ingin mengajukan pinjaman, yang mungkin akan Kamu gunakan untuk membuka investasi properti lainnya.

Apalagi jika investasi Kamu sebelumnya berjalan dengan lancar dan menguntungkan. Karena itulah pihak peminjam lebih menyukai agunan dalam bentuk properti seperti ini.

Ini karena properti merupakan sebuah barang yang memiliki fisik dan juga legalitasnya jelas serta memiliki nilai yang lebih.

Dilihat dari segi legalitas, properti ini bisa dijamin oleh undang-undang. Sedangkan dari segi nilai, properti ini akan terus meningkat seiring dengan permintaan yang ada di pasar.

  • Bisa Dilihat Secara Fisik

Kebanyakan jenis investasi hadir tanpa adanya bentuk fisik yang dapat Kamu lihat dan rasakan, contohnya pada investasi saham, reksadana, dan obligasi.

Namun, bagaimana jika Kamu bisa melakukan investasi yang menguntungkan dan bisa dilihat secara fisik? Tentu Kamu akan semakin yakin dengan jenis investasi tersebut kan?

Terlebih lagi banyak juga orang yang tidak menyukai bentuk investasi yang tidak terlihat. Karena itulah kebanyakan investor lebih menyukai investasi properti, khususnya yang memiliki modal besar.

Jika Kamu adalah salah satu investor yang memiliki modal besar, investasi properti ini patut untuk Kamu coba.

Yuk Mulai Investasi Properti

Setelah membaca manfaat-manfaat dari investasi properti di atas, apakah Kamu sudah mulai tertarik untuk berinvestasi di bidang properti?

Jika Kamu memiliki modal yang banyak, maka tidak ada salahnya berinvestasi di properti. Selain bisa mendapat keuntungan secara terus menerus dari properti yang disewakan.

Kamu juga bisa menjual kembali properti yang sudah Kamu beli tersebut di masa mendatang. Dan tentunya harga dari properti tersebut lebih mahal dibanding ketika Kamu membelinya.

Jadi selain Kamu sudah mendapat untung dari sewa properti tersebut, Kamu juga mendapat untung lagi ketika menjual properti tersebut.