Salah satu tantangan bagi anak mahasiswa, terutama yang tinggal di perantauan dan jauh dari orang tua adalah bagaimana mengatur keuangan agar stabil. Ya, mengatur keuangan bagi mahasiswa terkadang bukan merupakan hal sederhana. Terlebih jika kondisi keuangan yang tidak stabil sementara kebutuhan kuliah cenderung cukup banyak.

Tidak hanya itu, mahasiswa cenderung lebih mudah terbawa tren gaya hidup. Budaya nongkrong yang muncul atau keinginan untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu penting terkadang menjadi faktor kenapa keuangan para mahasiswa tidak sehat.

Kondisi ini tentu harus diperhatikan, terutama jika Kamu ingin lebih hemat dan memanfaatkan uang kiriman orang tua dengan lebih baik. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa tips jitu yang bisa diterapkan untuk mengatur keuangan bagi mahasiswa.

Tips Jitu Mengatur Keuangan Bagi Mahasiswa

Sebenarnya, mengatur keuangan bagi mahasiswa bukan termasuk hal yang rumit, bahkan cenderung sederhana. Hanya saja, perlu kemauan untuk melakukannya serta konsistensi agar target keuangan yang cenderung lebih sehat dan stabil tercapai.

Berbincang tentang tips untuk mengatur keuangan bagi mahasiswa, terutama yang tinggal di perantauan, ada beberapa hal yang bisa Kamu lakukan. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Mengetahui Detail Sumber Serta Pola Pemasukan

Untuk mulai mengatur keuangan, tentu langkah awal yang harus dilakukan adalah mengetahui sumber serta pola pemasukan keuangan. Ini adalah langkah yang begitu krusial karena secara langsung akan berpengaruh pada bagaimana nantinya Kamu bisa mengatur keuangan dengan baik.

Nah, umumnya, mahasiswa juga memiliki pemasukan lain selain kiriman dari orang tua. Pemasukan tersebut bisa dari beasiswa, bisnis yang dijalankan, atau pekerjaan sampingan yang dilakukan. Apa yang perlu dilakukan dengan detail pemasukan tersebut adalah menulis bagaimana sumber serta pola pemasukan tersebut.

Dengan pola pemasukan yang tertulis dengan rapi, maka Kamu –sebagai mahasiswa, bisa memperkirakan kondisi keuangan minimal selama sebulan. Sebaliknya, jika pola pemasukan tidak diketahui, maka bisa saja uang yang dimiliki akan langsung habis di awal bulan.

  • Menentukan Macam-Macam Pengeluaran

Mengatur keuangan tentu tidak bisa dilepaskan dari merinci pengeluaran yang dilakukan. Sebagaimana diketahui, umumnya pengeluaran mahasiswa cenderung bermacam-macam, mulai dari membayar kontrakan, memenuhi keperluan kuliah, biaya transportasi, uang makan, dan lainnya.

Nah, banyaknya pengeluaran tersebut sebaiknya dicatat dengan rapi. Tentu, akan lebih baik jika Kamu memiliki catatan pos-pos pengeluaran bahkan sebelum mengalokasikan dana yang dimiliki. Dengan pencatatan ini, maka selain Kamu bisa mengetahui ke mana uang yang Kamu miliki digunakan, perhitungan tentang dana yang dimiliki akan cenderung lebih mudah.

  • Membuat Rencana Keuangan

Turunan dari poin sebelumnya terkait mencatat pengeluaran adalah membuat rencana keuangan. Perlu diketahui bahwa rencana keuangan adalah hal yang cukup krusial dalam usaha untuk memiliki keuangan yang cenderung lebih sehat dan lebih teratur.

Dalam hal ini, pastikan Kamu memiliki rencana ke mana saja uang yang Kamu miliki akan digunakan. Tentu saja, pastikan jika pengeluaran yang akan dialokasikan lebih sedikit daripada pemasukan yang didapatkan. Dengan demikian, nantinya Kamu akan memiliki sisa uang yang bisa digunakan untuk kebutuhan yang cenderung darurat.

  • Menabung

Tips lain terkait mengatur keuangan bagi mahasiswa yang juga cukup penting adalah menabung. Ya, menabung memang menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk berlatih berhemat serta menentukan prioritas dalam mengalokasikan uang.

Terkait menabung, Kamu bisa menerapkan strategi yang berbeda. Misalnya saja, Kamu menabung uang belanja, menabung uang pecahan tertentu, atau lainnya.

Selain itu, jika Kamu merasa menabung uang cash cenderung memiliki risiko, maka Kamu bisa menggunakan rekening. Dalam hal ini, agar tabungan Kamu terkumpul dan aman, maka pisahkan rekening untuk menabung dengan rekening untuk keperluan lainnya.

  • Menambah Penghasilan

Agar keuangan Kamu sebagai mahasiswa cenderung stabil dan aman, maka tidak ada salahnya jika Kamu berusaha untuk menambah penghasilan. Langkah ini tentu saja cukup penting dan efektif karena nantinya Kamu akan lebih leluasa untuk menggunakan dana yang dimiliki.

Ada cukup banyak cara untuk menambah penghasilan. Jika Kamu memiliki waktu luang di samping waktu kuliah, maka Kamu bisa menggunakannya untuk bekerja paruh waktu. Atau, Kamu juga bisa memulai bisnis yang tidak mengganggu waktu kuliah serta tidak memerlukan modal yang terlalu banyak.

Jika ditelusuri, ada cukup banyak ide bisnis yang bisa dijalankan. Salah satu ide bisnis yang bisa digeluti adalah bisnis online yang sudah banyak dijalankan oleh mahasiswa.

Nah, demikian beberapa tips untuk mengatur keuangan bagi mahasiswa yang bisa Kamu terapkan. Sekilas, beberapa tips tersebut cukup mudah untuk dilakukan. Hanya saja, agar keinginan mengatur keuangan berhasil, Kamu harus konsisten dan tidak mudah tergoda dengan keinginan-keinginan yang menyebabkan kondisi keuangan Kamu yang sudah stabil menjadi bermasalah.