Gajian merupakan sesuatu yang paling ditunggu untuk setiap setiap orang, terutama bagi mereka yang sudah bekerja keras selama satu bulan. Keinginan untuk membeli sesuatu setelah menerima gaji pasti akan meluap-luap, hal inilah kadang membuat beberapa orang kehabisan uang padahal baru beberapa hari yang lalu gajian.

Ada banyak hal ingin dibeli ketika gaji sudah turun, padahal sebenarnya pembelian tersebut tidak terlalu diperlukan. Nah karena itulah pengelolaan gaji bulanan untuk para pekerja sangatlah penting, terlepas dari besar kecilnya penghasilan yang Kamu miliki.

Tips Mengatur Gaji Bulanan Supaya Cukup Sebulan

Nah bagi Kamu yang merasa kesulitan dalam mengatur keuangan dengan gaji bulanan Kamu, Kamu bisa ikuti tips mengatur keuangan dari gaji bulanan berikut ini.

  1. Ketahui Jumlah Pendapat Bersih Per Bulan

Tips mengatur keuangan dari gaji bulanan bisa dimulai dari mengetahui terlebih dahulu jumlah total pendapatan bersih yang Kamu miliki setiap bulannya. Pastikan jumlah pendapat tersebut sudah dipotong dengan bayaran tetap seperti asuransi, pajak, dan keperluan bisnis yang lain.

Langkah ini harus Kamu lakukan supaya kedepannya tidak terjadi kesalahan dalam perhitungan gaji dan Kamu untuk menabung bisa benar-benar terlaksana.

2. Tetapkan Prioritas Kebutuhan

Selanjutnya, dalam mengatur keuangan Kamu harus menetapkan skala prioritas. Kamu harus memisahkan antara kebutuhan wajib dengan kebutuhan sekunder yang bisa ditunda.

Dengan menetapkan skala prioritas ini Kamu bisa mengontrol pengeluaran setiap bulannya sehingga Kamu tidak kehabisan uang sebelum gajian selanjutnya.

Kamu harus tahu mana yang benar-benar diperlukan dan dibeli, jangan sampai membeli sesuatu yang sebenarnya tidak perlu atau bisa ditunda.

3. Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Tips mengatur gaji bulanan selanjutnya adalah memperhatikan pengeluaran dan pemasukan, kebanyakan orang melakukan kesalahan karena tidak memperhatikan hal ini.

Karena itulah sangat disarankan untuk mencatat dengan detail setiap pengeluaran dan pemasukkan yang Kamu miliki. Baik itu pengeluaran setiap minggu maupun setiap bulan.

Menurut Forbes, catatan keuangan setiap minggu lebih baik dibanding catatan keuangan setiap bulan. Namun ini kembali kepada diri Kamu sendiri, lebih enak pakai yang mana.

4. Formula 40-30-20-10

Formula yang satu ini digunakan untuk mengelola gaji dengan jumlah berapapun, baik itu gaji 2 jutaan sampai dengan 10 jutaan bisa menggunakan formula ini.

Adapun cara mengatur pendapatan memakai formula ini adalah sebagai berikut:

  1. 40% : Biaya hidup dan pengeluaran sehari-hari, contohnya seperti kebutuhan makanan, listrik, air, pulsa, internet, transportasi, dan lain sebagainya.
  2. 30% : Biaya cicilan dan tagihan, contohnya seperti cicilan kendaraan, cicilan rumah, dan peralatan untuk kebutuhan wajib yang lainnya.
  3. 20% : Untuk tabungan/simpanan, contohnya seperti dana darurat, asuransi, dan investasi.
  4. 10% : Untuk kebaikan, contohnya seperti donasi, sedekah, beramal, dan berzakat. Namun Kamu juga bisa mengurangi persentase ini, usahakan tetap ada setiap bulan.
  5. Langsung Tabungan Setelah Gajian

Setelah Kamu menerima gaji, sebaiknya segera sisihkan sebagian pendapatan yang Kamu terima untuk ditabung ke bank atau tempat penyimpanan lainnya.

Tabungan ini bisa Kamu arahkan untuk simpanan saja, atau bisa juga untuk dana darurat, investasi, dan lain sebagainya. Dengan begini Kamu tidak akan memiliki keinginan mendadak untuk membeli barang karena Kamu tidak memegang uang langsung.

6. Buat Dua Rekening Berbeda

Tips mengatur keuangan selanjutnya adalah dengan membuat dua rekening yang berbeda, apakah harus? Tidak wajib, namun ini bisa menjadi solusi supaya tidak boros.

Dengan mempunyai dua rekening yang berbeda, Kamu bisa mengelola gaji bulanan dengan lebih mudah dan bisa membagi antara kebutuhan wajib dengan tabungan.

Untuk rekening tabungan, buatlah rekening yang dengan biaya admin yang rendah dan batasan penggunaan untuk setiap transaksi per bulannya.

7. Bawa Uang Cash Secukupnya

Kebanyakan orang menggunakan uang tunai ketika berbelanja, namun perlu Kamu ketahui bahwa kebiasaan ini bisa membuat uang di dompet cepat habis. Karena ketika melihat ada uang di dompet, keinginan untuk membeli sesuatu akan meningkat mengingat terdapat banyak uang di dompet yang mudah diambil.

Oleh karena itulah ada baiknya Kamu membawa uang tunai secukupnya saja. Kamu bisa mengisi kembali dompet jika memang uang tersebut sudah habis.

8. Cari Penghasilan Tambahan

Jika gaji dari pekerjaan utama dirasa belum cukup, Kamu bisa coba cari penghasilan tambahan dengan kerja sampingan yang tidak mempengaruhi pekerjaan utama Kamu.

Jadi Kamu bisa menggunakan gaji dari dua pekerjaan tersebut, Kamu bisa mengatur gaji dari pekerjaan utama untuk tabungan dan investasi. Sedangkan gaji dari kerja sampingan bisa untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Demikianlah beberapa tips mengatur gaji bulanan, semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa membantu Kamu mengatur keuangan sehingga cukup untuk sebulan.