Bisa dikatakan jika minat masyarakat untuk membeli mobil saat ini cenderung lebih tinggi. Hal ini dikarenakan fakta bahwa mobil sudah semakin familiar di kalangan masyarakat serta kenyamanan yang ditawarkan oleh kendaraan ini, terutama untuk mereka yang sering bepergian jauh. Terlebih, saat ini ada cukup banyak cara pembelian mobil yang lebih mudah, salah satunya kredit.

Memang, saat ini kredit mobil menjadi tren baru di kalangan masyarakat. Adanya kemudahan mendapatkan mobil yang diinginkan dengan cara kredit membuat pola pembayaran ini menjadi pilihan. Ya, hal ini dikarenakan Kamu hanya perlu membayar DP atau down payment dan biaya lain yang cenderung lebih ringan di awal dibandingkan dengan membeli cash dengan uang tunai yang langsung banyak.

Hanya saja, terkait kredit mobil baru, ada beberapa tips yang harus Kamu perhatikan sebelumnya. Tips ini penting agar kredit yang diajukan cenderung aman dan bebas dari masalah yang mengganggu di kemudian hari. Apa saja tips penting untuk kredit mobil yang lebih aman? Simak ulasan selengkapnya!

Tips Kredit Mobil Baru yang Tepat dan Aman

Secara umum, memang kredit bisa memudahkan keinginan seseorang untuk memiliki mobil baru dengan lebih cepat. Hanya saja, Kamu harus memahami skema kredit dengan baik terlebih dahulu agar tidak mendapatkan masalah di kemudian hari.

Selain itu ada beberapa tips yang sebaiknya dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk kredit mobil baru. Tentu, tips-tips yang diketahui nantinya akan membantu Kamu untuk mendapatkan kredit mobil baru yang lebih aman dan cenderung tepat.

Beberapa tips kredit mobil yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

  1. Memilih Mobil Sesuai Dengan Budget

Sebelum memutuskan untuk mengambil kredit mobil baru, maka Kamu perlu memilih mana mobil yang diinginkan sesuai dengan budget yang dimiliki. Ya, menghitung keuangan yang dimiliki, termasuk perhitungan pengeluaran bulanan adalah hal yang harus dilakukan sebelum mengambil kredit mobil.

Jika langkah ini dilakukan, nantinya Kamu bisa memilih mobil untuk kredit sesuai dengan budget. Memang, Kamu bisa saja tergiur dengan mobil yang lebih mahal, terlebih dengan fitur yang lebih lengkap dan tampilan yang lebih mewah.

Hanya saja, perlu disadari bahwa Kamu memiliki kebutuhan lain di luar kredit mobil yang juga harus dipenuhi. Oleh karenanya, agar kredit mobil tidak menyebabkan masalah di kemudian hari, pilih mobil dengan harga yang terjangkau budget bulanan.

2. Menghitung Rincian Harga Dari Mobil

Untuk menentukan mobil yang tepat sebelum mengambil kredit, ada baiknya jika Kamu juga menghitung rincian dari harga mobil yang diinginkan. Sebagaimana diketahui, ada mekanisme pembayaran tersendiri pada sistem kredit. Selain membayar uang muka, nantinya ada pembayaran bulanan yang telah ditentukan tenor atau waktu pembayarannya.

Nah, menghitung detail pembayaran mulai dari uang muka dan cicilan adalah hal yang penting, terutama untuk menentukan berapa lama tenor yang akan diambil. Beberapa dealer sering memberikan promo berupa cash back atau uang muka yang ringan. Namun sebaiknya Kamu jangan mudah tergoda karena bisa saja kredit akan dilakukan dengan tenor yang panjang sehingga total pembayarannya lebih tinggi.

Untuk memudahkan perhitungan, cobalah gunakan simulasi kredit yang disediakan oleh pihak dealer. Dengan simulasi ini, Kamu akan mengetahui berapa jumlah yang harus dibayarkan dan total pembayaran kredit sesuai tenor yang diambil.

3. Membandingkan Beberapa Dealer

Tips lain terkait kredit mobil baru adalah membandingkan beberapa dealer. Tidak ada salahnya jika Kamu mendatangi beberapa dealer sekaligus sebelum memutuskan untuk mengambil kredit mobil sesuai dengan keinginan.

Ya, strategi ini cukup membantu untuk mendapatkan beberapa insight yang berbeda, terlebih untuk membantu menemukan dealer yang menawarkan harga yang cenderung lebih murah ataupun promo yang berbeda.

4. Memilih Bank Untuk Sumber Pembiayaan

Umumnya, kredit mobil dilakukan dengan bantuan leasing sebagai lembaga pembiayaan. Namun, seringkali leasing memberikan bunga yang cukup tinggi sehingga total pembayaran kredit mobil menjadi membengkak.

Nah, untuk sumber pembiayaan lain Kamu bisa mempertimbangkan menggunakan jasa bank. Saat ini, ada beberapa bank yang menyediakan program pembiayaan untuk kredit kendaraan, termasuk mobil yang bisa dimanfaatkan.

Tentu, sistem pembayaran bank dan leasing adalah sama. Nantinya, ada verifikasi yang akan dilakukan sebelum Kamu memutuskan untuk mengambil kredit di bank. Hanya saja, umumnya bank menawarkan bunga yang lebih rendah untuk setiap cicilan yang dibayarkan setiap bulannya.

5. Memilih Uang Muka Besar

Umumnya, untuk kredit mobil, uang muka yang harus dibayarkan adalah sebesar 10% hingga 30% dari total kredit. Jika memungkinkan, ambil uang muka yang besar untuk kredit. Strategi ini cukup menguntungkan karena nantinya Kamu akan mendapatkan cicilan yang jauh lebih ringan.

Nah, beberapa hal di atas adalah tips yang perlu dipertimbangkan sebelum mengambil kredit mobil baru. Sebagai tambahan, ketika memutuskan mengambil kredit, berarti Kamu sudah siap untuk membayar cicilan berikut bunga yang dibebankan.