Saat ini belum semua orang memiliki sistem pulsa dalam listriknya. Masih ada banyak orang yang menggunakan sistem tradisional dan membayar tagihan setiap bulan. Tidak semua orang sempat pergi ke kantor PLN hanya untuk pembayarannya.

Lantas bagaimana solusinya? tentu dengan pembayaran online sayangnya belum banyak yang mengetahui proses dan cara pembayaran tagihan listrik online.

Mengapa Harus Online?

Sebenarnya tidak harus online, namun ketika Kamu tidak memiliki waktu luang Kamu bisa menggunakan cara online ini untuk menyingkat waktu. Sebenarnya prinsipnya sama saja setelah Kamu mengetahui ID pelanggan PLN Kamu bisa saja bayarnya melalui kantor pos tapi tentu akan lebih mudah jika Kamu melakukannya melalui ponsel Kamu sendiri.

Sekarang semua orang menuntut agar segalanya serba cepat. Tapi sayangnya tidak semua orang siap untuk bergerak cepat apabila tidak dapat mengakses dunia online saat ini. Padahal cara membayar tagihan listrik ini termasuk hal yang pokok dan harus diketahui semua orang yang memiliki listrik di rumahnya.

Bayar Melalui ATM

Pertama-tama setelah Kamu memasukkan nomor pin Kamu, langsung saja menuju ke menu pembayaran dan pilih PLN. Setelah itu pilih pasca bayar, kemudian tinggal masukkan 12 kode ID pelanggan PLN milik mu. Setelah itu akan muncul berapa terakhir yang harus Kamu bayar dan tinggal klik bayar.

Caranya tentu sangat mudah tapi itu juga akan menjadi polemik terbaru apabila seseorang tidak memiliki 1 yang cukup pada rekeningnya. apalagi tagihan listrik itu penting sekali apabila telat membayar kemudian listriknya diputus maka yang terjadi adalah kegelapan, darkness, black screen, petengan! Jadi sudah barang tentu bahwa tagihan listrik itu wajib dibayar secepatnya.

Bayar Melalui SMS

Kamu juga bisa membayar tagihan listrik melalui SMS, caranya adalah:

  • Pilih Message pada Menu Ponsel
  • Pilih Tulis SMS
  • Ketik BYR PLN (rek) ( ID pelanggan) contoh : BYR PLN 1 7648273777, dan ketik nomor tujuan SMS ke 3355
  • Konfirmasi transaksi
  • Ketik kombinasi PIN yang diminta dan kirim kembali ke 3355, contoh: PIN 786732 dan PIN yang diminta adalah PIN ke 6 dan ke 2, maka ketik: 15
  • Konfirmasi transaksi berhasil.

Tetapi, tidak semua orang memiliki SMS banking untuk membayarnya. Nah pada fase-fase semacam ini akan jauh lebih baik apabila Kamu juga mempersiapkan biaya tambahan, sebab pasti akan ada penambahan biaya ketika anda melakukannya melalui SMS. Jika Kamu berpikir untuk melakukan bayar mau SMS maka siapkan diri untuk menerima tambahan biaya.

Tentunya segala jenis pembayaran akan membutuhkan proses. Biasanya proses ini akan berlangsung mungkin sekitar 5 sampai 10 menit untuk konfirmasi pembayaran berhasil. Jadi Kamu jangan khawatir ketika Kamu harus menunggu sedikit lama saat setelah melakukan pembayaran. Mungkin pembayaran Kamu sedang dikonfirmasi oleh pihak PLN.

Pembayaran Melalui Tokopedia

Kamu juga bisa melakukan pembayaran melalui Tokopedia yakni dengan membuka halaman Tokopedia, lantas langsung menuju ke bagian pembayaran tagihan listrik. Setelah itu masukkan ID pelanggan Kamu dan klik bayar. biasanya pembayaran melalui Tokopedia akan memberikan Kamu kode untuk dapat dibayarkan melalui Alfamart atau Indomaret.

Memang ini terkesan seperti kerja dua kali, tapi yang jelas pembayaran melalui Tokopedia sudah cukup aman. jadi apabila Kamu kesulitan untuk melakukan pembayaran Kamu bisa memilih pilihan ini sebagai salah satu langkah cara membayar tagihan listrik PLN. Namun Kamu juga akan mendapatkan biaya tambahan ketika Kamu melakukan pembayaran melalui Tokopedia.

Tentu saja tambahan itu termasuk dengan biaya admin Tokopedia dan biaya admin Indomaret. Walau bagaimanapun yang namanya tambahan biaya tetap lah biaya yang lebih, dan hal tersebut memang tidak bisa dihilangkan karena itu merupakan biaya penanganan.

Apakah Aman?

Tentu saja aman, kebanyakan orang-orang yang bergerak dalam bidang pembayaran online semacam itu sudah diawasi oleh pihak terkait. Jadi secara tidak langsung Kamu sudah memperoleh garansi keamanan yang valid. Jadi Kamu tak perlu khawatir apabila ingin melakukan pembayaran secara online dan takut jika pembayaranmu dibawa kabur.

Tapi, tentu Kamu tidak boleh asal melakukan pembayaran melalui sembarangan aplikasi atau sembarangan website. Kamu perlu mengetahui bahwa website tersebut memang kredibel dan sudah berjalan sekian tahun. Contohnya adalah adakami.com website ini sudah menunjukkan bahwa mereka merupakan website kredibel yang mana sangat mementingkan kepuasan pelanggan.

Segala jenis pembayaran termasuk pembuatan SPT juga bisa dilakukan di website ini. Selain itu, sebuah website yang terpercaya akan membuat para pelanggannya menjadi kembali lagi untuk kedua kalinya. Kamu bisa lihat bahwa banyak website di luar sana yang memang tidak memiliki hal itu. Jadi Kamu harus peka dalam memilih website mana yang ingin Kamu gunakan.