Berjalannya waktu kendaraan dalam setiap rumah pasti akan lebih dari satu. Di sinilah muncul pertanyaan bahwa mobil tersebut atau kendaraan tersebut akan kena pajak progresif atau tidak? Sebenarnya hal itu sudah terjawab oleh peraturannya sendiri sebutkan bahwasannya pajak progresif hanya akan dikenakan pada orang yang memiliki kendaraan lebih dari satu.

Untuk lebih jelasnya, Kamu bisa menyimak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Analisis Ringan

Ketika Kamu memiliki kendaraan lebih dari satu, secara langsung Kamu akan dikenakan pajak progresif ya ini 1 sampai 2% per kendaraan dan bertambah 0,5% pada kendaraan selanjutnya. jadi Kamu akan tetap pembayaran pajak progresif apabila Kamu memiliki kendaraan lebih dari 1 buah.

Kasus yang sering terjadi adalah Kamu tinggal bersama seseorang yang memiliki kendaraan juga. Dalam satu KK maka Kamu tetap akan membayar pajak progresif. Hal ini memang sudah diatur dalam peraturan pembayaran pajak progresif. Jadi, meskipun Kamu membeli sebuah kendaraan bekas Kamu tetap akan membayar pajak progresif ketika kau memiliki lebih dari 1 kendaraan.

Nah yang menarik adalah terkadang Kamu tidak dikenakan pajak progresif saat membeli sebuah motor. Ketika Kamu membeli sebuah motor lagi di situlah baru Kamu akan membayar pajak progresif yang sudah ditentukan. Dengan undang-undang nomor 28 tahun 2009 apabila ada 2 buah kendaraan yang memiliki alamat yang sama maka pemiliknya akan diwajibkan membayar pajak progresif.

Jika kendaraan yang dimiliki lebih dari 2 maka akan ada kenaikan 0,5% pada setiap kendaraan selanjutnya. Pastinya ketika Kamu memiliki 3 kendaraan maka sudah dapat dipastikan bahwa Kamu akan mampu membayar pajak progresif. Sebab hanya sebesar 1% dari harga nilai jual kendaraan tersebut. Tentu saja itu akan dihitung per kendaraan bukan hanya 1.

Kendala Umum

Kendala yang paling umum terjadi adalah kesalahan pendataan atau miskonsepsi antara peraturan dan juga pembacanya. Apabila seseorang tinggal bersama orang lain yang juga memiliki kendaraan dalam satu KK, maka orang tersebut tetap diwajibkan untuk membayar pajak progresif.

Apabila dalam satu rumah ada dua negara atau lebih maka sudah dapat dipastikan bahwa Kamu akan membayar pajak progresif. Hal semacam ini seharusnya menjadi pertimbangan ketika kami ingin membeli sebuah kendaraan. Sebab tentu pajak progresif ini akan berlaku untuk kendaraan selanjutnya yang akan Kamu beli.

Belum lagi jika bicara soal dokumen, memang terlihat sederhana tapi persiapan dokumen itu cukup membuat orang kelabakan apabila mereka tidak bersiap-siap jauh-jauh hari. Maka dari itulah persiapan untuk pembayaran pajak harus benar-benar diperhatikan agar tidak menimbulkan kekalutan baru.

Pajak Progresif Berbeda dengan Pajak Tahunan

Pajak progresif merupakan pajak yang berbeda dari pajak tahunan yang dibayar. Biasanya orang hanya memikirkan pajak tahunan untuk memperpanjang STNK mereka. Padahal ada juga pajak progresif yang mana akan diwajibkan untuk dibayar pada orang yang memiliki kendaraan lebih dari satu.

Pajak tahunan akan berfungsi untuk memperpanjang STNK yang Kamu miliki, sedangkan pajak progresif untuk mendata sebenarnya berapa kendaraan yang Kamu miliki dan berapa pajak yang tepat untuk dibayarkan. Apabila Kamu belum pernah melakukan pembayaran pajak progresif, ada baiknya Kamu mencari bantuan kepada orang yang sudah pernah melakukannya.

Tentu hal itu sangat berkaitan erat dengan jumlah yang harus dibayarkan.  Terkadang orang bingung untuk mempersiapkan dana guna membayar pajak. bingung di sini bukan berarti tidak memiliki uang tapi beda arti berapakah jumlah pasti yang harus dikeluarkan. Bantuan dari pihak yang berpengalaman akan sangat berperan besar pada persiapan ini.

Misalnya Kamu ingin bersiap membayar pajak progresif sebulan sebelumnya, lantas bagaimana cara mengetahui jumlah pasti berapakah yang harus dibayar? Disitu bantuan ahli akan sangat membuat lega. Dengan mengetahui berapa jumlah pesanannya secara otomatis akan lebih mudah untuk melakukan persiapan.

Seperti halnya adakami.com, mereka memberikan bantuan kepada orang-orang yang kesulitan dalam melakukan perhitungan pajak serta melakukan pembayarannya. Perkataan seseorang tidak memiliki waktu untuk antri terlalu lama ataupun tidak ingin membuat kesalahan kecil dalam proses pembayaran.

Sebab seperti yang Kamu ketahui proses pembayaran pajak tidak boleh ada kesalahan sedikitpun karena jika ada itu akan mengulangi prosesnya dari awal. Memang sebenarnya pembayaran pajak itu yang membuat orang pusing bukan soal biayanya tapi lebih ke soal birokrasinya.

Cari Bantuan

Ketika Kamu kesulitan Kamu bisa menghubungi pihak ada kami.com untuk meminta bantuan mengenai pembayaran pajak tersebut. Tidak hanya pajak progresif mereka juga dapat membantu Kamu ketika Kamu kesulitan membuat SPT tahunan pribadi atau SPT tahunan lainya.

Dengan bantuan pihak yang lebih berpengalaman sudah pada tentu Kamu tidak akan mengalami kesulitan berarti ketika melakukan proses pembayaran. Sebab proses pembayaran ini tidak mungkin hanya tinggal membayar tapi Kamu harus mempersiapkan dokumen yang mana dipergunakan untuk syarat-syarat pembayaran tersebut.