Pajak progresif motor, sudah barang tentu menjadi sesuatu yang harus diperhatikan oleh pemilik kendaraan bermotor. Sebenarnya tidak hanya motor tapi juga mobil harus membayar pajak progresif. Tetapi, sesungguhnya berapa sih kisaran yang tepat untuk menghitungnya? Apakah terkait dengan daerah mobil tersebut didaftarkan?

Perhitungan Umum

Secara umum pajak progresif ini akan dibayarkan 1% dari nilai harga jual kendaraan tersebut. Namun dikarenakan tidak semua kendaraan sama Jadi kemungkinan adanya dapat berubah-ubah setiap tahunnya. Walau hanya dibayarkan sekali pajak kendaraan ini akan tetap harus dibayarkan oleh seseorang yang membeli sebuah kendaraan bermotor.

Semisal Kamu membeli sebuah kendaraan dengan harga Rp. 100.000.000 maka pajak progresif yang harus dibayarkan adalah Rp. 1.000.000. Tentunya disini Kamu harus menyiapkan beberapa dokumen sebagai lampiran ketika ingin membayarkan pajak progresif tersebut. Salah satunya tentu adalah STNK dan juga BPKB.

Hal yang harus diperhatikan yaitu dimana tempat Kamu tinggal. Setiap daerah memiliki ketentuan-ketentuan berbeda-beda dalam pembayaran pajak progresif motor. Untuk DKI Jakarta misalnya, Kamu diharuskan untuk membayar pajak sebesar 2% dari nilai jual. Hal itu juga dibarengi dengan kenaikan 0,5% setiap kali Kamu membeli kendaraan yang baru.

Angka tersebut bersifat akumulatif jadi ketika Kamu memiliki 10 mobil maka Kamu akan membayar pajak progresif nya sebesar 5% sebagai tambahan. Sebenarnya perhitungan ini tidak jauh berbeda dengan cara menghitung pajak progresif mobil. sebab pada dasarnya kedua hal ini sama hanya saja yang membedakan adalah harga pembelian serta jenis kendaraan yang dimiliki.

Pembayaran itu dapat dilakukan di samsat terdekat atau Samsat di kotamu. Tetapi Kamu juga harus memperhatikan bahwasannya angka pajak yang akan  diberikan yakni angka pacar dimana kendaraan tersebut terdata. Semisal Kamu membayarnya di Jakarta tapi kendaraanmu terdaftar di Bali maka pajaknya akan ikut dengan pajak Bali.

Prosesnya Akan Memakan Waktu

Biasanya proses pembayarannya tidaklah lama tetapi proses antri dan juga pendaftarannya terkadang memakan waktu cukup lama. Di sini banyak orang yang sering menggunakan jasa dari pihak ketiga untuk melakukan pembayaran. Terlebih lagi pergi dengan dari pajak tersebut apabila tidak dipersiapkan sebelumnya bisa jadi membuat seseorang kaget.

Persiapan pembayaran pajak memang tidak asal-asalan. Biasanya orang akan meminta pada jasa penghitung pajak untuk memperhitungkan berapakah pajak yang harus mereka persiapkan untuk membayar pajak progresif motor ataupun mobil. Perhitungan pajak progresif motor sebenarnya tidak serta-merta hanya 1% dari harga jual namun terkadang ada beberapa biaya tambahan.

Oleh karena itu, apabila Kamu masih sangat awam dengan proses pembayaran ini sangat disarankan untuk menggunakan jasa pihak ketiga. Adakami.com merupakan salah satu penyedia jasa untuk menghitung pajak serta melakukan pembayaran secara langsung. Dengan kata lain Kamu tidak perlu antri ataupun berlama-lama menunggu untuk membayar.

Kalau Tidak Bayar Gimana?

Tentu saja kalau Kamu tidak membayarkan pajak progresif tersebut Kamu kita akan bisa melakukan perpanjangan STNK. Pajak yang notabene merupakan salah satu penghasilan negara memang wajib dibayarkan oleh setiap warga negara. dengan kata lain apabila Kamu tidak membayar pajak Kamu tidak boleh mengeluh bahwa jalan yang di kotamu rusak.

Sebab seluruh ongkos perawatan tersebut, akan menggunakan uang pajak untuk melakukan perawatan. Apabila semua orang menolak untuk membayar pajak, maka yang terjadi adalah gagalnya perawatan serta rusaknya fasilitas umum yang mungkin Kamu juga nikmati.

Apa Untungnya Pakai Pihak Ketiga?

Keuntungannya tentu Kamu tidak perlu kerepotan dalam mengurus perhitungan pajak progresif motor. sebab sudah dipastikan bahwa pajak itu sudah diperhitungkan sebelumnya dan Kamu hanya perlu menyiapkan uangnya saja. Sayangnya masih banyak orang yang ketakutan untuk menggunakan jasa tersebut.

Pada proses yang dilakukan pasti melalui jalan yang resmi dan legal. Sebab urusan pajak itu sangat sangat ketat. jadi rasanya tidak mungkin seseorang punya pintu belakang untuk mengurus pajak. Lagipula itu juga diatur dalam undang-undang jadi sepertinya Kamu tidak perlu khawatir soal keamanannya.

Sebenarnya tidak hanya pajak progresif saja yang dapat diurus. Hampir semua urusan yang terkait dengan pajak dapat dibantu oleh adanya pihak adakami.com ini. Membuat NPWP ataupun SPT tahunan pribadi juga dapat dibantu. Seperti yang Kamu ketahui bahwa prosesnya memang sedikit ruwet terlebih lagi urusan persiapan dokumen yang tidak boleh ada kesalahan.

Orang akan kesulitan membayar pajak biasanya karena tingkat kedetailan dokumen yang benar-benar detail. Jadi kesalahan sekecil apapun akan membuat prosesnya terhambat. Di sinilah peran pihak ketiga dalam mengurus dokumen serta memperhitungkan nilai pajaknya. Dengan kata lain Kamu akan sangat dimudahkan dan juga menyingkat banyak waktu.

Tentunya apabila Kamu tertarik untuk melihat terlebih dahulu sebenarnya apa saja yang ditawarkan oleh ada kami.com Kamu bisa langsung menuju ke alamat tersebut untuk melihat sebenarnya apa saja hal yang ditawarkan. Yang jelas urusan pajak memang tidak boleh asal-asalan karena itu merupakan hal yang krusial bagi seorang warga negara.