Investasi Lebih Menguntungkan

Menabung di Bank memang menjanjikan kenyamanan dan keamanan, serta tidak beresiko. Namun itu bukan pilihan yang bijak untuk mengembangkan uang, mengingat bunga yang diberikan sangat kecil. Bahkan nilai uang kamu bisa berkurang akibat tergerus inflasi.

Selain itu, bank pun biasanya membebankan biaya administrasi yang akan langsung dipotong dari saldo tabungan kamu. Nilainya beragam, mulai dari 5 ribuan hingga 20 ribuan, tergantung dari Bank tempat kamu menyimpan uang.

Sementara investasi dinilai lebih direkomendasikan karena ada beberapa keuntungan investasi yang bisa kamu dapatkan, diantaranya:

  1. Pertumbuhan atau penambahan nilai aset atau instrumen investasi kamu jauh lebih cepat, bahkan dalam satu tahun nilainya bisa berlipat ganda.
  2. Dana yang kamu investasikan, misalnya saham, akan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan, sehingga jauh lebih aman.
  3. Dana yang kamu tanamkan akan dikelola langsung oleh pihak profesional atau lembaga resmi yang punya legalitas jelas, sehingga keamanan dan peluang keuntungannya lebih pasti.
  4. Investasi bisa melawan inflasi, bahkan kamu bisa tetap untung meski dibawah badai ekonomi. Tentu saja ini akan terjadi jika kamu memilih instrumen investasi yang tepat.
  5. Kamu tidak perlu lagi memikirkan biaya masa depan, bahkan uang pensiun. Hal ini karena keuntungan investasi akan terus tumbuh, bahkan dapat diwariskan ke anak-cucu nanti.

Selain itu, dengan berinvestasi kamu bisa mendapatkan lebih banyak ‘lobang’ penghasilan. Hal ini disebabkan karena investasi jauh lebih fleksibel.

Trik Investasi Menguntungkan

Karena menjanjikan keuntungan yang lebih tinggi, tentu ada harga yang harus dibayar. Jika menabung hanya perlu membuka rekening tabungan, dan menyetorkan uang secara berkala, maka berinvestasi tidak sesederhana saat kamu menabung.

Ada banyak pertimbangan yang harus kamu ambil, mulai dari jenis investasi yang akan kamu ambil, peluang dan resiko yang harus dihitung secara cermat, serta seberapa besar peluang pertumbuhan dari uang yang kamu investasikan.

Berikut merupakan trik meraih keuntungan berlipat dari investasi.

  1. Pilih instrumen investasi sesuai dengan passion kamu. Misalnya, jika kamu senang berhitung dengan peluang dan siap mengambil resiko, maka investasi saham dinilai pas buat kamu.
  2. Jika kamu lebih senang bermain di zona aman, investasi emas atau logam mulia bisa jadi solusi. Alternatif lainnya, kamu bisa mengambil reksa dana.
  3. Pelajari seluk beluk investasi tersebut. Di sini kemampuan melihat dan menangkap peluang sangat dibutuhkan. Ingat, investasi tentang hitung-hitungan, bukan keberuntungan.
  4. Untuk pemula, kamu bisa memulai berinvestasi dengan instrumen yang tahan terhadap inflasi, misalnya emas dan reksadana.
  5. Jangan menyimpan telur dalam satu keranjang. Artinya, kamu harus menyimpan uang di beberapa instrumen investasi, setelah itu kamu bisa reviews mana investasi yang dijagokan.

Yang paling penting, berinvestasilah sekarang juga. Percuma jika kamu hanya terus mengumpulkan data tanpa eksekusi. Dunia investasi terus berubah, bisa saja hitungan yang kamu lakukan sekarang, tidak akan berlaku lagi di beberapa bulan ke depan.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan orang-orang yang paham investasi. Jika memang dibutuhkan, kamu bisa menyewa seorang konsultan profesional. Memang butuh biaya, tapi peluang keuntungan investasi yang bisa kamu dapat jauh lebih besar ketimbang hanya modal spekulasi.