Hampir semua orang sadar akan pentingnya menabung untuk rencana keuangan masa depan. Namun hanya sedikit yang bisa konsisten melakukannya. Kebanyakan berakhir hanya sebatas keinginan, alias rencana tanpa realisasi. Terkadang ada juga yang berhasil, namun hanya sesaat.

Nah jika kamu selama ini termasuk tipe orang yang sulit menyimpan uang, cobalah untuk melakukan beberapa tips sukses menabung berikut ini. Simple kok!

  1. Tentukan Target Keuangan

Untuk tahap awal, cobalah untuk membuat tujuan keuangan jangka pendek, misalnya membeli barang yang sangat diinginkan, atau demi berlibur ke tempat favorit. Pilihlah tujuan keuangan yang kira-kira dapat tercapai dalam waktu di bawah 6 bulan, namun tidak terlalu banyak menghabiskan anggaran.

Misalnya, dalam 6 bulan kamu ingin pergi ke tempat A yang bisa dijangkau dengan budget 600 ribuan. Itu artinya, selama itu kamu hanya perlu menyimpan uang sebesar 100 ribu per bulan. Simpan uang tersebut dalam celengan khusus, atau bisa juga kamu membuat rekening terpisah.

  1. Masuk Anggaran Wajib

Jika kamu termasuk tipe orang yang menganggap tabungan merupakan uang sisa dari kebutuhan popkok, maka hingga kapanpun kamu tidak akan bisa menabung. Pasalnya, prinsip ini malah akan membuat kamu selalu tergoda menghabiskan uang jelang waktu gajian tiba.

Mayoritas pakar keuangan setuju jika tips sukses menabung yang paling utama adalah, memasukkan tabungan ke dalam daftar anggaran wajib per bulan. Bahkan posisinya sebagai anggaran wajib, sama seperti membayar cicilan rumah, biaya makan, dan lainnya.

  1. Kecil Tapi Konsisten

Karena terlalu semangat, kamu akhirnya mengalokasikan yang cukup besar untuk tabungan. Terlihat baik, tapi faktanya ini justru menjebak. Pasalnya, saat kamu kekurangan uang di tengah bulan, mau tidak mau uang tabungan tersebut akan ‘dipinjam’ dulu demi menutupi kebutuhan pokok.

Pola inilah yang akhirnya membuat banyak orang tidak konsisten dalam menabung, bahkan membuat banyak orang akhirnya menyerah. Idealnya, kamu hanya perlu mengalokasikan 2.5-5 persen dari total pendapatan bulanan kamu. Biar kecil, yang penting konsisten.

  1. Gunakan Celengan Khusus

Selain menabung di bank, tips sukses menabung lainnya yang wajib kamu pertimbangkan adalah, menyediakan celengan khusus di rumah. Untuk celengan ini kamu tidak perlu menggunakan anggaran khusus, sebab fungsinya hanya sebagai tempat penampungan uang kecil, terutama uang koin.

Jadi sistemnya, setiap mendapat kembalian uang kecil, langsung masukkan uang tersebut ke dalam celengan. Tapi ingat, hindari menggunakan celengan berbahan kayu atau bahan lainnya yang beresiko mengundang tumbuhnya rayap. Bahan plastik atau logam bisa jadi solusi.

  1. Pakai Fitur Otomatis

Kamu tentu sudah familiar dengan fitur otomatis transfer dalam aplikasi e-banking. Nah gunakan fitur ini untuk menjaga konsistensi kamu dalam menabung. Untuk melakukan trik ini, sebaiknya kamu gunakan dua rekening dari bank yang sama, atau yang memberi fasilitas transfer gratis antar bank.

Tapi ingat, khusus untuk rekening yang digunakan untuk tabungan, sebaiknya kamu tidak perlu menyertakan kartu ATM atau mengaktifkan e-banking. Untuk cek saldo dan lainnya, kamu bisa melakukan print out. Merepotkan memang, tapi ini dilakukan demi menghindari godaan belanja.

Selain trik tersebut, setiap orang punya tips sukses menabung masing-masing. Agar semangat menabung kamu tetap tumbuh, cobalah untuk sering berkumpul dan meminta nasihat kepada orang-orang yang sudah lebih dulu sukses menabung.