Tren investasi di Indonesia belakangan ini mulai meningkat tajam. Banyak kaum muda yang mulai sadar akan pentingnya memilih jenis investasi terbaik untuk mempersiapkan masa depan mereka, ketimbang hanya fokus menyimpan uang dalam bentuk tabungan.

Selain itu, investasi pun merupakan jalan terbaik untuk meraih kebebasan finansial dengan cepat. Mengenai jenisnya, sebenarnya ada banyak jenis investasi yang bisa kamu pilih. Namuh khusus di Indonesia, kamu akan lebih banyak menemukan beberapa jenis investasi berikut ini.

  1. Saham

Saham merupakan salah satu jenis investasi yang cukup populer di Indonesia, dan mulai diminati para pebisnis muda. Sifat saham sendiri high risk & high return, atau punya resiko yang cukup besar, namun menjanjikan keuntungan yang tinggi.

Ada beberapa karakter umum yang bisa kita lihat dari investor yang bermain saham. Pertama mereka yang lebih senang menyimpan saham untuk mendapat keuntungan jangka panjang, ada pula yang lebih memilih untuk bermain trading. Para trader biasanya lebih mengejar keuntungan cepat.

  1. Deposito

Mereka yang lebih senang bermain di zona aman, kebanyakan lebih memilih deposito ketimbang saham. Selain lebih aman karena sudah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga 2 Miliar, keuntungan deposito pun jauh lebih tinggi ketimbang menyimpan uang dalam bentuk tabungan.

Namun dibalik kemudahan, dan keamanannya, deposito pun menyimpan beberapa kerugian, salah satunya penarikan dana hanya bisa dilakukan di waktu tertentu, misalnya 3 bulan, 6 bulan, dan lainnya. Makin lama uang yang kamu depositokan, keuntungannya akan jauh lebih besar.

  1. Properti

Kebutuhan hunian makin tinggi, sementara lahan yang digunakan semakin terbatas. Inilah yang membuat harga properti terus melambung tinggi. Bahkan jika kamu beruntung punya properti di tempat yang masuk rencana pengembangan, harganya bisa langsung loncat hingga berkali-kali lipat.

Tapi ingat, properti pun tidak 100% tanpa resiko, salah satunya yang harus kamu hadapi adalah, sulit diuangkan. Bahkan untuk menjual satu properti, kamu harus menunggu hingga berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Selain itu, modal yang harus dikeluarkan untuk jenis investasi ini pun harus besar.

  1. Obligasi

Obligasi atau surat utang merupakan salah satu jenis investasi yang banyak dipilih para investor di Indonesia. Selain karena keuntungannya yang cukup besar, obligasi pun cukup menggiurkan karena menjanjikan pendapatan tetap selama jangka waktu tertentu.

Sementara untuk kekurangannya, obligasi tidak dijamin oleh pihak penjamin sehingga saat perusahaan yang menerbitkan obligasi dinyatakan bangkrut, uang kamu pun akan hangus. Selain itu, obligasi sangat rentan dengan inflasi dan kenaikan suku bunga.

  1. Logam Mulia

Mereka yang memilih logam mulia atau emas terdiri dari dua karakter, pertama tipe investor yang mengejar keuntungan. Mereka umumnya akan segera menjual emas saat berada di harga tertinggi, dan akan membelinya kembali saat berada di harga terendah.

Ada pula yang memilih emas sebagai bentuk lain dari simpanan uang atau sebagai dana darurat. Sebenarnya sah-sah saja sih, bahkan menyimpan uang dalam bentuk emas jauh lebih disarankan karena lebih aman, sangat mudah dicairkan, dan tidak terpengaruh dengan inflasi.

Selain itu, masih banyak jenis investasi lainnya yang belakangan ini diminati oleh investor muda di Indonesia. Nah kalau kamu gimana. Jenis investasi apa yang dipilih?