Melihat kesuksesan orang lain, wajar jika kita bermimpi untuk bisa jadi seperti mereka. Tapi apakah kamu bersedia berada di posisi mereka sebelum meraih kesuksesan? Meski merasa hidupmu sulit, dijamin tidak semua orang akan mampu berada dalam kondisi seperti mereka.

Berikut beberapa film inspiratif yang menceritakan kehidupan para pebisnis besar sebelum mereka meraih kesuksesan.

  1. The Pursuit of Happiness

Film yang dirilis tahun 2016 tersebut menceritakan perjuangan Chris Gardner dalam meraih kesuksesan. Di masa muda Gardner diceritakan pernah jadi tunawisma, bekerja serabutan, hingga magang di perusahaan pialang saham selama 6 bulan tanpa bayaran.

Dalam film tersebut kamu pun bisa melihat bagaimana perjuangan Gardner membesarkan anaknya yang masih Balita, ditinggalkan istri karena masalah ekonomi, hingga berebut jatah makan dan tempat tidur dengan tunawisma lainnya. Bahkan Gardner dan anaknya pernah tidur di toilet stasiun

Setelah melewati masa-masa sulit, Gardner kini berhasil jadi seorang investor sukses, pialang saham, motivator sekaligus penulis. Pernah merasakan hidup susah, Gardner pun kini dikenal sebagai seorang dermawan yang tidak ragu memberikan sumbangan demi kemanusiaan.

  1. Joy

Film Joy yang rilis tahun 2015 menceritakan tentang kisah sukses Joy Mangano, wanita sukses yang kini punya hak paten atas 100 penemuan. Tidak hanya itu, Joy kini dikenal karena keberhasilannya menjual jutaan dolar produk miliknya dalam acara Home Shopping Network.

Tapi itu Joy sekarang. Bagaimana dengan kehidupannya sebelum sukses? Joy merupakan wanita tangguh yang bekerja di bagian reservasi tiket pesawat, dan pelayan restoran. Pekerjaan ganda tersebut harus dilakukannya demi menghidupi ketiga anaknya yang masih kecil.

Sadar dengan penghasilannya yang sangat kecil, Joy kemudian memutar otak hingga akhirnya menemukan ide membuat alat pel inovatif yang bernama Miracle Mop. Alat pel inilah yang kemudian mengantarkan Joy jadi pebisnis wanita sukses dengan omset jutaan dollar.

  1. The Founder

Pernah makan di restoran cepat saji McDonald’s? Film yang rilis tahun 2016 tersebut menceritakan kisah Ray Kroc yang harus jatuh bangun ‘merebut’ merek McDonald’s dari Maurice dan Richard McDonald, hingga akhirnya merek tersebut jadi restoran cepat saji terbesar di dunia.

Dalam film ini, kamu bisa melihat bagaimana sosok Kroc yang sangat jeli melihat peluang, sangat ulet, dan penuh ide-ide bisnis fantastis. Namun sayang, ketika itu keinginannya untuk membesarkan nama McDonald’s harus terganjal oleh pemikiran McDonald bersaudara yang cenderung pasif.

Di tahun 1961, Kroc kemudian mengambil keputusan penting membeli seluruh saham McDonald’s dengan harga USD 2,7 juta. Sejak saat itu Kroc seolah tidak terbendung. Dia berhasil melebarkan sayap bisnisnya hingga membuat merek McDonald’s seperti sekarang ini.  

  1. The Billionaire

Jika Joy dan Chris Gardner merupakan contoh pebisnis yang kuat karena anak-anak, film The Billionaire menceritakan kisah sukses pebisnis muda asal Thailand bernama Itthipat Tob Kulapongvanich karena motivasi ingin berbakti kepada orang tuanya.

Dalam film tersebut, pengusaha yang dikenal dengan nama Tob Ittipat digambarkan sebagai anak yang punya naluri bisnis sejak kecil. Dia berhasil menjadikan game online sebagai sumber uang, kemudian di usia 17 tahun dia putus sekolah dan menjadi penjual kacang di mall.

Di usia 18 tahun, Tob Ittipat harus menerima kenyataan keluarganya bangkrut dan meninggalkan banyak hutang. Dari sinilah titik balik kehidupan Tob Ittipat, hingga akhirnya berhasil sukses lewat cemilan rumput laut dengan merek Tao Kae Noi.