Kondisi pandemi covid-19 yang kita hadapi hingga saat ini berdampak luas diberbagai aspek kehidupan, tak terkecuali pada bidang ekonomi dan keuangan. 

Agar dapat melewati masa pandemi dengan mudah, selain menjaga kesehatan tubuh agar tidak tertular dan terkena penyakit, kamu juga harus memperhatikan kesehatan keuanganmu. Caranya dengan mengatur keuangan dengan bijak dan cermat.

Untuk melakukan hal tersebut, kamu bisa melakukan hal-hal berikut sebagai panduannya.

1 . Catat Pemasukanmu dan Buat Anggaran

Pengelolaan anggaran yang baik harus lebih kecil atau setidaknya tidak melampau dari besarnya pendapatanmu.

Buatlah rencana anggaran dengan mengurut pada: 

  • Kebutuhan primer yang menjadi kebutuhan pokokmu antara lain  belanja kebutuhan harian , sewa kontrak/kos atau angsuran rumah jika dan pakaian.
  • Kebutuhan sekunder; dimana kebutuhan ini dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer tercukupi. Seperti handphone, televisi, perabotan rumah tangga dll,
  • Kebutuhan tersier adalah kebutuhan terhadap barang mewah atau masih dianggap barang mewah.

Juga perlu ditambahkan catatan penting untuk kebutuhan menabung, kebutuhan mendadak tak terduga dan dana sosial untuk memerikan sumbangan atau zakat. 

2 . Belanjakan uangmu hanya berdasarkan pada anggaran yang sudah dibuat 

Belajar untuk mendisplinkan diri untuk tetap berpatokan pada anggaran yang sudah kamu buat. Jangan mudah tergoda pada iming-iming harga diskon untuk barang-barang yang tidak tertera pada perencanaan keuanganmu. Kamu hendaknya memiliki kesadaran diri untuk membelanjakan uang berdasarkan kebutuhan, bukan keinginanmu. 

3 . Buat pembukuan untuk semua pengeluaran

Semua anggaran yang sudah menjadi biaya dibuatkan pembukuan pengeluarannya. Tidak terkecuali pengeluaran-pengeluaran kecil agar kamu tahu dan menyadari untuk apa saja pengeluaran yang sudah kamu lakukan. Membayar parkir, jajan makanan ringan atau minuman yang berkesan sepele tetapi tetap harus dicatat. Karena jika hal ini sering kamu lakukan, jumlahnya menjadi lumayan besar. 

4 . Selektif dan Teliti Ketika Membeli Sesuatu

Sebelum membeli sesuatu, carilah informasi sebanyak mungkin untuk membandingkan kualitas dan harga yang ingin kamu beli. Pastikan kamu membayar hanya untuk harga yang terbaik.

5. Teraturlah menabung

Dengan membiasakan diri menabung, membantu kamu cakap dalam mengelola finansial secara sehat. 

6 . Menimbang secara matang sebelum membeli barang yang mahal

Mungkin sesekali kamu ingin membeli suatu barang baru dengn harga yang cukup mahal. Sebelum memutuskan untuk membelinya, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu dengan pertanyaan kepada dirimu sendiri. Apakah barang tersebut benar-benar kamu butuhkan saat ini? Apakah kamu mampu membelinya tanpa mengorbankan dan mengabaikan kebutuhan pokok mu? Atau kamu harus berhutang agar bisa membeli barang itu?

7 . Selektif memilih sumber dana pinjaman yang terpercaya 

Untuk semua pengeluaran diluar kebutuhan pokok, kamu sebaiknya selalu menimbang dari segi urgensitas dan kondisi keuangan.

Namun jika memang mendesak dan ternyata dana yang ada tidak mencukupi karena terbilang kebutuhan mendadak dan harus mencari pinjaman yang terpercaya dengan interest yang masuk akal dan dengan proses cepat.

AdaKami bisa menjadi pilihan solusimu. AdaKami adalah perusahaan peminjaman berbasis online yang sudah mengantongi ijin dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Keuntungan yang bisa kamu peroleh antara lain proses pengajuannya mudah dan cepat, teror pembayaran yang ditawarkan fleksibel mulai dari 91 hingga 180 hari dan bunga rendahnya yang begitu menggiurkan. 

Jika kamu kadang lalai dalam memenej keuanganmu, mungkin sekarang saatnya untuk bersikap disiplin pada diri sendiri dan mulailah berlatih mengelola keuangan secara bijak dan menjadikan kebiasaan sehari-hari agar kondisi finansialmu menjadi lebih baik