Kamu tentu sering mendengar istilah financial freedom atau merdeka financial. Tapi bagaimana dengan financial Wisdom? Meski sama-sama jadi goal utama dalam hal pengelolaan keuangan, baik financial wisdom maupun financial freedom merupakan dua kondisi yang sangat berbeda.

Secara garis besar, financial freedom atau merdeka financial digambarkan sebagai kondisi ketika seseorang berada dalam kondisi mapan secara finansial, yang ditandai dengan arus income, lebih besar dari total pengeluaran, atau minimalnya sama.

Selain itu, kamu pun baru bisa dikatakan berada dalam kondisi merdeka financial jika sudah tidak punya cicilan hutang, memiliki dana darurat, tabungan dan semua kebutuhan hidup terpenuhi.

Sementara untuk financial wisdom, kondisi ini menggambarkan ketika kamu sudah berada dalam kondisi merasa cukup dengan total pendapatan yang diterima, bahkan bisa menggunakan uang tersebut untuk memberikan manfaat kepada orang lain.

Bagaimana Cara Mencapai Financial Wisdom?

Untuk mencapai financial wisdom, yang harus kamu siapkan hanya mindset untuk mengubah cara pandang kamu tentang uang. Di tangan mereka yang sudah mencapai financial wisdom, uang bukan hanya sekedar alat untuk memenuhi kebutuhan pribadi, tapi juga memberi manfaat kepada orang lain.

Menariknya, financial wisdom ini disebut-sebut berada di level yang lebih tinggi ketimbang merdeka finansial, tapi kamu nggak perlu mencapai financial freedom dulu untuk mencapainya.

Nah buat kamu yang sedang berusaha untuk bisa mencapai level financial wisdom, berikut merupakan beberapa trik untuk meraihnya. Tapi ingat, seperti disebutkan di atas, kamu nggak perlu mencapai level financial freedom untuk bisa mencapai financial wisdom.

  1. Gapai Mandiri finansial

Mandiri financial bukan hanya tentang penghasilan, tapi tanggung jawab terhadap uang yang mereka belanjakan. Untuk mengetahuinya, kamu hanya perlu melihat apakah selama ini kamu masih mengandalkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan pribadimu atau tidak.

Jika semua yang kamu butuhkan sudah mampu ditanggung sendiri, maka kamu sudah masuk dalam kategori mandiri secara finansial. Jika belum, maka diusahakan untuk mencapai level tersebut.

  1. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Seperti dijelaskan di atas, financial wisdom merupakan kondisi ketika kamu sudah bijak dalam mengelola keuangan, termasuk dalam hal pengeluaran belanja. Orang yang sudah mencapai level financial wisdom sudah pasti akan membelanjakan uangnya berdasarkan kebutuhan.

Untuk mengetahuinya, kamu hanya perlu melihat kembali pos pengeluaran bulan ini. Apakah semua yang kamu beli sudah sesuai dengan kebutuhan atau masih berdasarkan keinginan saja?

  1. Jangan Lupa Masa Depan

Selain mampu membedakan kebutuhan dan keinginan, orang yang sudah berada di livel financial wisdom pun sudah menyadari akan pentingnya masa depan. Untuk itu, mereka akan selalu berusaha mempersiapkannya dengan mengelola keuangan sebaik mungkin.

Mereka tidak hanya berusaha untuk menabung, tapi juga berinvestasi dan berusaha memenuhi rekeningnya dengan dana darurat.

  1. Konsisten Beramal

Saving dan giving merupakan kunci dari seseorang yang sudah mencapai financial wisdom. Mereka akan berusaha menyisihkan pendapatannya untuk beramal. Tidak banyak orang yang mampu melakukannya secara konsisten, maka sangat wajar jika level financial wisdom ini sangat spesial.

Bagaimana dengan kamu? Apakah sudah mencapai level financial wisdom atau masih berusaha untuk mencapainya? Tidak mudah memang, tapi berusahalah untuk menggapainya.