Kamu tentu sudah mendengar istilah relationship goal dan body goal. Keduanya merujuk kepada kondisi ideal untuk hal yang dituju. Tapi pernahkah kamu mendengar istilah life goal? Apakah kamu sudah menentukannya, atau justru kini sudah memilikinya?

Sama seperti goal-goal lainnya, life goal merujuk kepada kondisi ideal yang paling kamu inginkan. Berbeda dengan cita-cita, life goal lebih kepada kondisi final dimana kamu benar-benar akan merasa puas dalam menjalani hidup jika sudah mencapai titik tersebut.

Menariknya, life goal tidak hanya bicara tentang materi, atau karir, terkadang bisa berwujud sebuah kemudahan untuk menikmati sesuatu yang diinginkan, kehidupan penuh kedamaian dan lainnya.

Kapan Harus Punya Life Goal?

Tidak ada usia pasti kapan kamu harus punya life goal. Namun makin cepat tahu apa tujuan hidupmu, kamu akan semakin mudah menentukan strategi untuk berusaha mencapai kondisi paling ideal yang kamu inginkan dalam hidup ini.

Sebagai catatan, terkadang meski sudah berhasil meraih cita-cita, belum tentu kamu sudah berhasil meraih life goal. Life goal bukan pencapaian yang sederhana, tapi pencapaian yang datang dari perenungan terkait tujuan hidupmu.

Nah buat yang belum menentukan apa kondisi ideal yang paling kamu inginkan dalam hidup ini, berikut merupakan beberapa trik untuk menemukannya.

  1. Kenali Apa Yang Paling Menarik Untukmu

Setiap orang tentu punya hal yang dianggap paling menarik. Misalnya, buat kamu yang mendambakan hidup berkecukupan, mungkin kondisi ideal tersebut bisa dicapai saat semua kebutuhan dan keinginan bisa dengan mudah terpenuhi, dan kamu bisa hidup dengan semua kemewahan.

Tapi bagi orang yang mendambakan ketenangan, mungkin hidup di wilayah pedesaan, dan menyatu dengan alam merupakan hal yang paling diinginkan. Untuk menentukan life goal, cobalah temukan satu hal yang benar-benar paling menarik dan yang paling diinginkan.

  1. Kumpulkan Inspirasi Dari Orang-orang Sukses

Setelah mengetahui apa kondisi ideal yang paling kamu inginkan, saatnya mencari inspirasi dari orang-orang yang punya passion sama, dan sudah kamu anggap sukses dalam kehidupannya. Korek semua informasi tentang mereka, hingga akhirnya bisa mencapai life goal.

Tapi ingat, perjalanan sukses mereka hanya boleh dijadikan sebagai inspirasi saja, bukan untuk dijiplak semirip mungkin. Meski punya passion yang sama, bukan berarti life goal yang sudah dicapai orang tersebut sama dengan life goal yang ingin kamu capai.

  1. Susun Strategi Untuk Meraihnya

Sebuah keinginan tidak mungkin bisa dicapai tanpa usaha. Makin tinggi keinginanmu, maka tantangan yang harus kamu hadapi pun akan semakin sulit. Ini sudah hukum alam. Maka dari itu, jangan berhenti di titik inspirasi, kamu harus terus berjalan hingga mencapai life goal yang diinginkan.

Caranya, susun strategi untuk berada di jalur yang kamu inginkan. Misalnya, jika kamu menginginkan kehidupan damai di tengah desa, mulailah untuk berinvestasi dengan membeli sebidang tanah di daerah tersebut. Tidak masalah meski lokasinya jauh dari tempat tinggalmu sekarang.

  1. Jangan Pernah Menyerah

Tidak ada yang mudah untuk mencapai kondisi ideal dalam kehidupan. Tantangan hadir untuk bisa kamu taklukan. Yang harus kamu lakukan sekarang hanya fokus kepada tujuan utama yang ingin diraih, dan abaikan suara sumbang yang hanya akan melemahkan perjuanganmu. Selama kamu yakin akan mampu meraihnya, maka life goal yang paling diinginkan akan bisa kamu raih. Selamat berjuang!