Generasi Milenial dikenal sebagai generasi yang melek teknologi, aktif dan kreatif. Mereka umumnya sudah terbiasa ‘ngoprek’ gadget, dan bahkan beberapa diantaranya sudah menjadikan aktivitas mereka dengan gadget sebagai cara untuk mendapatkan penghasilan.

Dikutip dari Business Insider, berikut merupakan beberapa profesi yang populer di kalangan milenial, dan diprediksi akan terus berkembang hingga beberapa tahun mendatang.

  1. Mobile Developer

Kebanyakan orang sudah mulai sangat bergantung kepada gadget, terlebih belakangan ini banyak aplikasi yang memudahkan mereka dalam beraktivitas. Inilah yang dimanfaatkan kebanyakan generasi milenial sebagai celah bisnis. Mereka membuat beragam aplikasi untuk menunjang aktivitas harian.

Dalam data terbarunya, Business Insider bahkan mencatat potensi bisnis mobile developer ini bisa mendatangkan penghasilan sekitar USD 96,631.

  1. Data Scientist

Data scientist merupakan salah satu profesi yang belakangan ini banyak dicari. Banyak perusahaan besar yang membutuhkan mereka, jadi wajar kalau penghasilan seorang data scientist pun sangat besar. Inilah alasan kenapa generasi milenial banyak yang mencoba untuk mengikutinya.

Hanya bertugas menganalisis data yang relevan, memanfaatkan algoritma dan mengidentifikasi trend, penghasilan data scientist bisa mencapai USD 96,115.

  1. Ahli Devops

Generasi Milenial dikenal sangat suka dengan tantangan. Makanya pekerjaan sebagai ahli DevOps cukup digandrungi. Umumnya mereka bertugas untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak, mengurusi IT, melakukan pengkodean dan pengujian produk.

Soal gaji, jangan kaget. Rumitnya pekerjaan yang harus mereka lakukan membuat ahli DevOps digaji cukup tinggi. Bisa mencapai USD 87,400 lho.

  1. Desainer User Interface

Hampir setiap produk digital kini membutuhkan UI atau UX yang unik dan mudah dioperasikan. Misalnya untuk smartphone, meski sama-sama berbasis Android, tapi setiap produsen smartphone punya UI atau UX yang berbeda sebagai ciri khasnya.

Nah bekerja sebagai desainer UI atau UX ternyata dibayar mahal lho. Kalau kamu dipercaya perusahaan besar, penghasilanya bisa mencapai USD 80,296.

  1. Analis Keuangan

Untuk pekerjaan yang satu ini memang butuh kemampuan ‘berhitung’ dan prediksi yang tinggi. Tidak main-main lho, seorang analis keuangan sangat berperan dalam mengambil keputusan investasi sebuah perusahaan. Mereka pun harus mampu menganalisis sistem keuangan perusahaan secara keseluruhan.

Karena tugasnya yang berat, dan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang dengan naluri bisnis tinggi, seorang analis keuangan bisa digaji hingga USD 69,560.

  1. Analis Bisnis

Kamu tahu kan sekarang bisnis franchise sedang menjamur? Nggak cuma bisnis waralaba, belakangan ini banyak model bisnis baru yang bermunculan, baik berupa model bisnis baru, maupun modifikasi dari model bisnis sebelumnya. Semua itu merupakan buah karya dari seorang analis bisnis.

Untuk jenis pekerjaan ini, kamu harus pintar dalam membaca peluang, mempelajari habit, passion dan menentukan target pasar. Untuk pekerjaan ini, kamu bisa mendapat bayaran hingga USD 69,367.

  1. Administrator System

Administrator System atau admin sistem atau yang dikenal juga dengan sebutan SysAdmin merupakan sosok yang sangat bertanggung jawab atas sistem teknologi internal perusahaan, terutama perusahaan yang sudah mengadopsi sistem komputerisasi.

Penghasilan untuk seorang SysAdmin ini cukup besar lho, mencapai USD 67,464. Tapi sesuai dengan gajinya, kemampuan seorang SysAdmin dalam memahami dunia IT juga harus mumpuni lho!