Kata siapa sukses harus menunggu hingga usia matang. Buktinya banyak kok orang yang sudah meraih kesuksesan usianya yang masih sangat muda. Misalnya Alina Morse, Pendiri dan CEO Zollipops yang sukses di usia 13 tahun, atau Rachel Zietz, CEO Gladiator Lacrosse yang sukses di usia 18 Tahun.

Tapi untuk bisa sukses di usia muda, ada resiko yang harus kamu ambil, yakni harus berani bekerja keras dan kerja cerdas dari sekarang. Nah buat kamu yang punya cita-cita ingin sukses di usia muda, berikut merupakan beberapa tips yang harus mulai kamu lakukan dari sekarang.

  1. Kamu Harus Sukses!

Kamu harus sukses! Itulah kalimat motivasi yang harus kamu tanamkan sejak dini. Sebelum memulai aktivitas, cobalah untuk memotivasi diri agar lebih baik dari kemarin. Susun apa yang ingin kamu lakukan hari ini, dan pastikan semuanya berjalan sesuai rencana.

Sebelum tidur, evaluasi kembali kinerja kamu dalam satu hari ini. Apakah sudah sesuai dengan rencana yang kamu bikin di pagi hari, atau justru melenceng karena terlalu banyak membuang waktu untuk hal yang tidak produktif. Evaluasi semuanya, dan perbaiki esok hari.

  1. Tangkap Setiap Peluang

Coba lihat sekelilingmu, kemudian berpikirlah bagaimana cara sukses dengan memanfaatkan apa yang ada di lingkunganmu. Tentu ada banyak potensi yang bisa kamu manfaatkan, tugas pertama kamu hanya menentukan mana peluang yang ingin kamu ambil terlebih dulu.

Dalam mengambil peluang tersebut, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan. Pertama, bagaimana dengan kontinuitasnya, bagaimana potensi pasarnya, bagaimana dengan persaingannya, dan yang terakhir, potensi keuntungannya.

  1. Jangan Gengsi!

Gengsi merupakan penyakit kronis yang bisa menghambat kamu untuk sukses di usia muda.Hanya karena takut cibiran teman, banyak orang yang memilih untuk menunda merealisasikan impiannya, dan akhirnya melupakan tujuan utama yang sudah disusun sejak awal.

Ingat! Mereka tidak sama dengan kamu. Jika mereka hanya memikirkan hidup hari ini dan bagaimana caranya bersenang-senang, maka kamu adalah orang yang memikirkan bagaimana mempersiapkan masa depan dengan baik, tanpa lupa caranya bersenang-senang.

  1. Gagal? Bangkit Lagi!

Kamu masih muda, ada banyak tenaga dan potensi yang bisa kamu kembangkan untuk meraih kesuksesan. Jika satu kegagalan saja sudah membuatmu frustasi, dan akhirnya memilih untuk mundur, bagaimana mungkin kamu bisa menghadapi persaingan bisnis yang begitu keras?

Makanya, saat kegagalan datang menyapa, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah, evaluasi apa penyebab utama kegagalan tersebut, kemudian perbaiki. Tidak perlu buru-buru, yang penting satu langkah yang kamu ambil, semuanya sudah dipertimbangkan dengan matang.

  1. Evaluasi Kembali Lingkunganmu

Di usiamu yang masih sangat muda, memilih lingkungan yang tepat merupakan langkah penting untuk bisa meraih kesuksesan di usia muda. Jika perlu, cobalah untuk membuat komunitas yang berisi entrepreneur muda, serap ide-ide yang muncul dari lingkunganmu, dan diskusikan dengan mereka.

Jika ada peluang untuk membuka bisnis bersama, kenapa tidak kamu ambil. Namun yang jelas, berada di lingkungan para pebisnis akan memuat naluri bisnis kamu berkembang pesat, dan peluang untuk meraih sukses di usia muda akan lebih mudah direalisasikan. Selamat mencoba, semoga sukses!