Ketika mulai membuat bisnis dan menjadi seorang entrepreneur, Kamu harus mempunyai pondasi yang kuat untuk melakukan berbagai macam langkah supaya usaha bisa berjalan dengan baik.

Kenapa? Karena ada banyak sekali pelaku bisnis yang berhenti di tengah jalan dikarenakan berbagai alasan, alasan paling umum adalah kekurangan modal, perencanaan yang kurang, dan lain-lain.

Beberapa Hal Penting Sebelum Memulai Bisnis

Nah, berikut ini adalah 10 langkah yang harus Kamu coba lakukan supaya  usaha Kamu bisa berkembang dan sukses;

  1. Lakukan Riset

Sebagai seorang pengusaha yang akan memulai bisnis, tentu Kamu sudah mengidentifikasi bisnis apa yang akan Kamu jalankan.

Namun alangkah baiknya sebelum ide bisnis tersebut diaplikasikan dalam sebuah usaha, lakukan riset tentang seberapa besar bisnis tersebut akan berkembang dan berhasil.

Ada beberapa hal penting yang perlu Kamu ketahui ketika melakukan riset, diantaranya adalah Kamu harus cek apakah produk atau layanan yang akan Kamu tawarkan dibutuhkan masyarakat?

Terus siapa saja yang membutuhkan produk atau jasa Kamu? Bagaimana kompetisinya, apakah ada pebisnis lain yang juga menjual atau memberikan layanan yang sama seperti Kamu? Bagaimana caranya supaya produk atau jasa Kamu sesuai dengan permintaan pasar?

1. Buat Rencana

Sebelum Kamu mengaplikasikan ide bisnis yang Kamu punya, ada baiknya melakukan perencanaan bisnis yang matang terlebih dahulu. Perencanaan bisnis akan memandu Kamu untuk menjalankan bisnis mulai dari awal dibuat sampai dengan rencana pengembangan bisnis Kamu kedepannya.

Jika Kamu mencari dukungan dana dari investor, rencana bisnis atau proposal harus Kamu buat. Karena dari proposal inilah investor bisa melihat prospek perusahaan Kamu kedepannya.

2. Rencana Keuangan

Memulai bisnis kecil memang tidak memerlukan modal yang banyak, namun tetap saja membutuhkan modal awal untuk pengeluaran sebelum mendapat keuntungan.

Karena itulah penting untuk membuat rencana keuangan, termasuk memperkirakan apa saja pengeluaran untuk satu tahun ke depan. Kamu harus memperhitungkan mulai dari biaya produksi, biaya sewa, pemasaran, stok barang, gaji karyawan, dan lain sebagainya.

Setelah mempunyai perhitungan kasar, Kamu bisa memikirkan cara untuk mendanai bisnis Kamu tersebut, entah itu dari pinjaman usaha, angel investor, crowdfunding, dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui perhitungan keuangan, maka Kamu bisa membuat rencana bisnis yang jelas. Kamu jadi bisa memperkirakan dana yang dibutuhkan untuk modal usaha Kamu.

3. Tentukan Struktur Bisnis

Ada berbagai macam jenis bisnis, diantaranya adalah kepemilikan perseorangan, perseroan terbatas (LLC), kemitraan, atau korporasi. Badan usaha yang Kamu pilih nantinya ini akan mempengaruhi berbagai faktor mulai dari nama bisnis Kamu, kewajiban Kamu, sampai dengan bagaimana pengajuan pajak nantinya.

4. Dapatkan Lisensi dan izin Usaha

Dokumen adalah salah satu berbagai proses ketika Kamu mulai membangun sebuah  bisnis. Ada beberapa lisensi dan juga izin usaha yang bisa Kamu pilih sesuai kondisi usaha Kamu.

5. Pilih Sistem Akuntansi Keuangan

Supaya sebuah usaha kecil bisa berjalan efektif harus memiliki sistem. Sistem terpenting untuk sebuah bisnis kecil adalah sistem akuntansi untuk mengelola anggaran.

Selain itu sistem akuntansi juga digunakan untuk menetapkan harga dan tarif, melakukan bisnis dengan orang lain, dan juga untuk mengajukan pajak. Untuk sistem akuntansi ini Kamu bisa mengaturnya sendiri, jika tidak mahir Kamu bisa menyewa seorang akuntan.

6. Siapkan Lokasi Bisnis

Tempat bisnis merupakan suatu hal yang penting untuk mengelola dan menjalankan sebuah usaha. Ada beberapa pilihan tempat bisnis seperti kantor pusat, kantor bersama, atau bisa juga lokasi ritel.

Silahkan Kamu pilih lokasi usaha yang paling sesuai dengan bisnis yang Kamu jalankan. Kamu harus pikirkan dengan baik apakah perlu menyewa tempat atau tidak untuk bisnis yang Kamu jalankan.

7. Siapkan Tim Kamu

Jika Kamu akan mempekerjakan karyawan, sebaiknya mulailah dari sekarang proses perekrutannya. Namun jika tidak atau belum membutuhkan karyawan juga tidak papa.

Untuk pemilik usaha kecil, yang paling penting dalam merekrut karyawan adalah di bagian administrasi untuk mencatat berbagai hal dalam bisnis Kamu, baik itu keuangan, pemasaran dan sebagainya.

8. Pilih dan Daftarkan Brand Bisnis

Nama atau brand memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah bisnis yang akan dibuka. Jadi pastikan Kamu memilih nama usaha yang bagus. Setelah menentukan nama, selanjutnya Kamu harus mendaftarkan nama usaha tersebut. Kamu bisa membuat website dengan nama brand supaya lebih dikenal secara luas.

9. Promosikan Bisnis

Setelah bisnis kecil Kamu berhasil di-branding, selanjutnya adalah mempromosikan bisnis tersebut supaya Kamu mendapatkan pelanggan.

Kamu harus merencanakan strategi promosi yang efektif dan bisa menarik banyak pelanggan. Lakukan rencana bisnis dengan konsisten untuk meningkatkan peluang keberhasilan bisnis Kamu.

Nah itulah tadi beberapa langkah sebelum memulai bisnis kecil Kamu. Membangun bisnis tidak boleh asal-asalan, karena bukanya untuk nanti Kamu malah rugi karena bisnis yang Kamu bangun.