Berbeda dengan kebanyakan orang tua era 90an yang menginginkan anaknya menjadi PNS atau ASN, orang tua di zaman sekarang lebih membebaskan anaknya untuk memilih profesi apa yang akan digelutinya di masa depan, bahkan cenderung mendorong untuk berwiraswasta.

Ini jelas keuntungan besar, terutama buat kamu yang ingin mendapat penghasilan lewat hal yang paling kamu sukai. Berikut merupakan profesi pekerjaan yang diprediksi akan bersinar di masa depan.

  1. Tenaga Medis

Baik sekarang, maupun di masa yang akan datang, profesi di bidang medis jadi salah satu profesi yang cukup menjanjikan. Ada banyak jenis pekerjaan yang bisa kamu pilih, mulai dari dokter, perawat, apoteker atau tenaga bantu medis lainnya.

Menurut penelitian The Future Jobs, salah satu alasan kenapa lapangan pekerjaan di bidang kesehatan ini akan jadi profesi yang sangat dibutuhkan adalah, karena peningkatan populasi masyarakat dunia, yang tidak diimbangi dengan jumlah tenaga medis yang memadai.

  1. Ahli data

Tingginya tingkat persaingan di dunia bisnis membuat banyak perusahaan membutuhkan banyak ahli data. Nantinya mereka bertanggung jawab untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan perusahaan, mengolahnya, kemudian menganalisis data tersebut.

Dengan adanya ahli data, perusahaan akan terhindar dari resiko kerugian yang ditimbulkan akibat salah perhitungan dalam berinvestasi, baik dalam upaya promosi, produksi, maupun pemasaran. Karena fungsinya yang sangat vital, seorang ahli data akan mendapat posisi istimewa dalam perusahaan.

  1. Digital Marketer

Dunia digital saat ini telah merambah ke berbagai bidang, termasuk bisnis. Inilah alasan kenapa perusahaan membutuhkan tenaga digital marketer handal, tidak hanya untuk meningkatkan brand dan membantu dalam upaya promosi, namun juga bertugas untuk memasarkan produk secara online.

Belakangan ini profesi sebagai digital marketer dianggap istimewa karena jumlahnya masih sangat terbatas. Karena keistimewaannya ini, banyak perusahaan yang berani memberikan gaji selangit untuk seorang digital marketer profesional.

  1. Ahli teknik dan konstruksi

Kamu lihat kan bagaimana Dubai berkembang dengan gedung-gedung pencakar langitnya? Yup, tidak hanya Dubai, negara-negara seperti China, Taiwan, dan bahkan Indonesia kini tengah sibuk melakukan pembangunan di berbagai bidang demi menunjang perkembangan bisnis di negara masing-masing.

Namun masifnya pembangunan tersebut tidak diimbangi dengan jumlah tenaga ahli teknik dan konstruksi yang memadai. Alhasil, profesi ini pun dinilai jadi salah satu yang paling menjanjikan di masa depan, terutama buat kamu yang ahli merancang gedung-gedung pencakar langit.

  1. SEO Specialist

Seiring dengan meningkatnya tren digital marketing, kebutuhan untuk berada di rangking teratas mesin pencari pun semakin meningkat. Secara otomatis, kondisi ini membuat banyak perusahaan ‘memburu’ orang-orang yang handal di bidang SEO alias search engine optimization.

Ini penting, seorang SEO Specialist tidak hanya bertugas menyediakan konten yang ramah di mesin pencari dan menarik saat disajikan ke publik, lebih dari itu, mereka akan bekerja dengan mengamati tren, membidik kata kunci atau keyword yang tepat, kemudian mengeksekusinya dalam bentuk konten.

Teknisi IT

Hampir semua lini bisnis di era sekarang sudah menggunakan sistem komputerisasi. Selain memudahkan, sistem ini pun akan memberikan dampak yang cukup signifikan dalam pengembangan bisnis perusahaan, termasuk meningkatkan sistem pengawasan dan menjamin akurasi perhitungan.

Maraknya sistem komputerisasi tentu akan membuat banyak perusahaan membutuhkan teknisi IT dalam jumlah besar. Bahkan demi mendapatkan teknisi IT yang handal, mereka rela menjanjikan gaji dalam jumlah yang besar. Bagaimana, keren kan?