Berbuka puasa jadi momen yang paling ditunggu mereka yang sedang berpuasa. Namun yang jadi masalah, banyak orang yang justru malah kalap saat berbuka. Hampir semua makanan dibeli, hingga akhirnya mereka pun malah kekenyangan, dan banyak makanan sisa yang terbuang sia-sia.

Tentu ini sangat tidak disarankan. Selain dapat membuat kamu menjadi lebih boros, kamu pun akan kehilangan salah satu makna dari puasa (mengendalikan diri), dan tentu saja ini sangat buruk bagi kesehatan. Nggak mau kan itu terjadi? Simak yuk tips hemat siapkan takjil selama puasa.

  1. Kenali Kebutuhan Diri

Buat kamu yang tinggal sendiri, membeli takjil bisa jauh lebih hemat ketimbang membuat sendiri. Alasannya, untuk membuat takjil sendiri kamu harus menyiapkan bahan-bahan pendukung, seperti gula, buah-buahan, krim kental manis, dan bahan lainnya sesuai dengan takjil yang kamu inginkan.

Dengan membeli, selain hemat waktu, kamu pun bisa membeli sesuai dengan kebutuhan. Namun jika kamu keluarga besar atau penghuni rumah lebih dari 3-4 orang, sebaiknya olah takjil sendiri karena selain rasa dan bahan-bahan bisa diseleksi sendiri, kamu pun akan cenderung lebih hemat dan puas.

  1. Tetap Utamakan Kualitas

Selama berpuasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan dan tidak banyak sumber makanan yang diolah. Maka dari itu, asupan pertama yang harus kamu pilih adalah, yang mudah diserap tubuh, seperti makanan manis, buah-buahan, agar-agar, kurma, dan lainnya.

Saat menyiapkan takjil, sebaiknya pilih menu yang ringan, dan padat nutrisi. Hindari makanan pedas, asam, atau terlalu banyak lemak. Selain tidak bernilai gizi, jajanan yang tidak penting pun dapat merugikan kesehatan, yang pada gilirannya akan membuat pengeluaran kamu membengkak.

  1. Jangan Memaksakan Diri

Saat siang hari, biasanya kamu akan memikirkan banyak menu yang ingin disantap saat berbuka puasa, mulai dari makanan pembuka, makanan utama hingga makanan penutup. Namun ketika waktu berbuka datang, semua keinginan tersebut langsung sirna meski hanya dengan segelas air putih.

Maka dari itu, sebaiknya tahan diri dan hilangkan keinginan untuk menyantap makanan-makanan tersebut. Jika kamu sangat menginginkannya, cobalah untuk memenuhinya secara bertahap. Misalnya, hari pertama dengan kolak pisang, hari kedua dengan puding, dan lainnya.

  1. Hampiri Acara Bagi-bagi Takjil

Selama bulan puasa, biasanya banyak orang yang membagi-bagikan takjil gratis di pinggir jalan. Jika kamu sedang berusaha untuk berhemat, cobalah untuk mempraktekan tips hemat ini dengan menghampiri mereka dan biasanya mereka akan langsung memberikannya dengan sukarela.

Tapi ingat, ini hanya dilakukan sesekali saja. Jika kamu punya rezeki berlebih, tidak ada salahnya untuk menjadi bagian dari pihak pemberi takjil. Tidak bisa memasak, kamu bisa memberikan bantuan berupa uang kepada panitia takjil gratis. Ingat, bulan puasa merupakan waktu terbaik untuk saling berbagi.

  1. Patungan

Misalnya kamu ingin mencicipi banyak jenis makanan takjil, namun ingin tetap menghemat uang. Gampang, kumpulkan geng kamu kemudian buatlah kesepakatan untuk membeli makanan takjil berbeda jenis dalam kemasan yang cukup besar.

Saat waktu berbuka tiba, kamu bisa saling berbagi makanan tersebut. Selain lebih hemat, cara ini lebih seru dan bisa membuat persahabatan kalian terasa lebih hangat. Jika berada di rumah, kamu bisa mempraktekan tips hemat ini dengan berbagi bersama saudara atau penghuni rumah lainnya.