Saat ini, sudah hadir banyak jalan untuk lakukan cek tagihan PDAM, namun banyak orang yang belum mengetahui. Beberapa aplikasi tersebut bahkan sudah menjadi aplikasi terpercaya untuk cek tagihan PDAM lewat hp. Mulai dari e-commerce hingga website juga ada didalam daftar aplikasi terbaik untuk cek tagihan PDAM.

Tokopedia

Aplikasi pertama tentu adalah Tokopedia. Disini anda dapat melakukan cek tagihan pdam dengan mudah. Untuk melakukan pembayaran sekaligus juga dapat dilakukan dari aplikasi ini. Pertama tentu anda harus download Tokopedia terlebih dahulu kemudian langsung masuk ke aplikasi.

             1. Menuju ke kolom pencarian

2. Ketik tagihan PDAM

3. Akan muncul pilihan pada segmen bayar dan beli

4. Klik

5. Masukkan lokasi tinggal

6. Masukkan nomor id pelanggan

7. Tagihan akan muncul secara otomatis

Cara ini dapat terbilang mudah bagi siapapun, sebab Tokopedia sudah banyak diakses oleh masyarakat Indonesia. Anda dapat melakukan pembayaran melalui Alfamart ataupun indomaret untuk membayar tagihan tersebut. Kemudahan semacam ini tentu tak boleh menjadi sia-sia hanya karena belum diketahui secara luas.

Shopee

Aplikasi terpercaya untuk cek tagihan PDAM lewat hp selanjutnya adalah Shopee.  Siapa yang tak kenal aplikasi asal Tiongkok ini? Saat ini Shopee sudah menjadi e-commerce paling terkenal di Indonesia. Hal itu juga sangat memudahkan masyarakat dalam urusan pembayaran. Salah satunya saat bayar tagihan PDAM. 

1. Setelah download Shopee 

2. Cari bagian bayar dan beli

3. Pilih tagihan PDAM

4. Masukkan nomor pelanggan

5. Tagihan akan muncul

Sebenarnya cara tersebut tidak jauh berbeda dengan menggunakan Tokopedia. Hanya saja anda akan lebih mudah dalam melakukan pembayaran, sebab tersedianya shopeepay merupakan alternatif pembayaran yang super simpel.  Anda hanya perlu mengisi saldo Shopeepay untuk lakukan pembayaran DM saat itu juga.

Bukalapak

Dalam perkembangannya, e-commerce Indonesia tidak pernah jauh dari hadirnya Bukalapak. Dapat dikatakan bahwa Bukalapak sangat terkenal dalam urusan pembayaran online. Anda juga dapat lakukan kredit berbagai macam kebutuhan sehari-hari. Termasuk dalam membayar tagihan PDAM. 

1. Masuk ke Bukalapak

2. Pilih menu pembayaran

3. Pilih tagihan PDAM

4. Masukkan nomor id pelanggan

5. Tagihan akan muncul

Anda juga dapat lakukan pembayaran tagihan BPJS serta tagihan listrik melalui Bukalapak. Nah, untuk melakukan pembayaran anda dapat melakukannya melalui transfer bank atau melalui minimarket terdekat yang mana support pembayaran online. Bagaimana mudahkan? Pastinya cara ini sangat mudah apalagi untuk anda yang memang sudah biasa belanja online.

Website 

Ada beberapa website yang dapat menjadi alternatif untuk melakukan cek pada tagihan PDAM. Beberapa website tersebut tentu merupakan website terpercaya yang mana akan memberikan informasi kredit kepada anda dalam melakukan pembayaran ataupun hanya untuk cek tagihan.

  • Web Resmi PDAM 

Salah satu website yang paling Kredibel adalah website resmi dari PDAM. Sayangnya tidak semua daerah memiliki yang yang menjalankan website tersebut. Tentunya apabila anda tinggal di ibukota maka anda dapat melakukan hal ini. 

Pertama langsung saja menuju ke website PDAM Jakarta. Kemudian masukkan wilayah dan masukkan nomor ID pelanggan. Setelah itu pilih debit air lantas tagihan anda akan muncul secara otomatis. Cara ini tergolong lebih mudah karena website PDAM memiliki data yang lebih lengkap dibandingkan website lain.

Diharapkan kedepannya PDAM sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi internet of thing pada zaman sekarang. Jadi tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan akses pada tagihan PDAM ataupun pembayaran secara langsung. 

  • Cek bill.com

Salah satu website yang dapat anda gunakan selanjutnya adalah cekbill.com. di website ini anda hanya perlu memasukkan nomor ID pelanggan dan jenis tagihan yang ingin  dilihat. Setelah itu tagihan akan muncul secara otomatis. 

Satu hal yang perlu Anda ingat bahwa terkadang memang angka dari bagian tersebut berbeda-beda tergantung dengan wilayahnya. Kemungkinan untuk beberapa website anda akan mengikuti wilayah dari ibukota yang mana menjadi patokan harga oleh website tersebut. 

Sekarang anda sudah mengetahui aplikasi terpercaya untuk cek tagihan PDAM lewat hp. Tentunya cara yang ditawarkan juga tidak sulit. Anda dapat melakukannya tanpa perlu latihan sebelumnya. Kemudahan ini harus dimanfaatkan untuk memangkas waktu serta menambah produktivitas dalam pemanfaatan waktu.