Hanya tinggal menghitung hari kita akan meninggalkan tahun 2020 dan beranjak ke tahun 2021. Banyak pakar memperkirakan jika iklim bisnis di tahun depan tidak akan jauh berbeda dengan tahun 2020. Hal ini tidak lepas dari kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum benar-benar berakhir.

Nah buat kamu yang sedang berusaha mencari inspirasi agar lebih untung di tahun depan, berikut merupakan ide bisnis yang bisa kamu coba di tahun 2021.

  1. Membuka Toko Online

Tren gaya hidup jaman sekarang serba online, terlebih di masa pandemi kebanyakan orang memilih untuk berbelanja secara online demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dengan kata lain, orang-orang saat ini ‘dipaksa’ untuk terbiasa menikmati aktivitas belanja secara online.

Kamu bisa memanfaatkan ini untuk mulai membuka toko online. Bagi pemula, kamu bisa bergabung di situs-situs marketplace seperti BukaLapak, Shopee, atau Tokopedia. Tapi jika ingin berkembang lebih pesat, cobalah untuk membuat website sendiri sebagai pendukung.

  1. Digital Marketing

Menjamurnya bisnis online tentu membuat banyak orang berlomba ingin tampil di halaman pertama mesin pencari Google. Dengan berada di halaman pertama, konsumen akan lebih mudah menemukan produk yang mereka jual, dan potensi terjadinya transaksi pun jadi lebih besar.

Kamu bisa memanfaatkan kondisi ini dengan membuka jasa Digital Marketing. Ada banyak cabang yang bisa kamu garap di bidang ini, mulai dari membuka jasa SEO Optimization, Content Writer, Content Creative dan lainnya.

  1. Dropshiper

Jika kamu masih belum yakin untuk membuka toko online sendiri, kamu bisa menjajal bisnis dropship. Bisnis ini sangat mudah dijalankan, namun menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Bonusnya, kamu nggak perlu modal banyak untuk jadi seorang dropshipper.

Bisnis ini sendiri dijalankan dengan cara menjalin kerjasama dengan pemilik barang untuk menjual mereka. Kamu bisa mengambil keuntungan dari selisih penjualan, atau bisa juga mendapat komisi dari si pemilik barang. Untuk menjalankan bisnis ini, kamu hanya perlu smartphone dan paket data saja.

  1. Jasa Foto Produk

Punya kemampuan di bidang fotografi? Sekarang ada banyak lho perusahaan yang membutuhkan jasa seorang fotografer, terutama mereka yang berkecimpung di bisnis online. Mulai dari pelaku bisnis fashion, hingga kuliner, semuanya membutuhkan jasa fotografer.

Tidak hanya itu, mereka yang berprofesi sebagai influencer pun butuh jasa fotografer. Hal inilah yang membuat banyak orang memprediksi jika fotografer akan jadi salah satu profesi yang paling banyak dicari, terlebih jika kamu menjalankannya dalam paket videografi dan editing.

  1. Menjual Produk Ramah Lingkungan

Belakangan ini kampanye Go Green gaungnya terdengar semakin kencang. Banyak orang yang mulai beralih menggunakan produk-produk ramah lingkungan, dan memberi apresiasi besar bagi para produsen produk ramah lingkungan.

Kamu bisa memanfaatkan ini dengan membuat produk-produk ramah lingkungan. Keuntungan yang dihasilkan cukup besar lho, terlebih support dari kelompok para pecinta lingkungan akan membuat produk kamu semakin bersinar, bahkan berpotensi besar bisa go Internasional lho.

  1. Trainer Kursus Online

Lagi-lagi Internet memberikan peluang besar untuk mengembangkan karirmu di dunia bisnis. Jika kamu punya kemampuan di bidang akademik atau punya keahlian khusus di bidang apapun, cobalah maksimalkan Internet dengan menjadi trainer kursus online.

Selama masa pandemi banyak orang yang memanfaatkan Internet untuk mencari ilmu dengan mengikuti kursus online, mulai dari kursus bidang akademik, hingga keahlian khusus seperti kelas memasak online, kelas Yoga, hingga belajar musik online.